E-Business
Definisi dan Konsep E-Business dan ECommerce Definisi E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. Sedangkan E-Commerce berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis
Electronic commerce (e-commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer sebagai penyebaran, pemasaran jasa, melalui system elektronik seperti internet atau jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,system manajemen inventory otomatis dan system pengumpulan data otomatis. E-commerce dan E-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu : memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan E- business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.
Model e-commerce E – Commerce memiliki 4 model yaitu : 1.Business-to-Business(B2B) merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain. Berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model - model yang lain. 2. Business-to-Cunsumer(B2C) merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik. Contoh : Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.
3. Consumer-to-Consumer(C2C) merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Contoh : eBay Inc (www.ebay.com), suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet. 4. Consumer-to-Business(C2B) merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan. Contoh : Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel
Transformasi E-Commerce menuju E-Business E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. E-commerce dan E-business memiliki perbedaan yaitu : bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada perolehan uang, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya
Transformasi E-Commerce Menuju E-Business Fase 1 (1994-1997) E-commerce hanya sebagai penanda keberadaan suatu perusahaan, memastikan bahwa semua memiliki Website, memenuhi permintaan bahwa semua perusahaan harus setidaknya memiliki sesuatu di internet. Fase 2 (1997-2000) E-commerce mencakup transaksi-jual dan beli melalui media digital. Berfokus pada arus pesanan dan pendapatan.
Transformasi E-Commerce Menuju E-Business Fase 3 (2000-?) E-commerce berfokus pada bagaimana internet da[at memberikan dampak pada profitabilitas. Profitabilitas bukan hanya sekedar peningkatan pendapatan, tetapi meningkatkan keuntungan dan manfaat. Fase ini disebut juga dengan E-Business, yang mencakup semua aplikasi dan proses yang memungkinkan perusahaan untuk melayani sebuah transaksi bisnis.
Fase E-Business Yang membedakan E-Business dengan E- Commerce : Mencakup aplikasi front maupun back office yang membentuk mesin utama bagi bisnis modern Tidak hanya sekedar transaksi E-commerce ataupun jual-beli melalui web, tetapi dengan bantuan teknologi dapat memaksimalkan Customer Value dan profit.
10 Kaidah E-Business Rule 1: Teknologi bukan hanya sekedar perkiraan ke depan dalam membentuk bisnis, tetapi sudah menjadi penyebab dan penggerak bisnis. Rule 2: Kemampuan untuk mempercepat struktur informasi dan untuk mengatur serta mengendalikan arus informasi akan memberikan pelayanan yang lebih powerful dan cost-effective. Rule 3: Ketidakmampuan menghilangkan dominasi, rancangan bisnis kuno sering mengarah kepada kegagalan dalam bisnis.
10 Kaidah E-Business Rule 4: Dengan menggunakan E-Commerce, perusahaan dapat mendengarkan keinginan pelanggan dan menjadi “The Cheapest”, “The most familiar”, atau “The best” Rule 5: Jangan menggunakan teknologi hanya untuk menciptakan produk. Gunakan teknologi untuk inovasi, menghibur, dan menambah pengalaman mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk: mulai dari pemilihan dan pemesanan, sampai penerimaan dan pelayanan. Rule 6: Rancangan bisnis masa depan ditingkatkan menggunakan re-konfigurasi model-model e-business untuk memenuhi kebutuhan customer. Rule 7: Tujuan dari rancangan bisnis baru adalah agar perusahaan dapat menciptakan kerjasama dengan pihak luar yang tidak hanya bebas biaya tetapi juga memuaskan pelanggan.
10 Kaidah E-Business Rule 8: Untuk proyek E-business yang mendesak, akan menjadi mudah untuk memperkecil kebutuhan infrastruktur aplikasi dan berfokus pada awal dan akhir aplikasi. Rule 9: Kemampuan merencanakan arah infrastruktur e-business dengan cepat dan mengimplementasikannya secepat mungkin adalah kunci utama. Rule 10: Tugas berat bagi manajemen adalah menentukan strategi bisnis, proses bisnis dan aplikasi bisnis secara cepat, benar dan sekaligus. Kepemimpinan yang kuat sangat diperlukan