- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
EXCEPTION HANDLING.
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman JAVA (TIB09)
CARI ERROR !!! ADA BERAPA KESALAHAN ??? Apa beda JRE dan JDK ??? JDK JRE.
- PERTEMUAN 2 - TIPE DATA DI JAVA
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
Malang,22 November 2012
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
Package As’ad Djamalilleil
Abstract Class & Interface
Modul 3: Kendali program dan teknik penyimpanan data
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
PERTEMUAN 4 Penyeleksian kondisi
OOP Java 04 Array & String.
Control Structures in Java Risanuri Hidayat, Ir., M.Sc.
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Pemrograman Java Pewarisan / Inheritance Polimorfisme Pemrograman Java.
Method.
POLIMORFISM Ery Setiyawan Jullev A.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Nandang Hermanto PK2 Pertemuan 3. Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
Flow Control Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
Dasar exception handling
Mendapatkan Input dari Keyboard
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
KELAS INNER, KELAS ABSTRACT, DAN INTERFACE
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pertemuan : Object Oriented Programming
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
NAMA : JUMADI Npm : Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan.
Struktur Kontrol Pemilihan
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA
Operator Bilangan Bulat
UDP.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Pertemuan: Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Obyek Lanjut (IT251)
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pengenalan JAVA dan Pemrograman Berorientasi Objek
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
Struktur kontrol.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma & Pemrograman 1
Perulangan (Iteration)
Manipulasi String dengan Kelas String dan StringBuffer
Dasar exception handling
Penanganan Eksepsi.
MODIFIER JAVA.
Tugas Minggu Ke 9 PBO Siti Halisah
Constructor overloading
JAVA FUNDAMENTAL (Method)
Dasar Bahasa Java.
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom, M.Kom.
Berbagai Utilitas Pertemuan 9.
Pertemuan 3 Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 2 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek
Transcript presentasi:

- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA BAHASA PEMROGRAMAN - PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA

Berbagai Kelas Utilitas di Java Kelas Random Kelas Vector Kelas Stack Kelas Queue Kelas Hastable

Kelas Random Kelas Random terdapat pada paket Java.util. Kelas ini merupakan kelas yang memungkinkan pembangkitan bilangan acak. Berbeda dengan fungsi random pada kelas Math, kelas Random memungkinkan Anda memberikan biji yg digunakan untuk menentukan bilangan acak yang bersifat statis; dalam artian hasilnya akan berupa nilai yang sama setiap kali program dijalankan.

ContohRandom.java import java.util.Random; public class ContohRandom { public static void main(String[] args) { byte acak[] = new byte[5]; //Membangkitkan bilangan acak menurut waktu Random rnd1 = new Random(); rnd1.nextBytes(acak); System.out.println("Random menurut Waktu : "); for(int i=0;i<acak.length;i++) { System.out.println((i+1)+". " + acak[i]); } //Membangkitkan bilangan acak menurut biji Random rnd2 = new Random(5); rnd2.nextBytes(acak); System.out.println("Random dengan biji : ");

Kelas Vector Kelas Vector merupakan kelas yang berada dalam paket Java.util. Kelas ini memungkinkan pengimplementasian array yang ukurannya dapat diubah sewaktu-waktu.

Sejumlah Metode pada Kelas Vector addElement(Object obj) capacity() elementAt(int indeks) firstElement() lastElement() indexOf(Object obj) indexOf(Object elem, int indeks) insertElementAt(Object obj, int indeks) removeElement(Object elem) size()

Vector1.java import java.util.Vector; import java.util.Enumeration; //Kelas Enumeration adalah interface yang menyediakan 2 buah metode yaitu hasMoreElements() dan nextElement() public class Vector1 { public static void main(String[] args) { Vector kota = new Vector(); kota.addElement("Bandung"); kota.addElement("Surabaya"); kota.addElement("Jakarta"); kota.addElement("Medan"); Enumeration e = kota.elements(); while (e.hasMoreElements()) System.out.println(e.nextElement()); }

Vector2.java import java.util.Vector; public class Vector2 { public static void main(String[] a) { Vector kota = new Vector(); // Penambahan Kota secara berurutan kota.addElement("Bandung"); kota.addElement("Surabaya"); kota.addElement("Jakarta"); kota.addElement("Medan"); tampilVektor("addElement", kota); //Penambahan pada sembarang tempat kota.insertElementAt("Kudus", 1); tampilVektor("insertElement", kota); //Penghapusan sebuah elemen kota.removeElement("Bandung"); tampilVektor("removeElement : Bandung", kota); //Hapus semua elemen kota.removeAllElements(); tampilVektor("removeAllElement", kota); } static void tampilVektor(String info, Vector v) { System.out.println(info); System.out.println("=============="); if(v.isEmpty()) { System.out.println("Vektor Kosong"); } else { System.out.println("Isi Vektor"); for(int i=0;i<v.size();i++) { System.out.println(v.elementAt(i));

Kelas Stack Kelas Stack merupakan bagian dari kelas Java.util. Kelas ini bisa digunakan untuk membuat struktur data yang dinamakan “tumpukan”. Contoh : Tumpukan piring Tumpukan buku Implementasi kelas Stack sebenarnya diturunkan dari kelas Vector. Itulah sebabnya semua metode pada kelas Vector diwarisi oleh Stack.

TestStack.java import java.util.*; // for ArrayList<E> public class TestStack{ public static void main (String[] args) // for demonstration only { Stack<String> s = new Stack<String>(); // push five Student references onto s s.push("bagus"); s.push("Darla"); s.push("spanky"); s.pop(); s.push("Aji"); s.push("Rudi"); System.out.println("The last name pushed was " + s.peek()); System.out.println(); System.out.println("The names in reverse order are:"); while(!s.empty()) System.out.println(s.pop()); System.out.println("The size of the stack is now " + s.size()); }

TestQueue.java import java.util.LinkedList; import java.util.Queue; public class TestQueue { public void queueExample() { Queue queue = new LinkedList();. queue.add("item1"); queue.add("item2"); queue.offer("Item3"); queue.offer("Item4"); System.out.println("remove: " + queue.remove()); System.out.println("element: " + queue.element()); System.out.println("poll: " + queue.poll()); System.out.println("peek: " + queue.peek()); } /** * @param args the command line arguments */ public static void main(String[] args) { new TestQueue().queueExample(); TestQueue.java