Tema Dan Perspektif Sosiologi (Pokok Bahasan 4)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II
Advertisements

Bab 3 BISNIS : SEBUAH PROFESI ETIS ?
TEORI ANTROPOLOGI NON POSITIVISTIK
Sosiologi Pedesaan Pertemuan I I
Isyu-isyu penting dalam teori Kepribadian.
Mutia Rahmi Pratiwi Jurusan Ilmu Komunikasi UDINUS Semarang
Metode Penelitian.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
MEMILIH METODE PENELITIAN
«Sosiologi Komunikasi»
Penelitian Ilmiah Motivasi dan tujuan penelitian
Metodologi Penelitian
Psikogeriatri Sumber : Dr. Kuntjoro Z.S
JURGEN HABERMAS.
IDENTITAS NASIONAL.
POKOK BAHASAN 6 DUKUNGAN SOSIAL BAGI LANJUT USIA
Tema dan Perspektif dlm Sosiologi(SOS-341)
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
Pekerja Migran Wanita & Resiko Kekerasan
Tema dan Perspektif Sosiologi
SOSIOLOGI PERTEMUAN I Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Sosial
MASALAH PENDUDUK BUKAN ANGKATAN KERJA
Pendidikan sebagai Ilmu
PENGANTAR SOSIOLOGI Oleh Sudi Prayitno Padang, 21 Desember
TEORI KRITIS DALAM HAZANAH SAINS MODERN
Pokok Bahasan 4 Masalah Penduduk Lansia Sumber: Kuntjoro,S.,Zainuddin
MASALAH TENAGA KERJA DAN PENGANGGURAN DI NSB
DISPOSISI DAN NILAI PEMIKIR YANG KRITIS
PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Metodologi Penelitian
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
Pokok Bahasan 3 MASA KEBANGKITAN SAINS The History and Philosophy of Social Science Sumber: Scott Gordon 4/11/20151.
Teori perubahan sosial dan hukum
TOKOH: THORSTEIN BUNDE VEBLEN ( )
MASALAH NAKER & PENGANGGURAN DI NSB
MASALAH NAKER DAN PENGANGGURAN DI NSB.
STRATEGI MENGHADAPI OVER POPULATION
ISSUE ETIK DAN MORAL DALAM PELAYANAN KEBIDANAN
Metodologi Penelitian, Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora
Dilema pendekatan thd perancangan kota
PERINTIS & TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN
Bab 1. PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS
Teori Kritis & Critical Discourse Analysis (CDA)
ANTROPOLGI HUKUM ABDUL MADJID.
Teori Kritis & Critical Discourse Analysis (CDA)
ASPEK DAN MAZHAB FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI Pertemuan 2
MEMILIH METODE PENELITIAN
TOKOH PARADIGMA KRITIS DALAM ILMU KOMUNIKASI
«Sosiologi Komunikasi»
Muhammmad Noor Hidayat
Muhammmad Noor Hidayat Jurusan Ilmu Komunikasi UDINUS Semarang
Realitas & “Kesadaran” Semiotika
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
PENDEKATAN PENELITIAN (Strategi Penelitian) KUALITATIF
Marxism.
PENDEKATAN PENELITIAN (Strategi Penelitian) KUALITATIF
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.
S O S I O L O G I Pertemuan Pertama TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM:
BISNIS : SEBUAH PROFESI ETIS ?
MENGAPA MANUSIA HARUS BERKOMUNIKASI OLEH : ARIS FEBRI RAHMANTO
PARADIGMA SOSIOLOGI Disusun oleh: Wildan Pramudya
2.3.Metode Ilmiah.
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
Emile Durkheim ( ) “Sosiologi: Ilmu Tentang Fakta Sosial”
PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN ILMU PENDIDIKAN
S O S I O L O G I Pertemuan Pertama TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM:
Metode Penelitian Sastra
Transcript presentasi:

Tema Dan Perspektif Sosiologi (Pokok Bahasan 4) Emile Durkheim (1858 – 1917) kerap dipandang sbg salah satu tokoh utama dlm perkembangan sosiologi (sbg disiplin akademik) Inti ajarannya berkaitan dgn 2 problma pokok.Pertama,tentang otonomi sosial sbg level realitas yg khas dan tdk dpt direduksi menjadi wilayah2 psikologis individu,ttp memerlukan penjelasan menurut kerangkanya sendiri Kedua,ttg krisis modernitas-putusnya ikatan2 sosial tradisional krn industrialisasi,Pencerahan dan individualisme http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/ 4/11/2017

Emile Durkheim Kedua problem tsb menurut E Durkheim saling berkaitan erat.Bhw problem2 yg disebabkan oleh runtuhnya tatanan tradisi, hanya akan dpt diatasi dgn jalan pemahaman ilmiah atas bagamn seharusnya masyarakat itu “berjalan” Jika hukum yg mengendalikan dunia alamiah dpt ditemukan lewat observasi empirik, mk dmk pula dgn hukum2 yg mengatur dunia sosial. Menurut Durkheim krisis zaman itu memberikan tantangan tertt yg menuntut keberanian. 4/11/2017

Peran Ilmu Pengetahuan IP menurut Durkheim dpt membantu kita menyesuaikan diri dgn perubahan tatanan yg tengah kita capai,meski dlm kebingunan Tiga karya besar Durkheim yaitu; the devision of labor in society (1893) The Rules of Sociological Methods(1895) dan yg ketiga Suicide (1897) Disepanjang karya2nya,Durkheim mempertahankan suatu pandangan sosial radikal ttg perilaku manusia,sbg sesuatu yg dibentuk oleh kultur dan struktur sosial. 4/11/2017

The Devision of Labor in Society Dlm buku ini ia menunjukkan bukti2 sejarah bhw individualism yg oleh pemikir sejarah konservatif dianggap bertanggung jwb atas runtuhnya tatanan sosial, sebenar nya juga mrpk produk sosial yg hanya terdpt pd masyarakat yg pembagian kerjanya sdh kompleks. Pertanyaan yg hendak dijawab oleh Durkheim adalah, bgmn mungkin dalam masyarakat yg semakin individualistis, justru mereka itu menjadi semakin tergantung satu sama lain. 4/11/2017

Jawaban Durkheim Menurut Durkheim, justru dlm kehidupan masyarakat yg demikian kompleks,akan berkembang distribusi peran2 sosial dlm bentuk spesialisasi2 bid.pekerjaan. Dlm kondisi semacam itu,peran2 profesional akan nampak amat berbeda dgn peran2 teknisi operasional.Kehidupan profesional sangat eksklusif dibanding peran teknisi (pekerja kasar)Tetapi bagi Durkheim,justru disitulah awal terjadinya ketergantungan dari berbagai peran yg berbeda tsb. 4/11/2017

Suicide Dalam tulisannya ttg Suicide,ia mengguna kan sejumlah data statistik untuk membuktikan bhw jlh rata2 bunuh diri bervariasi sesuai dgn perubahan solidaritas sosial.(mekanis dan Organis) Ini dapat disimpulkan bhw tindakan bunuh diri yg nampaknya bersifat pribadi itu, sesungguhnya merupakan respon thd kekuatan2 sosial yg ada dlm masyarakat 4/11/2017

The Elementary Forms of the Religious Life Suatu penjelasan sosial ttg agama dikembangkan dlm judul di atas,dimana ia mengutarakan bhw perasaan terpesona dan takzim (sbg bentuk respon orang2 thd “yg sakral” sebenarnya mrpk ekspresi ketergantungan mutlak orang2 itu thd masyarakat. 4/11/2017

The Rule of Sociological Methods Argumen Durkheim mengenai subyek yg dikonstruksi secara sosial, ia rumuskan secara jelas dlm(judul) diatas. Ia menyatakan ttg sosiologi sbg bidang penelitian yg absah dan dgn obyek studinya berupa fakta2 sosial yg tdk dapat dijelaskan dlm kerangka psikologi individual.Fakta sosial menurut Durkheim berada di luar individu, yg ditopang oleh kekuatan2 koersif 4/11/2017

Jurgen Habermas Habermas dilahirkan di Dusseldorf 1929 dan ia adalah asisten dari Adorno antara 1956 – 1959. Tahun 1964 ia menerima jabatan profesor bid.filsafat dari Univ.Johan von Goethe, Frankfurt hingga sekarang. Tahun 1971 – 1981 ia menjabat sebagai Dierktur Institut Max Planck. 4/11/2017

Karya Habermas Karya Habermas berangkat dari Ide sederhana.Dalam konteks “modernitas yg mengalami pertentangan dgn dirinya sendiri. Habermas menaruh perhatian pd persoalan publik serta kekuatan non kekerasan yg terkandung dalam argumen yg lebih baik,yg ia sebut : diskursus praktis rasional 4/11/2017

Pemikiran Habermas Setiap orang seharusnya bisa mengambil posisi setuju atau tdk setuju thd statemen2 mengenai dunia, dan cara bgmn dunia itu dipahami. Habermas bereksperimen dgn formulasi2 dan paradigma tertentu.Melalui paradigma tsb ia mendasarkan ide dasarnya. 4/11/2017

Ide Habermas Gagasan Habermas tentang politik,pada tarafnya yg paling minimal dan anthropologis,secara sederhana bisa dimaknai sbg suatu proses intersubyektif non kekerasan yg terus berlangsung dimana kalimat2 atau tindakan bertutur, adalah bentuk hubungan sosial yg lebih bernilai dp ritual2 ataupun kontak senjata 4/11/2017

Cakrawala Utopia Cakrawala utopian itu tetap menjadi perhatian utama dan ciri permanen yg menggema sepanjang karyanya scr menyeluruh. Ckrwala utopian itu dgn demikian berupa kebebasan yg ditafsirkan Habermas sbg demokrasi. Hal ini ia rumuskan sbg formasi konsensus yg dimotivasi secara rasional dan yg secara diskursus bersifat bebas. 4/11/2017

The structural Tranformation of the Public sphere Ini menjadi ciri khas Habermas beserta karyanya,sbg suatu yg pd intinya merupakan pemahaman-diri modernitas, suatu pemahaman diri yg terus ia bela, ia kritik dan ia rekonstruksi,baik dlm karya2 nya, 4/11/2017

Karya2 Habermas The structural transformation of the public sphere (1961) Toward a Rational Society (1968-69) Knowledge and human interests (1972) Karya esai2 nya mengenai rekonstruksi atas matrialisme historis (1976) dalam The Philosophical Discourse of Modernity (’87) The Theory of Comunicative Action (1984*)mahakarya Habermas 4/11/2017

Dimensi politik Dari sisi politik, karya Habermas nampak adanya urgensi,yakni suatu kesan bhw warisan yg berupa ratio praktis (bentuk rasio yg berkait dengan masalah norma sosial dan praktek etis,sbgmn keduanya dibentuk dan dipertanggung jwbkan) sdh dianggap tdk layak lagi sbg dasar modernitas. 4/11/2017

Pandangan Habermas Dlm pandangan Habermas,rasio praktis tdk perlu disingkirkan,namun harus dipertahankan dan dikonseptualisasikan,shg menyanggah pananganan mereka yg menganggap rasio praktis sdh kedaluwarsa. Ada tiga aspek pemikiran Habermas yg dibahas disini 4/11/2017

Pemikiran (lanjutan) Aspek sosio kritis, yakni cakrawala emansipatoris yg ada dalam kebebasan Interpretasi atas modernitas. Perumusan Habermas ttg cara bgmn awal mulanya manusia meneguhkan realitas, Teorinya tentang tindakan komunikatif, serta teorinya ttg evolusi sosio-kultural mrpkn bagian internal dlm pandangannya ttg kebudayaan (sbg sistem2 interpretatif kultural) 4/11/2017

Tugas Kelompok Lakukan review thd teori Emile Durkheim dan Jurgen Habermas Berikan komentar Sdr tentang Pablic Spear Habermas dengan tuntutan perkembangan yg sedang terjadi dalam masyarakat kota dewasa ini Apakah teori Emile Durkheim masih relevan dgn kondisi masyarakat kita saat ini ? Berikan pula contohnya yg konkrit. 4/11/2017

SAMPAI JUMPA DALAM UJIAN TENGAH SEMESTER . PENUTUP SELAMAT BELAJAR SAMPAI JUMPA DALAM UJIAN TENGAH SEMESTER . 4/11/2017

http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/ 4/11/2017