Visualisasi INFORMASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Advertisements

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Materi 7 IMPLEMENTASI TIK
Daniel Richard Andriessen S1 Sistem Komputer
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Augmented Reality.
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Grafika Komputer (TIZ10)
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Teknologi Informasi Multimedia
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
BAB I SISTEM INFORMASI.
Oleh: Dr. Ir. Abdul Madjid Rohim, MS JURUSAN TANAH FAKULTAS PERTANIAN
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
19 Januari 2011 Grafika komputer.
By : Saya Sendiri, Firman Nur Maulana Ganteng. 1.WINDOWS Siapa yang tak kenal dengan sistem operasi ini? Windows merupakan salah astu sistem operasi paling.
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Komputer dan Masyarakat
KOMPUTER ALAT PEMECAH MASALAH
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Perancangan antarmuka (design interface)
Pengantar Komputer Grafik
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
APLIKASI PELAYANAN KESEHATAN PADA KLINIK PRIMA HUSADA Fitria Handayani, for further detail, please visit
SIG Konsep Dasar.
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
SISTEM PAKAR (LANJUTAN)
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Bab 1 Komputer ada dimana mana
KOMPUTER ADA DIMANA-MANA
Pendahuluan Pengolahan Citra
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Sistem Informasi Manajemen 2*
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 24 maret 2009
TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Interaksi Manusia dan Komputer
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
BAB 1 PENGENALAN KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI
PENG. SISTEM & TEKN. INFORMASI
Oleh: Dr. Ir. Abdul Madjid Rohim, MS JURUSAN TANAH FAKULTAS PERTANIAN
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Oleh: Dr. Ir. Abdul Madjid Rohim, MS JURUSAN TANAH FAKULTAS PERTANIAN
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Transcript presentasi:

Visualisasi INFORMASI Trend TIK Visualisasi INFORMASI Agung Budi Prabowo 4113100008 Deny Ari Setiawan 4113100015 Aryo Baskoro 4113100043 Kurnia Nurhardiansah 4113100079 M Thoriq Gufron 4113100502 Assalamualaikum wr wb Pada kesempatan kali ini kami akan mempersentasikan tugas makalah trend tik kami. Di sini kami mengangkat tema tentang VISUALISASI INFORMASI VISUALISASI INFORMASI adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi.

Tujuan Visualisasi Informasi Mengeksplor Menghitung Menyampaikan informasi Contoh Mengeksplor seperti belajar biologi Menghitung seperti matlab dan autocad Menyampaikan informasi foto dan video

FuNgsi visualisasi informasi Pengenalan pola Sebagai perbandingan objek Kemudahan penyampaian informasi

Dukungan Komputer Dalam Proses Visualisasi Informasi

Menyimpan Data Komputer Teknik penyimpanan data yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional Data-data bisa disimpan dalam bentuk digital Komputer memungkinan teknik penyimpanan data yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional (menggunakan kertas). Jadi tidak perlu menggunakan kertas yang banyak, sehingga lebih efisien dan lebih mudah

Proses Komputasi Komputer dapat meningkatkan kecepatan akses pada data digital yang tersimpan untuk keperluan eksplorasi. Sehingga lebih memakan waktu yang relatif lebih singkat daripada dengan cara yg biasa seperti mencari2 dokumen

Penyajian Informasi Komputer memungkinkan penyajian informasi ke dalam berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Contohnya gambar teknik, animasi, atau pun video Selanjutnya akan dijelaskan tentang aplikasi2 computer grafis yang akan dijelaskan oleh teman saya, kurnia

Aplikasi-aplikasi Komputer Grafis

Computer-Aided Design (CAD) CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.

Computer-Aided Software Engineering (CASE) CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.

Virtual Reality Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.

Visualisasi Data Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.

Pendidikan dan Pelatihan Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran, salah satu aplikasinya Electroni workbench.

Seni Grafis komputer Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.

Hiburan Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian, motion pictures, animasi, video clips, dan sebagainya. Film-film animasi yang beredar di pasaran seperti Shrek, Monster Inc., anime-anime Jepang, menggunakan komputer grafis.

Game Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.

Pengolahan Citra Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.

Computer Vision Computer Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.

Graphical user interface Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux.

Bidang kesehatan Digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.

Mikroskop elektron Satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali.

Aplikasi lainnya Pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan Penilaian pertanian dan monitoring Manajemen pantai dan sumber daya laut Explorasi mineral Explorasi minyak dan gas Manajemen sumber daya hutan Perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota Pemasangan dan perencanaan telekomunikasi Oseanografi fisik Pemetaan topografis dan geologis Pemetaan dan pendeteksian es laut

Kelebihan Mampu merepresentasikan file-file yang paling banyak menggunakan ruang media penyimpanan disk Memungkinkan menghasilkan gambar yang tak mungkin dalam dunia nyata Memberikan kemudahan dalam cara penyuluhan, akurasi data, efisiensi dalam proses mendapatkan informasi Memudahkan membuat film untuk menyampaikan informasi kepada penonton Memudahkan modifikasi suatu rancangan

kekurangan Diperlukan SDM yang memadai untuk mengolah visualisasi komputer Masih terdapat probabilitas kegagalan Dibutuhkan perangkat yang mahal untuk menggunakannya

Prediksi Tren TIK Masa Depan Adanya realisasi dari efek visualisasi yang ada dalam film namun tidak ada di dunia nyata, yaitu dihasilkannya visualisasi tiga dimensi dalam bentuk hologram Direalisasikannya layar navigasi pada kaca mobil atau bahkan pada kacamata (google glass) Penggunaan lensa kontak pemindai identitas setiap orang dengan database sesuai kartu identitas Ditemukannya parameter dan indikator bahaya di setiap kendaraan transportasi Terciptanya dunia virtual hasil rekayasa para ilmuwan Terciptanya alat-alat yang dapat dikendalikan tanpa harus disentuh (gerakan mata, pembacaan otak, dsb)

Kesimpulan Dari data-data dan realitas yang ada maka dapat kami simpulkan bahwa penggunaa visualisasi dalam era ini ada pada masa puncaknya. Terbukti dengan adanya penerapan- penerapan dari visualisasi di sekitar kita. Selain itu teknologi yang ada kini semakin erat hubungannya dengan visualisasi. Bahkan penggunaan visualisasi dapat menjadi manfaat tersendiri bagi berbagai kalangan baik masyarakat, cendkiawan, ilmuwan hingga pebisnis. Industri hiburan terutama film-film kini banyak menggunakan visual efek yang merupakan poin tersendiri, para fotografer menggunakan rendering untuk memperindah hasil pengambilan gambar, ilmwan mampu menggunakan simulasi-simulasi visual untuk penelitiannya, dan lain sebagainya. Maka menurut kami akan sangat berguna jika teknologi visualisasi ini semakin dikembangkan sehingga efektivitas dan efisiensi semakin mudah tercapai dalam setiap kinerja manusia.  

TERIMA KASIH..