PERANCANGAN ANTARMUKA ATAU LAYAR.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
HTML.
Advertisements

Pemrograman Terstruktur
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini
PROYEK 9 FORMULIR DAN LAPORAN BASIS DATA
Materi Sosialisasi Mekanisme Pembayaran Pungutan OJK
Memahami Etimologi Multimedia
Menunjukkan berbagai peralatan TIK melalui gambar
Database MySQL.
Translasi Rotasi Refleksi Dilatasi
Presentasi instalasi windows xp
Aplikasi IBA-SIPENA v M developed by KBUKDI © 2012
Menempatkan Pointer Q 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
Tugas Praktikum 1 Dani Firdaus  1,12,23,34 Amanda  2,13,24,35 Dede  3,14,25,36 Gregorius  4,15,26,37 Mirza  5,16,27,38 M. Ari  6,17,28,39 Mughni.
Input/Output.
Tugas: Perangkat Keras Komputer Versi:1.0.0 Materi: Installing Windows 98 Penyaji: Zulkarnaen NS 1.
PERANGKAT AKREDITASI SD/MI
1suhardjono waktu 1Keterkatian PKB dengan Karya Inovatif, Macam dan Angka Kredit Karya Inovatif (buku 4 halaman ) 3 Jp 3Menilai Karya Inovatif.
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
Pemrograman Dasar[PTI-15001] 2012
Nama: AGUS PRAYOGA INSTALASI WINDOWS XP Kelas : X_TKJ_1.
KETENTUAN SOAL - Untuk soal no. 1 s/d 15, pilihlah salah satu
Input Specification1 untuk mendefinisikan semua file input yang digunakan dalam program (file yang akan digunakan telah didefinisikan pada coding F), mencakup.
BAB 2 PENERAPAN HUKUM I PADA SISTEM TERTUTUP.
Membuat Gambar Potongan Sesuai Standar Iso Pada Model 3D
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Bagan – Excel tingkat menengah Lokasi Tanggal Nama.
MATRIKS Trihastuti Agustinah.
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
WORKSHOP INTERNAL SIM BOK
Tugas: Power Point Nama : cici indah sari NIM : DOSEN : suartin marzuki.
Integral Lipat-Tiga.
Persamaan Linier dua Variabel.
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini
: : Sisa Waktu.
Luas Daerah ( Integral ).
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
Bagian #1 Konsep, Editing & Formating
Fungsi Invers, Eksponensial, Logaritma, dan Trigonometri
Pemrograman Terstruktur
EKUIVALENSI LOGIKA PERTEMUAN KE-7 OLEH: SUHARMAWAN, S.Pd., S.Kom.
Turunan Numerik Bahan Kuliah IF4058 Topik Khusus Informatika I
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini
Situasi Saat Program Berjalan (Run-time Environment)
RAGAM DIALOG / GAYA INTERAKSI
Ragam Dialog Interaksi
Waniwatining II. HIMPUNAN 1. Definisi
Merancang User Interface
MINGGU Ke Tigabelas Pemrograman Visual
G RAF 1. P ENDAHULUAN 2 3 D EFINISI G RAF 4 5.
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
Algoritma Branch and Bound
Karakteristik Respon Dinamik Sistem Lebih Kompleks
SISTEM PERSAMAAN LINIER
Pondok Pesantren Daar El-Qolam adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada 20 Januari Semakin meningkatnya teknologi yang ada saat.
Bahan Kuliah IF2120 Matematika Diskrit
B L O G Joshua Joviando 1. Bagian 2 Membuat Blog di 2.
Pohon (bagian ke 6) Matematika Diskrit.
P OHON 1. D EFINISI Pohon adalah graf tak-berarah terhubung yang tidak mengandung sirkuit 2.
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Dimensi Tiga (Jarak) SMA 5 Mtr.
PENDAFTARAN TANAH Pendaftaran Tanah (Pasal 1 angka 1 PP No.24 Th 1997)
Pengantar sistem informasi Rahma dhania salamah msp.
SISTEM OPERASI WINDOWS
Pengoperasian dan Troubleshooting Sistem Operasi Berbasis GUI (windows 7) By Taufik WN, S.Kom.
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Analisa & Perancangan sistem
Pemilihan Tipe Windows
Human-Computer Dialogue
Transcript presentasi:

PERANCANGAN ANTARMUKA ATAU LAYAR

TIPE PENGGUNA KOMPUTER FAKTOR MANUSIA SANGAT PENTING DALAM DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA. 1. EXPERT USER PENGGUNA KOMPUTER YANG SUDAH BERPENGALAMAN 2. NOVICE USER PENGGUNA KOMPUTER YANG TIDAK BERPENGALAMAN ATAU PENGGUNA KOMPUTER KASUAL.

PEDOMAN PERANCANGAN LAYAR 1. BUATLAH RANCANGAN LAYAR YANG SEDERHANA. 2. BUATLAH TAMPILAN KONSISTEN. 3. SEDIAKAN FASILITAS PERPINDAHAN ANTAR LAYAR. 4. BUATLAH TAMPILAN LAYAR YANG MENARIK.

PERANCANGAN LAYAR MASUKKAN YANG BAIK : JIKA LAYAR MASUKKAN DISAJIKAN BERDASARKAN DOKUMEN/FORMULIR MASUKKAN MAKA RANCANG LAYAR MASUKKAN MIRIP DENGAN FORMULIR MASUKKAN. JIKA ENTRI TERLALU BANYAK, GUNAKAN PENDEKATAN PARENT-CHILD (HEADER-DETAIL). TAMPILAN YANG BALANCE AKAN MUDAH DIBACA.

MASALAH-MASALAH ANTARMUKA: TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN JARGON ATAU AKRONIM KOMPUTER DESAIN YANG KURANG JELAS ATAU KURANG INTUITIF TIDAK MAMPU MEMBEDAKAN ANTARA TINDAKAN PILIHAN (“APA YG HARUS SAYA LAKUKAN SELANJUTNYA?”) PENDEKATAN MASALAH YANG TIDAK KONSISTEN KETIDAKKONSISTENAN DESAIN

TEKNOLOGI ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM OPERASI DAN WEB BROWSER DISPLAY MONITOR KEYBOARD DAN POINTER STYLE DAN KONSIDERASI ANTAR MUKA PENGGUNA

SISTEM OPERASI DAN WEB BROWSER MICROSOFT WINDOWS APPLE’S MACINTOSH UNIX, LINUX WEB BROWSER INTERNET EXPLORER NETSCAPE NAVIGATOR MOZILLA FIREFOX

2.DISPLAY MONITOR TEKS 25 BARIS X 80 KOLOM JENIS FONT UKURAN KARAKTER SAMA GRAFIS RESOLUSI BERAGAM - 640 X 480 - 800 X 600 - 1024 X 768 - 1024 X 1024

3. KEYBOARD DAN POINTER FUNCTION KEY SATU SERI DARI KEYBOARD KEY KHUSUS YANG DIGUNAKAN UNTUK OPERASI KHUSUS PROGRAM (F1…F12, DLL) 2.SEBAGIAN BESAR GUI MENGGUNAKAN ALAT PENUNJUK (POINTING DEVICES) SEPERTI MOUSE, PENS, DAN TOUCH SENSITIVE SCREEN.

4. STYLE DAN KONSIDERASI ANTARMUKA PENGGUNA GRAFIS DESAIN MENU PENGGUNA ADALAH SPESIFIKASI MENGENAI DIALOG ATAU PERCAKAPAN ANTARA PENGGUNA SISTEM DAN KOMPUTER. DIALOG BIASANYA MENGHASILKAN INPUT DATA DAN OUTPUT INFORMASI

ADA BEBERAPA TIPE ANTARMUKA PENGGUNA GRAFIS: WINDOWS DAN FRAME WINDOW ADALAH SEBUAH AREA EMPAT PERSEGI PANJANG. WINDOW TERBAGI DALAM KE DALAM ZONA-ZONA YANG BIASA DISEBUT FRAME.

2. ANTAR MUKA MENU DRIVEN STRATEGI DIALOG YANG MENGHARUSKAN PENGGUNA MEMILIH SEBUAH ACTION DARI MENU PILIHAN

3. MENU PULL-DOWN

4. CASCADING MENU

MENU TEAR-OFF DAN POP-UP, TIDAK SEMUA MENU DIPINDAHKAN KE MENU BAR MENU TEAR-OFF DAN POP-UP, TIDAK SEMUA MENU DIPINDAHKAN KE MENU BAR. BEBERAPA GUI MENGIZINKAN PENGGUNA TEAR-OFF MENU. PENGGUNA, DENGAN MENGGUNAKAN TEAR-OFF MENU, AKAN MEMILIH DI ANTARA PULL-DOWN MENU ATAU CASCADE MENU.

CONTOH: Si51/23/11 menu bar Cascading menu Pull-down menu

DIALOGUE BOX , PADA BEBERAPA KASUS SUBMENU ACTION YANG TELAH DIBERI NAMA DIIKUTI OLEH BEBERAPA ELIPS(3 BUAH TITIK) YANG MENUNJUKKAN DIALOGUE BOX.

POP-UP MENU ADALAH CONTEXT-SENSITIVE DAN TERGANTUNG PADA SEBUAH ALAT POINTING. DIAKTIFKAN OLEH PENGGUNA DENGAN KLIK KANAN MOUSE, MENU INI AKAN MUNCUL DARI SUATU TEMPAT. MENU YANG MUNCUL TERGANTUNG PADA LOKASI KURSOR PADA SCREEN. KURSOR DAPAT DIARAHKAN PADA SEBUAH AREA KOSONG,FIELD, CELL, KATA, ATAU SEBUAH OBJEK.

SI5G/24/11 MI5A/30/11

MENU TOOLBAR DAN ICONIC, TOOLBAR TERDIRI DARI BEBERAPA ICON (GAMBAR) YANG MENUNJUKKAN SHORTCUT MENU UNTUK ACTION DAN PERINTAH YANG BIASANYA DILEKATKAN PADA MENU DROP DOWN DAN CASCADING. PADA APLIKASI WINDOW, TOOLBAR BIASANYA MENGGUNAKAN ACTION-ACTION YANG ADA TEPAT DIBAWAH MENU BAR.

MENU ICONIC MENGGUNAKAN GAMBAR UNTUK MENGGAMBARKAN PILIHAN MENU PADA BODY UTAMA WINDOW. PADA APLIKASI WINDOW, MENU ICONIC SERING DIGUNAKAN UNTUK MEMBERIKAN FUNGSI DAN KEGIATAN UTAMA UNTUK SEBUAH APLIKASI KOMPUTER ATAU UNTUK MENDOKUMENTASIKAN LANGKAH-LANGKAH BISNIS DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER.

ANTARMUKA CONSUMER STYLE UNTUK APLIKASI WINDOWS SEDIKIT LEBIH ARTISTIK ANTARMUKA CONSUMER STYLE UNTUK APLIKASI WINDOWS SEDIKIT LEBIH ARTISTIK. POPULARITAS ANTARMUKA WEBLIKE SANGAT MEMPENGARUHI DESAIN ANTAR MUKA PENGGUNA WINDOWS.

SI5A/22/11

HYPERTEXT DAN HYPERLINK SEKARANG TIDAK EKSKLUSIF LAGI BAGI APLIKASI INTERNET DAN INTRANET. BANYAK APLIKASI WINDOWS TELAH MENCAKUP POPULARITAS WEB DENGAN MENGGUNAKAN HYBRID WINDOWS/WEB.

DARIPADA MENGGUNAKAN MENU, BEBERAPA APLIKASI DIDESAIN DENGAN MENGGUNAKAN SEBUAH DIALOG BERBASIS INSTRUCTION SET (DISEBUT JUGA COMMAND LANGUAGE INTERFACE)

INTERNAL CONTROL –AUTENTIKASI DAN AUTORISASI INTERNAL CONTROL –AUTENTIKASI DAN AUTORISASI. PADA SEBAGIAN BESAR LINGKUNGAN, PENGGUNA SISTEM HARUS DIAUTENTIKASI DAN AUTORISASI OLEH SISTEM SEBELUM MEREKA DIIZINKAN MELAKUKAN BEBERAPA TINDAKAN TERTENTU. DENGAN USER ID DAN PASSWORD.

DENGAN MUNCULNYA E-C0MMERCE UNTUK MENGATAKAN PADA KONSUMEN BAHWA DATA AKAN DIENKRIPSI ATAU DIAMANKAN DENGAN MENGGUNAKAN SERTIKAT AUTENTIKASI.

MENU DENGAN BANTUAN TOOL TIP UNTUK PENGGUNA DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI ICON

A

HELP WIZARD MEMANDU PENGGUNA MELALUI PROSES YANG KOMPLEKS DENGAN CARA MENAMPILKAN SEBUAH URUTAN DIALOG BOX YANG MEMBUTUHKAN INPUT DARI USER DAN FEEDBACK DARI SISTEM

ADA PERTANYAAN