Breadth First Search (BFS)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian Masalah Dengan AI
Advertisements

TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligent
Selection (pemilihan) As’ad Djamalilleil
Struktur Kontrol (2) As’ad Djamalilleil
Alat Ukur Waktu dengan Satuan Jam
Looping (perulangan) As’ad Djamalilleil
Depth First Search (DFS)
Lecture 3 State Space Search 2 Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Metode Pencarian/Pelacakan
Elemen Dasar Java (2) As’ad Djamalilleil
Pencarian Tanpa Informasi
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Hill Climbing Best First Search A*
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian. What is AI ? Sistem yang berpikir seperti manusia Thinking humanly Sistem yang berpikir secara rasional Thinking.
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Uniform-Cost Search (UCS)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 3 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Teknik Pencarian 1 Blind Search
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
Pengantar Kecerdasan Buatan
Review : Sistem yang menggunakan AI
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
STRATEGI PELACAKAN PERTEMUAN MINGGU KE-3.
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Breadth First Search (BFS)
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Uniform-Cost Search (UCS)
Ruang Masalah di Kecerdasan Buatan
Metode Pencarian/Pelacakan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Pertemuan 2 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Depth Limited Search (DLS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
MASALAH & RUANG MASALAH
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

Breadth First Search (BFS) As’ad Djamalilleil http://kampusku.uni.me asad.kom@gmail.com

Breadth First Search (BFS) BFS dapat diartikan sebagai “pencarian melebar diutamakan” Pencarian ini menggunakan pohon/graph yang dapat berupa linked-list, dimana setiap node/simpulnya adalah sebuah state/keadaan Root/akar dari pohon adalah initial state dimana pencarian dilakukan hingga ditemukannya goal state pada salah satu node

Contoh Kasus Ember Air Ruang Masalah Initial State  (0,0) x = 1, 2, 3 atau 4 (isi ember 4 galon) y = 1, 2 atau 3 (isi ember 3 galon) Initial State  (0,0) Menyatakan jumlah air kedua ember (x,y) masih kosong Goal State  (n,2) Ember x berisi berapa pun, y berisi 2 galon

1 if(x < 4) (x,y)  (4,y) Isi penuh ember 4 galon 2 if(y < 3) (x,y)  (x,3) Isi penuh ember 3 galon 3 if(x > 0) (x,y)  (x-d,y) Buang sebagian air dari ember 4 galon 4 if(y > 0) (x,y)  (x,y-d) Buang sebagian air dari ember 3 galon 5 (x,y)  (0,y) Kosongkan ember 4 galon 6 (x,y)  (x,0) Kosongkan ember 3 galon

7 if(x+y >= 4 and y > 0) (x,y)  (4,y-(4-x)) Tuangkan air dari ember 3 galon ke ember 4 galon sampai ember 4 galon penuh 8 if(x+y >= 3 and x > 0) (x,y)  (x-(3-y),3) Tuangkan air dari ember 4 galon ke ember 3 galon sampai ember 3 galon penuh 9 if(x+y <= 4 and y > 0 (x,y)  (x+y,0) Tuangkan seluruh air dari ember 3 galon ke ember 4 galon

10 if(x+y <= 3 and x > 0) (x,y)  (0,x+y) Tuangkan seluruh air dari ember 4 galon ke ember 3 galon 11 (0,2)  (2,0) Tuangkan 2 galon air dari ember 3 galon ke ember 4 galon 12 (2,y)  (0,y) Buang 2 galon air dalam ember 4 galon sampai habis

0,0 Initial State  Level 1

0,0 Initial State  Level 1 4,0 0,3 Level 2

0,0 Level 1 4,0 0,3 Level 2 Level 3 4,3 0,0 3,0 4,3 0,0 1,3

0,0 Level 1 4,0 0,3 Level 2 Level 3 4,3 0,0 3,0 4,3 0,0 1,3 0,3 4,0 4,0 0,3 4,3 0,3 1,0 4,0 0,3 4,0 4,0 0,3 4,0 3,3 0,3 Level 4

0,0 Level 1 4,0 0,3 Level 2 Level 3 4,3 0,0 3,0 4,3 0,0 1,3 0,3 4,0 4,0 0,3 4,3 0,3 1,0 4,0 0,3 4,0 4,0 0,3 4,0 3,3 0,3 Level 4 4,2 Level 5 dan seterusnya …..

0,0 Level 1 4,0 0,3 Level 2 Level 3 4,3 0,0 3,0 4,3 0,0 1,3 0,3 4,0 4,0 0,3 4,3 0,3 1,0 4,0 0,3 4,0 4,0 0,3 4,0 3,3 0,3 Level 4 4,2 Level 5 dan seterusnya …..

Solusinya Air pada ember 4 galon (x) Air pada ember 3 galon (y) Aturan produksi yang digunakan - 3 2 9 4 7

Tugas 2 Buatlah pohon penyelesaian untuk masalah koin pada Tugas 1 dengan menggunakan metode BFS Jawaban di-upload paling lambat 3 minggu depan