PENGENALAN EKSPRESI WAJAH PADA CITRA DUA DIMENSI Ardanti Anandita

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Aplikasi Perhitungan Bangun Ruang Dengan Menggunakan Microsoft Visual Ahmad Irwansyah for further detail, please visit
Advertisements

APLIKASI TUNTUNAN MENGERJAKAN SHALAT SUNNAH DENGAN Ahmad Fadhli
PEMBUATAN APLIKASI STABLITAS BERAT BADAN DENGAN Rama Prasetyo for further detail, please visit
PI Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Komputer, APLIKASI DENAH MAL MENGGUNAKAN JAVA DAN MySQL. for further detail, please visit
Aplikasi Belajar MengenaI Sejarah dan Budaya Indonesia Untuk Anak Dian Pujarwaty for further detail, please visit
“Pembuatan Server LAN Dengan Melakukan Konfigurasi DNS Server, FTP Kukuh Filalamien Murhalis, for further detail, please visit
HURUF JEPANG DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN AKSARA-AKSARA DASAR for further detail, please visit
PEMBUATAN ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK KEGIATAN PENGARAHAN Septiana Dewi
PI.Jurusan Sistem Informasi,Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2007 KOMPUTERISASI MINIMARKET BAHAGIA for further detail, please visit
EKSPLORASI BAHASA PEMROGRAMAN AYU Taufik Ramadhan,
LOKASI PEMETAAN for further detail, please visit
PEMBUATAN WEBSITE “SENYUM MEDIA BUKU” DENGAN Amir Harris, for further detail, please visit
APLIKASI LATIHAN SOAL SPMB DENGAN MICROSOFT VISUAL BASIC Marina Septiana Trisuli for further detail, please visit
APLIKASI INFORMASI TRAYEK ANGKUTAN UMUM DI KOTA BOGOR
Aplikasi Pembuatan Web Hewan Langka Di Indonesia Dengan Macromedia Flash Hapit Hidayat, for further detail, please visit
PENGENALAN KURVA NON LINIER DENGAN BANTUAN Ray Fitri for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
PERSEDIAAN APLIKASI for further detail, please visit
Aplikasi Pengenalan Pahlawan Indonesia Menggunakan Macromedia Flash 8 Fina Rahmadianti, for further detail, please visit
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
PENGKLASIFIKASIAN STATUS GIZI BALITA BERDASARKAN INDEKS Reni Anggraeni, for further detail, please visit
MANIPULASI REGISTRY PADA SISTEM OPERASI MICROSOFT Didik Kassidy, for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
Berbasis Komputer (Studi Kasus pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
PERANCANGAN SISTEM PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN VCD Desky Rahadiyanto
APLIKASI MENCARI BIAYA TRANSPORTASI MENGGUNAKAN Wahyu Fernando
SISTEM KEDIKLATAN DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN Filda Angellia,
PEMBUATAN GAME DORONG KOTAK MENGGUNAKAN J2ME Yeni Azizah,
PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA Ibnu Hidayat,
PEMBUATAN Agung Sedayu
“APLIKASI IWAN TAUFIK for further detail, please visit
ANIMASI SIKLUS TERJADINYA HUJAN UNTUK TINGKAT SEKOLAH Fajar Budiman
For further detail, please visit
PI. Fakultas Ilmu Komputer 2004 Aplikasi Chatting Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 dan Winsock Control. for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN FENOMENA ALAM UNTUK ANAK-ANAK for further detail, please visit
APLKASI CD INTERAKTIF PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN Gumpar Tri Caesar
PERANCANGAN WEB PENYEDIA INFORMASI HARDWARE DAN Titis Wisnu Wardana,
MENGGUNAKAN PLATFORM JAVA STANDARD EDITION
DESAIN KARAKTER DAN ANIMASI MENGGUNAKAN TEKNIK Rizkan Abadi
APLIKASI REKAM MEDIS KLINIK SEHAT MENGGUNAKAN MS
INTERPRETER ADIT DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA Raditya Arya Wardhana for further detail, please visit
APLIKASI SIMULASI PERHITUNGAN PREMI DAN MANFAAT ASURANSI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN A. Yuliana , for further detail, please visit
SEGMENTASI IRIS MATA MENGGUNAKAN METODE DETEKSI TEPI Tri Putriyati Permata for further detail, please visit
Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Perkembangan Janin tiap Trimester Noviastuti Ajengsari for further detail, please visit
ALAT UNDI DENGAN PENAMPIL 7’SEGMENT MELALUI INTERFACE Hasanudin
PEMBUATAN APLIKASI GAME SBOXED DENGAN MENGGUNAKAN PYTHON Rosiyana
APLIKASI PEMBUATAN for further detail, please visit
PEMBUATAN ANTENA WAJANBOLIC DEDI APRIANSYA
PROGRAM APLIKASI PEMBUATAN BANGUN MATEMATIKA UNTUK Ayub Marstyo Putro for further detail, please visit
PEMBUATAN WEBSITE MANGA JEPANG CLUB DENGAN MENGGUNAKAN Novianty Setyawati for further detail, please visit
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMPUTER MACROMEDIA Leony Stephanie Dima Gah for further detail, please visit
MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 CD INTERAKTIF BELAJAR SHALAT LIMA WAKTU DENGAN for further detail, please visit
Harry Wijayanto for further detail, please visit
MENGGUNAKAN PHP dan MySQL”. E-GUIDE PARIWISATA & KOMUNITAS KAB
APLIKASI PENGOLAHAN ADMINISTRASI TAMU PADA HOTEL Ambar Sentanu
PI.Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BPS for further detail, please visit
PI. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Aplikasi Profil Kepribadian Online Dengan PHP dan MySQL for further detail,
APLIKASI PENGOLAHAN DATA IDENTITAS PENDUDUK DENGAN Ira Maylisa
SISTEM PENGOLAHAN DATA PARCEL PADA PT. XYZ Heri Purwanto
APLIKASI MULTIMEDIA MENGENAI INFO MUSIK KELOMPOK “BAD Sunny
Penyisipan Pesan Kedalam Media Gambar Digital Dengan Teknik Steganografi Kurniawan Wibowo, for further detail, please visit
Desktop author. Pembuatan E-Book kenangan kelas 3DB18 Universitas Gunadarma menggunakan for further detail, please visit
SISTEM PENJUALAN ALAT MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA Yulmi Akbar
APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Arief Fathulah,
APLIKASI TUTORIAL MEMBUAT BERBAGAI MACAM EFEK PADA Yudo Arif Wibowo
PROSES SEGMENTASI CITRA X-RAY TULANG MANUSIA Sujono
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
PROSES SEGMENTASI CITRA X-RAY TULANG MANUSIA Sujono
Transcript presentasi:

PENGENALAN EKSPRESI WAJAH PADA CITRA DUA DIMENSI Ardanti Anandita for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id

Abstrak ABSTRAKSI Ardanti Anandita. 10103276. PENGENALAN EKSPRESI WAJAH PADA CITRA DUA DIMENSI MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN ALGORITMA BACKPROPAGATION. Tugas Akhir, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2007. Kata Kunci : Pengenalan Ekspresi Wajah, Principal Component Analysis (PCA), Jaringan Syaraf Tiruan, Backpropagation. (xiv + 98 + Lampiran) Suatu citra wajah terdiri dari berbagai informasi yang membuatnya dapat dikenali, salah satunya ekspresi wajah. Beberapa ekspresi wajah dasar yang dikelompokkan oleh para psikologis diantaranya adalah ekspresi netral dan gembira/senang/tersenyum. Walaupun bentuk/tampilan ekspresi tersebut berbedabeda antara setiap individu, manusia tetap dapat mengenalinya. Sistem pengena lan ekspresi wajah yang dibuat bertuj... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id

Bab 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Suatu citra wajah terdiri dari berbagai informasi yang membuatnya dapat dikenali. Citra wajah manusia mempunyai berbagai sudut pandang, pencahayaan, berbagai atribut wajah dan ekspresi. Dalam penelitian Donato, dkk., ekspresi wajah adalah suatu perwujudan secara visual dari pernyataan, aktifitas kognitif, tujuan/maksud, kepribadian dan psikologis dari ... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id

Bab 2 BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Citra Digital Secara harafiah citra (image) adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus (continue) dari intensitas cahaya pada bidang dwimatra. Citra sebagai keluaran dari suatu sistem perekaman data dapat bersifat [6]: • Optik berupa foto. • Analog berupa sinyal video seperti gambar pada mon... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id

Bab 3 BAB III PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI Citra wajah yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra wajah tampak depan (frontal image) sebanyak 100 citra, 50 citra ekspresi netral dan 50 citra ekspresi senyum. Citra tersebut dikategorikan menjadi citra pelatihan sebanyak 60 citra dan citra uji sebanyak 40 citra. Dalam set citra pelatihan (training set) terdapat 30 citra dengan ekspresi netral serta... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id

Bab 4 BAB IV PELATIHAN JARINGAN SYARAF DAN PENGUJIAN Jaringan syaraf digunakan dalam tahap pengenalan citra wajah. Agar dapat mengenali ekspresi dalam sebuah citra wajah maka jaringan syaraf perlu dilatih dengan beberapa pola pelatihan dan target yang bersesuaian dengan pola. Setelah dilatih maka jaringan syaraf akan mempunyai konfigurasi (jumlah lapisan, jumlah neuron, fungsi aktivasi, nilai bobot dan... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id

Bab 5 BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan Metode PCA digunakan pada tahap ekstraksi citra untuk mereduksi dimensi dari citra wajah sehingga jaringan syaraf dapat bekerja dengan optimal pada tahap pengenalan citra wajah. Citra wajah yang telah direduksi dengan metode PCA akan mempunyai dimensi yang lebih kecil (pada percobaan ya ng dilakukan dari dimensi 25.921 menjadi 60). Piksel-piksel hasil reduksi tersebut... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id