ABSTRAK for further detail, please visit

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALARM PINTU PINTU DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR Mohamad Abdul Rahman
Advertisements

SITUS PEMESANAN TIKET PESAWAT ONLINE PADA PENERBANGAN Achmad Rifai Syahrial for further detail, please visit
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas PEMBUATAN WEBSITE TOKO SEPATU ONLINE (E-COMMERCE), PHP for further detail, please.
Pembuatan Cover Majalah Kecantikan Menggunakan Adobe PhotoShop CS Meitalia for further detail, please visit
Galih Setiawan. for further detail, please visit
MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6
APLIKASI CARA MENGINSTAL WINDOWS 7 Hadi Saputra
REPLIKASI DATA PADA DATABASE MENGGUNAKAN ORACLE 10g Diaz Pradiananto, for further detail, please visit
Pembuatan Heriyadin for further detail, please visit
Aplikasi Pembuatan Iklan Otomotif Bajaj Pulsar Menggunakan Microsoft Visual Ilyas Pudin, for further detail, please visit
APLIKASI BILLING DI WARNET MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6
for further detail, please visit
MEMBUAT ANIMASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK Muchamad Fachri Nur Furqhon for further detail, please visit
PEMBUATAN WEBSITE MADRASAH TSANAWIYAH AL HAMIDIYAH Achmad Muchlisin, for further detail, please visit
SQL Server Sistem Informasi Rekam Medis Menggunakan Borland Delphi 7 dan Microsoft for further detail, please visit
JUDUL NPM for further detail, please visit
APLIKASI PENGAMANAN DAFTAR NILAI SEMESTER MENGGUNAKAN Eko Yudiatmoko, for further detail, please visit
EKSPLORASI BAHASA PEMROGRAMAN AYU Taufik Ramadhan,
Informasi Bahaya Rokok dan Cara Pencegahannya Dengan
APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK MENGHITUNG KELIPATAN Budi Rachmat
PRODUSEN MAKANAN “RAOS” DENGAN MICROSOFT VISUAL APLIKASI PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI PENJUALAN PADA for further detail, please visit
PERSEDIAAN APLIKASI for further detail, please visit
Aplikasi Pengenalan Pahlawan Indonesia Menggunakan Macromedia Flash 8 Fina Rahmadianti, for further detail, please visit
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
MENGENAL BINATANG DAN MAKANANNYA UNTUK TAMAN Eldi Maqfira,
Pemanfaatan Aplikasi Pemrograman Visual Basic 6.0 Untuk Pembagian Galih : for further detail, please visit
APLIKASI RESEP MENU MASAKAN NUSANTARA DENGAN THERESIA
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
MANFAATNYA UNTUK ANAK SD KELAS 1-4 APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN for further detail, please visit
APLIKASI CARA SETING LAN PADA WINDOWS XP PROFESSIONAL Hendrikus Alexander, for further detail, please visit
APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI Kharisma Nugraha
SISTEM KEDIKLATAN DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN Filda Angellia,
PERANCANGAN SAKLAR LAMPU OTOMATIS MENGGUNAKAN Adri Kristian
for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA Ibnu Hidayat,
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
ANIMASI SIKLUS TERJADINYA HUJAN UNTUK TINGKAT SEKOLAH Fajar Budiman
Aplikasi Penyewaan Gedung Serba Guna ABCD Menggunakan Dian Oktora Paliama for further detail, please visit
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
Kata kunci : keamanan data, PHP, Dreamweaver Siska Daniaty.M
ANALISIS ALGORITMA KRIPTOGRAFI SISTEM KUNCI RAHASIA Sefrita Anggrahening for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX APLIKASI MULTIMEDIA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA for further detail, please visit
SISTEM PERINGATAN DINI TERHADAP PENYUSUP RUMAH Galih Permana
PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN SEPULUH NEGARA ANGGOTA Endang Lestari ,
PEMBUATAN WEB E-LEARNING MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT EXCEL Nursabrina
TOMBOL Andri Yansah for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX, DAN PEMBUATAN ANIMASI INTERALTIF MENGENAI TATA SURYA for further detail, please visit
PROGRAM APLIKASI UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN MESIN ALEXANDER ISMOYO
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX
APLIKASI PENJUALAN ELEKTRONIK PADA TOKO SINAR Wahyu Ibrahim
Aplikasi Penjualan Barang pada Butik Batik Kirana
Harry Wijayanto for further detail, please visit
Mohammad Endra Harliwibisono, for further detail, please visit
APLIKASI PENCATATAN PEMBAYARAN SPP PADA SMUN 98 ARIEF TIRTANA “ ”
APLIKASI KATALOG PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN Adhe Firmansyah
ALAT BANTU BELAJAR BERHITUNG UNTUK SISWA SD KELAS 2-3 Samuel G. F
SISTEM PARKIR AUTOPAY MENGGUNAKAN XHARBOUR DAN DBASE IV Fazri Anggriawan for further detail, please visit
APLIKASI MULTIMEDIA MENGENAI INFO MUSIK KELOMPOK “BAD Sunny
APLIKASI PENJUALAN SECARA TUNAI PADA TOKO CROWNED KING Pandu Dewanto
Aplikasi Berhitung Angka dan Belajar Huruf Dengan Menggunakan Flash MX Annisa, , for further detail, please visit
PENGGUNAAN PROTOKOL VoIP H.323 UNTUK TELEPON INTERNET DENY PRAWITO for further detail, please visit
MENGGUNAKAN MACROMEDIA DREAM WEAVER 8 WEBSITE INFORMASI KULINER RUMAH MAKAN ANEKA RASA for further detail, please visit
Microsoft Visual Basic 6. 0 Dan Crystal Report 8
PEMBUATAN APLIKASI PRODUK “EAT347” DISTRO Freddy Harahap
APLIKASI CUTI KARYAWAN ONLINE PADA ELLIPS ENERGY Acmy Gemmy Dessi Erta
APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Arief Fathulah,
APLIKASI TUTORIAL MEMBUAT BERBAGAI MACAM EFEK PADA Yudo Arif Wibowo
PENGAMANAN Risma Rosanah
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
KONSEP DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI : Handoko Theodorus
Transcript presentasi:

ABSTRAK for further detail, please visit

Abstrak iii ABSTRAK OBRINA CANDRA ( ) MENENTUKAN PERANAN PROSES UNKEYED ROUND DALAM ALGORITMA PENYANDIAN MARS DENGAN MENGGUNAKAN AVALANCHE TEST ix + 60 halaman (2006) MARS adalah algoritma penyandian yang diajukan IBM untuk kontes AES (Advanced Encryption Standard), dan merupakan salah satu dari 5 finalis AES. MARS menggunakan ukuran blok 128-bit dan dapat menggunakan panjang kunci bervariasi antara 128 sampai 400-bit. Algoritmanya mengambil input 4 word (4*32 bit) atau 128-bit data sebagai blok data plain (teks terang) dan menghasilkan output 4 word (128 bit) data cipher (teks sandi). Struktur algoritma MARS merupakan struktur heterogen yang terdiri atas 32-round transformasi bit, yang terbagi atas 16-round transformasi bit dengan menggunakan kunci (keyed round), disebut cryptographic co... for further detail, please visit

Bab 1 1 BAB I PENDAHULUAN I.1. LATAR BELAKANG Kebutuhan masyarakat akan komunikasi kian hari semakin bertambah, hal ini dapat terlihat dengan maraknya proses pertukaran informasi melalui berbagai media komunikasi. Proses pertukaran informasi tidak terlepas dari bahaya pencurian dan pengrusakan informasi itu sendiri, untuk itu diperlukan suatu keadaan yang menjamin keamanan informasi yang dikirimkan at... for further detail, please visit

Bab 2 7 BAB II LANDASAN TEORI Algoritma Mars didisain sedemikian rupa sehingga memenuhi kriteria kriptografi modern dengan memanfaatkan penuh teknologi komputer saat ini. Salah satunya adalah dengan menerapkan aplikasi 32-bit pada tiap operasinya sehingga efektif untuk digunakan pada prosesor 32-bit. Prinsip utama dalam algoritma Mars tidak terlepas dari 2 prinsip dasar kriptografi yaitu transposisi da... for further detail, please visit

Bab 3 25 BAB III ALGORITMA MARS III.1. DESKRIPSI SINGKAT ALGORITMA MARS Pada tiap penyandian satu blok Mars mengambil data plaintext berupa empat 32-bit word (128 bit data) sebagai input, dinotasikan A, B, C, D dan menghasilkan ciphertext berupa empat 32-bit word yang dinotasikan A’, B’, C’, D’. Penyandiannya sendiri berorientasi pada 32-bit data word, artinya bahwa semua operasi didalamnya di... for further detail, please visit

Bab 4 42 BAB IV ANALISA DATA Desain Mars ditujukan untuk mendapatkan struktur yang tidak hanya aman, tapi juga dapat di analisa, sehingga setiap penggunanya dapat merasa yakin akan kekuatan dan keamanannya. Struktur yang sulit dianalisa yang mungkin dapat memberikan kekuatan lebih, sebisa mungkin dihindarkan. Namun fase unkeyed mixing round di awal dan di akhir penyandian, adalah suatu pengecualian. W... for further detail, please visit

Bab 5 58 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN V.1. KESIMPULAN Berdasarkan hasil pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Mars adalah algoritma block cipher dengan struktur yang heterogen terdiri dan 16 round transformasi feistel yang menggunakan kunci (keyed) dan di bungkus oleh 2 (dua) fase mixing round yang tidak menggunakan kunci (unkeyed round) 2. Dari... for further detail, please visit