Analisa dan Desain dalam Penelitian

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANCANGAN SOFTWARE DENGAN POWER-DESIGNER
Advertisements

KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Siti Mukaromah, S.Kom.  Model yang menggambarkan requirement software dalam bentuk use case - use case  Use case model terdiri dari satu atau beberapa.
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
TAHAPAN ANALISIS DAN METODE PENGEMBANGAN SISTEM Oleh : Shinta Palupi,M
By: Mr. Haloho Pemodelan Proses.
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 6 Structural modelling
BY DR. HERI NUGRAHA. SE.MSi
Analisis Model.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
GALIH WASIS WICAKSONO TEKNIK INFORMATIKA UMM
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Sistem Prosedural & OOP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perancangan Sistem Informasi
Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I. Tata tertib 1.Tidak boleh memakai sendal 2.Berbaju rapih (berkerah) 3.Tidak boleh makan dan minum di kelas 4.Mematikan.
UML (Unified Modelling Language)
Pertemuan 11 Tipe File Titik Lusiani,M.Kom.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Analisis Model.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (4 SKS)
Analisa Sistem Informasi
Analisis Sistem Istiqomah, S.Kom.
DESAIN SISTEM.
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
Analisa Sistem Informasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemeliharaan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pengenalan Analisa Desain
Pengenalan UML.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
Desain Sistem.
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Konsep & Perancangan Database
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisa [Kebutuhan] Sistem
ALFIARINI.
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
PROSES PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Diagram Konteks & Data Flow Diagram (DFD)
Analisis Model.
KONSEP & PEMODELAN ANALISIS
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
Perancangan Berorientasi Objek
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemrograman Terstruktur
Rekayasa Perangkat Lunak
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Tim RPL Progdi Teknik Informatika
Teknik Informatika S1 Rekayasa Perangkat Lunak Analysis Modeling (2)
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
Transcript presentasi:

Analisa dan Desain dalam Penelitian Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom

Analisa dan Desain Bab ini menjelaskan tentang : Deskripsi kebutuhan dan Rancangan solusi sistem (software/ aplikasi) yang akan dibuat.

Deskripsi Kebutuhan Menjelaskan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.

Spesifikasi Kebutuhan Spesifikasi bisa berupa dokumen tertulis, model grafis, model matematika, skenario penggunaan, prototype, atau kombinasi diantaranya. Menyajikan dasar untuk rekayasa h/w, s/w, database dan manusia. Menjelaskan fungsi dan kinerja Sistem Berbasis Komputer yang akan dibuat. Juga menjelaskan informasi tentang input dan output sistem.

Model Pembagian Fungsi

Pemodelan Sistem

Pemodelan Data Memodelkan data, atribut dan relasinya.

Model Relasi Data

Kardinalitas Relasi

Contoh ERD

Model Aliran Informasi

Diagram Transisi Keadaan

Dokumen Hasil Analisa Kebutuhan Diagram fungsi sistem (semacam menu). Flowchart sistem. ERD (CDM). Context Diagram. DFD.

Desain Sistem

Proses Desain Desain yang baik: Mengakomodasi semua kebutuhan sistem. Dapat dibaca & dipahami. Menyajikan gambaran utuh perangkat lunak : data, fungsi, tingkah laku.

Isi Dokumentasi Desain Ruang lingkup desain berdasar spesifikasi sistem. Desain data  database, file. Desain arsitektur. Desain antarmuka. Desain komponen. Batasan desain  ex. memori. Data tambahan  algoritma, data tabular, dll

Desain Data Menerjemahkan ERD di tahap analisa kebutuhan menjadi model data/ informasi dalam sudut pandang pengguna atau customer. Tambahan: Dalam Power Designer dikenal sebagai Physical Data Modelling (PDM).

Desain Arsitektur Arsitektur perangkat lunak adalah struktur sistem yang menggambarkan komponen perangkat lunak, properties-nya dan relasi diantaranya. Arsitektur perangkat lunak terdiri dari desain data dan desain arsitektur.

Gaya Arsitektur Data centered

Gaya Arsitektur Data flow

Gaya Arsitektur Call and return : menggambarkan hubungan antara program utama dan sub program. Object oriented : membungkus data dan operasi menjadi satu  Class. Berlapis/ layered.

Desain Antarmuka Aturan “emas”: Catatan: bukan capture aplikasi. Tempatkan user dalam kendali. Kurangi penggunaan memori oleh user. Buatlah antarmuka yang konsisten. Catatan: bukan capture aplikasi.

Desain Level Komponen Disebut juga desain prosedur. Desain data, arsitektur, dan antarmuka harus diterjemahkan menjadi perangkat lunak yang bisa dijalankan. Bentuknya: Notasi grafis : flowchart. Notasi tabular : tabel. Program Desain Language : pseudocode.

Contoh Flowchart

Contoh Pseudocode

Dokumen Hasil Desain Desain arsitektur sistem. Desain database (PDM). Kamus data (penjelasan struktur tabel database). Desain antarmuka (form). Desain proses (pseudocode).

Kesimpulan Bagian analisa dan desain yang baik berisikan: Deskripsi kebutuhan sistem Perancangan sistem Arsitektur sistem. Perancangan Basis Data CDM PDM atau class diagram Kamus data Perancangan Proses Diagram Konteks (/use case). DFD minimal level 2 (/diagram-diagram UML). Perancangan antarmuka. Rancangan antarmuka. Pseudocode/ flowchart proses-proses utama.

Sumber Pustaka Slide Kuliah RPL, Nur Cahyo Wibowo. Panduan Skripsi Progdi SI 2010.