OLEH : Putu Chandra Yoga Putra
1. Menurut Kottler (2008 : 5) pemasaran adalah proses mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan menciptakan nilai bagi pelanggan dan menangkap nilai kembali dari pelanggan. 2. Internet telah menjadi jaringan komputer tersebar didunia. Internet adalah himpunan informasi dan sumber daya komputer yang padat. Internet juga dapat diakses oleh umum. Akses yang mudah tengah mengubah pola hidup kita, dimana sekarang telah terbuka bagi komunikasi, pendidikan dan hiburan yang menjadi impian sepuluh tahun silam (Falk,1997:4).
3. perusahaan mengalami masalah dalam pemasaran dana saat ini perusahaan sedang stag – nant yang dimana perusahaan mendapatkan keuntungan dari bulan ke bulan dan tidak adanya peningkatan, sedangkan manager menginginkan adanya peningkatan keuntungan. 4. Pihak Cozzy Cloth menginginkan agar dapat memasarkan produk-produknya tidak hanya terbatas pada pelanggan yang ada di daerah bali, tetapi juga pelanggan lain yang tersebar pada berbagai tempat.
Bagaimana merancang dan membangun suatu aplikasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah pemasaran yang ada seperti pengembangan produk baru, promosi produk dan menjaga hubungan antar pelanggan. Bagaimana membuat suatu aplikasi yang dapat mengefektifitaskan penjualan melalui endorse (event, atau rider (band,skate,surfing).
1. Pembuatan aplikasi ini dibuat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis pada Cozzy Cloth. 2. Sistem aplikasi yang akan dibangun akan menghasilkan sebuah aplikasi pemasaran yang berbasis WEB. 3. Pada Sistem Informasi Pemasaran ini tidak mencakup produksi barang. 4. Pada Sistem Informasi Pemasaran ini tidak mencakup sistem inventory. 5. Produk-produk yang ada didalam sistem ini dapat berasal dari partner bisnis Cozzy Cloth. 6. Sistem tidak membahas keamanan jaringan. 7. Tidak membahas penentuan harga produk. 8. Sistem tidak membahas akutansi.
1. Pengertian Pemasaran Menurut Kottler (2008 : 5) pemasaran adalah proses mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan menciptakan nilai bagi pelanggan dan menangkap nilai kembali dari pelanggan. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menyajikan keunggulan nilai serta menjaga dan menumbuhkan nilai pelanggan yang ada dengan memberikan kepuasan. Pemasaran juga merupakan sebuah pemahaman pelanggan, dimana dalam prosesnya pemasar akan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan untuk menangkap nilai dari peanggan.
1. Perancangan Arsitektur 2. Design Data Flow Diagram 3. Eentity Relationship Diagram A. CDM B. PDM 4. Perancangan design i/0
1. Pendaftaran Member 2. Transaksi pemeblian 3. Proses polling 4. Proses komentar event 5. Input Produk 6. Laporan
Berdasarkan hasil uji coba desain sistem yang telah dilakukan, berikut adalah poin-poin kesimpulan dari pengerjaan tugas akhir ini, antara lain : Aplikasi ini telah dapat berjalan dan menghasilkan informasi pemasaran produk berupa laporan penjualan, laporan rider, laporan event, laporan polling design dan laporan area pemasaran. Aplikasi ini telah dapat membantu riset pengembangan produk melalui interaksi antar pelanggan, partner dengan perusahaan, yang menggunakan alat bantu berupa polling yang terdapat pada aplikasi ini Aplikasi ini telah dapat membantu melihat antusias pelanggan pelanggan terhadap event yang diselenggarakan melalui komentar event yang terdapat dalam aplikasi.
Tugas akhir ini hanya membuat rancangan desain sistem untuk sistem informasi rekam medis pasien elektronik terpusat, adapun keterkaitan dengan sistem informasi manajemen rumah sakit. Terdapat beberapa saran untuk pengembangan tugas akhir ini, antara lain : Aplikasi pemesanan dapat berupa via sms, dengan menggunakan sms gateway, sehingga lebih memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan produk. Aplikasi ini dapat dikembangkan dengan teknik affiliate. Aplikasi ini dapat dikembangkan dengan menambahkan sitem keuangan dan inventory yang bersifat onilne. Aplikasi ini dapat dikembangkan dengan membuat penjualan bandid.
Terima Kasih