SELAMAT PAGI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CERMIN CERMIN DATAR CERMIN LENGKUNG CERMIN CEKUNG (+)
Advertisements

PEMBIASAN/REFRAKSI Pembiasan cahaya (refraksi) merupakan peristiwa pembelokkan jalannya cahaya pada bidang batas antara dua medium bening yang berbeda.
METODE MENGGAMBAR PERSPEKTIF
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN IV 1 OKT 2007.
PROYEKSI DALAM GAMBAR TEKNIK
PERSPEKTIF 1 TITIK HILANG
BAB II PROYEKSI DAN POTONGAN
CERMIN.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 15.
Topik 4 Teknik dan Dasar-Dasar Membuat Gambar Proyeksi
Menggambar perspektif
Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)
Tujuan Instruksional Umum : Tujuan Instruksional Khusus :
0.5 SIMETRI DAN PENCERMINAN
Macam-Macam Bangun Ruang
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
GAMBAR KONSTRUKSI PERSPEKTIF
GAMBAR TEKNIK VISUALISASI 16 April 2017.
Pertemuan 6 Proses Pembentukan Benda dan Proyeksi Benda
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
Penyajian Benda-Benda Tiga Dimensi
Proyeksi dan Perspektif
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 15.
Teknologi Dan Rekayasa
ANALISIS STRUKTUR Gaya Internal
MODUL KE TIGA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PENSKETSAAN LUKISAN
Yunita Syafitri Rambe, ST, MT
MODUL KE DELAPAN MENGGAMBAR TEKNlK GAMBAR INSTRUMEN DUA PANDANGAN
Teknologi Dan Rekayasa
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MODUL KE DUA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PANDANGAN BENDA
Created By : Anita Iskhayati, S.Kom
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
KELOMPOK I: BAB 5; PENYAJIAN BENDA-BENDA TIGA DIMENSI
Desain Interior II PERSPEKTIF dan MAKET Pertemuan 37, 38 & 39
Pertemuan 5 Konsep Pembentukan dan Proyeksi Benda
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
Penyajian Data.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
GAMBAR DENGAN 2 TITIK HILANG
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
APERSEPSI Benda-benda di alam wujudnya 3 dimensi, sedangkan kita menggambar pada bidang kertas 2 dimensi. Bagaimana agar benda.
GAMBAR DENGAN 1 TITIK HILANG
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
Menerapkan dasar-dasar gambar teknik
Disampaikan oleh: Haniek Sri Pratini, M. Pd.
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN V TT-PNJ 2013~2014.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
PROYEKSI.
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
ASSALAMU’ALAIKUM. WR.WB
GAMBAR PERSPKTIF Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Menggambar Perspektif adalah suatu.
Bidang Kartesius Kelas 9 Semester 2.
Menggambar perspektif
Kerja bangku YUSUF RIZAL FAUZI, S.T., M.T. Mengukur dan menandai benda kerja Mengukur benda kerja berarti membandingkan suatu besaran yang diukur dengan.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
Menggambar 9 Kubus 3 Dimensi Teknik Perspektif 1 titik hilang Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) SMP Kelas VII Semester 2 Standar Kompetensi dan Kompetensi.
Peta Konsep. Peta Konsep B. Kedudukan Dua Garis.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
GAMBAR TEKNIK PROYEKSI AMERIKA DIAN CAHYO PPG TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Transcript presentasi:

SELAMAT PAGI

TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah selesai proses pembelajaran,siswa diharapkan dapat: Siswa dapat menerapkan perspektif dua titik lenyap Siswa dapat menjelaskan macam – macam perspektif Siswa dapat menggambar perapektif dua titik lenyap Siswa dapat menggambar perspektif dua titik lenyap

Perspektif ? Gambar perspektif adalah sebuah gambar bentuk yang statis, terikat pada waktu, dilihat dari titik pandang tertentu dan ketika menetapkan titik pandang, maka bidang pandangan normal mengembang menjadi sebuah kerucut yang memancar dari mata.

PROYEKSI PERSPEKTIF Perspektif, berdasarkan jumlah titik hilang terdiri dari: Satu titik hilang Dua titik hilang Tiga titik hilang

Kategori Proyeksi Perspektif a. Perspektif 1 titik lenyap Sistem perspektif ini digunakan untuk menggambar obyek (benda) yang terletak relatif dekat dengan mata. Karena letak obyek yang cukup dekat, akibatnya mata memiliki sudut pandang yang sempit, sehingga garis-garis batas benda akan menuju satu titik lenyap saja, kecuali bila sejajar dengan horizon dan tegak lurus terhadapnya.

Kategori Proyeksi Perspektif a. Perspektif 2 titik lenyap Sistem gambar ini digunakan untuk menggambarkan benda-benda yang letaknya relatif jauh dan letaknya tidak sejajar (serong) terhadap mata pengamat. Karena posisi pengamat jauh dengan obyek maka sudut pandang mata melebar, akibatnya garis-garis batas benda akan menuju titik lenyap sebelah kiri dan kanan.

Kategori Proyeksi Perspektif a. Perspektif 3 titik lenyap Gambar perspektif ini muncul akibat benda/obyek yang diamati jauh di bawah atau ke atas horizon. Oleh karenanya sudut pandang mata melebar ke segala arah. Perspektif ini banyak digunakan untuk menggambar arsitektur bangunan yang serba tinggi. Sumber: - Syafi,i. 2002. Proyeksi-Perspektif 1. Paparan Perkuliahan Mahasiswa.Semarang: UNNES Press.

Mari Menggambar Persepektif Siapkan kertas gambar dan peralatan menggambar kalian. Are you Ready?

Membuat bidang gambar yang merupakan garis lurus mendatar. (BG) Membuat bidang gambar yang merupakan garis lurus mendatar.

(BG) Menggambar denah dengan skala perspektif yang ditentukan dan arah memanjang benda membuat sudut terhadap bidang gambar ( BG)

(BG) TP Membuat sumbu pandang tegak lurus bidang gambar dan menentukan titik pandang (TP)

(BG) TL I TL H TP Menentukan titik lenyap (TL) I dan H dengan membuat garis dari titik pandang sejajar lebar benda dan panjang benda ,hingga memotong bidang gambar yang disebut titik lenyap I dan H

(BG) TL I TL H TP (GD) Membuat garis dasar berjarak minimum 2 x tinggi benda dan sejajar bidang gambar

(BG) TL I TL H TP (GC) (GD) Membuat garis cakrawala yang pada umunya setinggi orang yang memandang dan diukur dari garis dasar

Proyeksikan titik lenyap I dan H pada gaaris cakrawala ( GC) (BG) TL I TL H TP TL I (GC) TL H (GD) Proyeksikan titik lenyap I dan H pada gaaris cakrawala ( GC)

(BG) TL I TL H TP TL I (GC) TL H (GD) TS Menentukan tingggi benda sebenarnya pada titik ukur yang berimpit dengan sumbu pandang setinggi AB

Hubungkan A dan B ke titik lenyap I dan H (BG) TL I TL H TP TL I (GC) TL H (GD) TS Hubungkan A dan B ke titik lenyap I dan H

(BG) TL I TL H TP TL I (GC) TL H (GD) TS Membuat garis perspektif masing masing sudut benda dengan menghubungkanya ketitik pandang dimana garis pandangnya memotong bidang gambar dan proyeksikan tegak lurus ,hingga memotong garis perspektif yang menuju titik lenyap I dan H

TERIMA KASIH