Proposal Tugas Akhir Aplikasi Pemandu Wisata Di Kebun Binatang Surabaya Berbasis Android NAMA : RIO ANDREANTO NIM : 08410100171 PROGRAM : S1 (Strata Satu) JURUSAN : SISTEM INFORMASI
Aplikasi pemandu wisata Latar Belakang Rute Perjalanan... ?? Koleksi Hewan Aplikasi pemandu wisata Mencari Solusi
Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang, dapat dirumuskan permasalahan yaitu: Bagaimana merancang dan membangun Aplikasi Pemandu Wisata Kebun Binatang Surabaya Berbasis Android. Bagaimana pemanfaatan fitur GPS untuk melakukan perjalanan didalam Kebun Binatang Surabaya. Bagaimana mengemas informasi tentang satwa sehingga pengunjung dapat lebih menikmati dan menyerap informasi yang diberikan.
Pembatasan Masalah Batasan masalah dari sistem yang dibahas adalah sebagai berikut : Wilayah yang akan terdapat pada peta panduan wisata adalah di dalam Kebun Binatang Surabaya. Aplikasi Pemandu Wisata Kebun Binatang Surabaya ini berbasis Android. Informasi yang akan diberikan hanya informasi tentang Satwa dan tidak membahas informasi tentang tumbuhan.
Tujuan Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah: Menghasilkan Aplikasi Pemandu Wisata Kebun Binatang Surabaya berbasis Android. Menghasilkan aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang satwa yang tersedia kepada pengunjung. Menghasilkan aplikasi yang dapat memandu pengunjung dalam perjalanannya didalam Kebun Binatang Surabaya.
Landasan Teori Platform Android GPS (Global Positioning System) Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis SQLite Location Based service (LBS) Pemandu Wisata Ericsson Labs (Indoor Map)
Blok Diagram
Use Case Diagram
Activity Diagram Memilih Hewan
Activity Diagram Memilih Fasilitas Umum
Evalusi Untuk desain uji coba dilakukan dengan cara white box testing dan black box testing, sedangkan untuk subjek coba adalah perorangan yaitu dilakukan pada 30 orang pengunjung KBS yang memiliki perangkat android.
Jadwal Kerja No. KEGIATAN Maret 2012 April Mei Juni 1 2 3 4 Pembuatan dan Pengajuan Proposal TA Studi pustaka Survey dan Wawancara Analisis dan Desain Sistem 5 Pembuatan Aplikasi 6 Testing Aplikasi 7 Revisi Aplikasi 8 Implementasi Aplikasi 9 Pembuatan Laporan TA
Daftar Pustaka Android Developers. 2010. Android SDK Docs. http://www.android.com/ diakses tanggal 12 Maret 2012. Boggs, Wendy and Boggs, Michael. 2002. Mastering UML with Rational Rose. 2002. California: Sybex Inc. DiMarzio, Jerome. 2008. Android A Programmer’s Guide. USA America: The McGraw-Hill Companies. Ericsson Labs. 2012. Indoor Maps. https://labs.ericsson.com/apis/indoor-maps-and-positioning diakses tanggal 14 Maret 2012 jam 09.00. http://amarullz.blog.unikom.ac.id/mengenal-google-map.b1 diakses tanggal 12 Maret 2012 jam 15:00. Muhajir. 2005. Menjadi Pemandu Wisata Pemula. Jakarta: PT. Grasindo. Prahasta, Eddy, 2001, Konsep - Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, INFORMATIKA, Bandung. Safaat Nazaruddin H. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berasis Android. Bandung : Informatika. Sholiq. 2006. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu. Y. Hashimi, Sayed and Komatineni, Satya. 2009. Pro Android. USA America: Appress, Inc.
TERIMA KASIH