Analisa & Perancangan Sistem Informasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Flowchart (Diagram Alur)
Advertisements

Pengendalian Proses : Seleksi (Conditional)
Bab 2 Struktur Dasar.
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
DASAR-DASAR PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
Dasar Pemrograman Komputer
Algoritma Pemograman 1 A
TEORI ALGORITMA.
ALGORITMA ERIK HADI SAPUTRA.
PEMODELAN HASIL ANALISIS KEBUTUHAN FUNGSIONAL dengan menggunakan DATA FLOW DIAGRAM o l e h :
Teknik penulisan ilmiah: Tugas akhir S1,S2,S3 Bagaimana membuat: Daftar pustaka otomatis Oleh: D. Erwin Irawan.
Tipe data dan algoritma dasar
Algorithma Pemrograman
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Struktur Dasar Algoritma
Struktur Perulangan Week 4 & 5.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Modul 1- Review Java.
SPESIFIKASI PROSES Materi Pertemuan 9.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
STRUKTUR DATA Materi pertemuan 8.
PERTEMUAN V Logika Algoritma Algoritma : Metoda pemecahan suatu masalah langkah demi langkah. Karakteristik Algoritma :  Presisi ; langkah-langkahnya.
Flowchart dan Pseudocode
Struktur Kontrol: Keputusan
Dasar Pemrograman ARRAY/LARIK.
Algoritma dan Pemograman 1A
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Matakuliah: T0034 / Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2008 Pertemuan 1 PENGENALAN PERANCANGAN & ANALISIS ALGORITMA.
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
Algoritma dan Pemrograman
Pertemuan Pengembangan Algoritma
Variabel, Konstanta, Tipe Data Dan Operator pada VB
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
1 Spesifikasi Program. 2 Pendahuluan Programer bekerja berdasarkan spesifikasi program Spesifikasi program akan mendefinisikan atau menentukan input,
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Structure English dan Decision Table
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
KELOMPOK 02 ALOGARITMA PEMOGRAMAN TAHUN AJARAN
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE.
STRUCTURED ENGLISH PSEUDOCODE TABEL KEPUTUSAN
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar – dasar Algoritma dan Pemrograman
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
Flowchart (Diagram Alir)
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 1.
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
Seleksi Kondisi merupakan perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Operator yang digunakan.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
ANALISA PERANCANGAN PROGRAM.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Analisis dan Perancangan sistem Informasi Fak. ITB UTY
TABEL KEPUTUSAN.
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
ALGORITMA & DASAR PEMROGRAMAN
Spesifikasi Program.
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
DASAR - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (Lanjutan)
DASAR - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Analisa & Perancangan Sistem Informasi Tambahan Materi & Tugas Pertemuan 10

Bagan Terstruktur : Definisi Digunakan untuk mendefinisikan dan mengilustrasikan organisasi dari system informasi secara berjenjang dalam bentuk modul dan submodul Menunjukkan hubungan elemen data dan elemen kontrol antara hubungan modulnya, sehingga Memberikan penjelasan lengkap dari sistem dipandang dari elemen data, elemen kontrol, modul dan hubungan antar modulnya

Bagan Terstruktur : Simbol Dasar 3

Bagan Terstruktur : Simbol Dasar 4

Bagan Terstruktur : Simbol Dasar 5

Bagan Terstruktur : Model Bagan Terdapat  dua  model  bagan  terstruktur,  yaitu  transformed‐centered    transaction‐centered  Model suatu bagan terstruktur dapat berbentuk salah satu dari keduanya atau  kombinasi Model  yang  akan  digunakan  tergantung  dari  diagram  arus  data yg telah dibuat 6

Transformed‐centered Model ini menggambarkan sistem dalam 3 cabang utama, yaitu :  Cabang input (input branch / afferent branch) :  cabang yang menerima input dan membentuk input ke dalam  suatu status yang siap untuk diproses.  2. Cabang proses (process branch / transform branch /  central transform) :  cabang yang melakukan  fungsi  utama  sistem,  yaitu  memproses  input  yang  dikirim  dari cabang input.  3. Cabang  output  (output  branch  /  efferent  branch)  :  cabang  yang  memformat  data menjadi output.  7

Transformed‐centered 8

Transaction‐centered Seringkali  diagram  arus  data  menggambarkan  suatu  sistem  yang  menangani beberapa  tipe  transaksi  yang  mempunyai  jalur  yang  berbeda.  Diagram  tersebut mungkin  akan  sulit  dipilah‐pilah  berdasarkan  transformasinya.  Untuk  diagram alur data tersebut, dapat dibuat bagan  terstruktur model transaction‐centered   9

Transaction‐centered 10

Pseudocode: Definisi Structured English merupakan alat yang cukup efisien untuk menggambarkan suatu algoritma Pseudocode merupakan alternatif dari Structured English Pseudocode adalah kode yang mirip dengan instruksi kode program yang sebenarnya Pseudocode akan memudahkan programer untuk memahami dan menggunakannya 11

Pseudocode: Aturan Penulisan Statement program ditulis dengan bahasa Indonesia/inggris yang sederhana Setiap instruksi ditulis pada setiap baris Pisahkan modul –modul atau kelompok pseudocode dengan memberikan spasi beberapa baris untuk mempermudah bacaan Bedakan bentuk huruf dalam penulisan pseudocode Berikanlah tabulasi yang berbeda untuk penulisan pseudocode pada instruksi –instruksi yang berada dalam loop atau struktur kondisi Lakukan pembatasan terhadap jumlah baris pseudocode pada setiap modulnya 12

Pseudocode: Struktur 1. Struktur Urut Struktur ini berisi langkah-langkah yg urut saja, satu diikuti oleh yg lainnya contoh: Baca data jam kerja Hitung gaji adalah jam kerja dikalikan gaji Tampilkan gaji 2. Struktur Keputusan Dapat berupa struktur if-then atau struktur if-then-else atau struktur case. contoh: Structured English Structured Indonesia If kondisi Jika kondisi Then tindakan-1 Maka tindakan-1 Else tindakan-2 Selainnya tindakan-2 3. Struktur Iterasi/Perulangan Struktur ini dapat berupa struktur For, struktur Repeat atau struktur Do-While contoh: Repeat until kondisi tindakan ulangi hingga kondisi tindakan 13

Tabel Keputusan: Definisi Tabel keputusan (decision table) adalah tabel yang digunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan logika dalam program Algoritma yang berisi keputusan bertingkat yang banyak sekali sangat sulit untuk digambarkan langsung dengan structured English atau pseudocode dan dapat dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan tabel keputusan Dengan demikian tabel keputusan efektif digunakan bilamana kondisi yang akan diseleksi didalam program jumlahnya cukup banyak dan rumit 14

Tabel Keputusan: Struktur Struktur tabel keputusan terdiri dari empat bagian utama yakni : 1. Condition Stub 2. Condition Entry 3. Action Stub 4. Action Entry 15

Tabel Keputusan: Struktur Struktur tabel keputusan terdiri dari empat bagian utama yakni : 1. Condition Stub Bagian ini berisi kondisi yang akan diseleksi. 2. Condition Entry Bagian ini berisi kemungkinan dari kondisi yang diseleksi, yaitu terpenuhi (diberi simbol ‘Y’) dan tidak terpenuhi (diberi simbol ‘N’). Setiap kondisi yang diseleksi akan mempunyai dua kemungkinan kejadian, yaitu terpenuhi dan tidak terpenuhi. Bila ada x kondisi yang diseleksi, maka akan terdapat N kemungkinan kejadian, yaitu sebesar N = 2x 3. Action Stub Action stub berisi pernyataan-pernyataan yang akan dikerjakan baik kondisi yang diselesi terpenuhi maupun tidak terpenuhi. 4. Action Entry Action entry digunakan untuk memberi tanda tindakan mana yang akan dilakukan dan mana yang tidak akan dilakukan. 16

Tabel Keputusan: Langkah Langkah-langkah membuat Tabel keputusan : Menentukan kondisi yang akan diseleksi Menentukan jumlah kemungkinan kejadian yang akan terjadi, N = 2x Menentukan tindakan yang akan dilakukan Mengisi Condition entry Mengisi action entry 17

Tabel Keputusan: Contoh KASUS : PROSES PEMESANAN Potongan akan diberikan apabila pesanan barang melebihi atau sama dengan batas unit minimal pesanan (batas minimal pesanan untuk mendapatkan potongan). Potongan ini hanya berlaku bagi Dealer. Bila unit barang persediaan di gudang mencukupi, maka pesanan akan dikirim semuanya tetapi apabila unit barang persediaan tidak mencukupi, maka yang dikirim adalah unit barang yang ada dan kemudian dibuatkan catatan mengenai kekurangannya (back order). 18

Tabel Keputusan: Contoh Langkah pembuatan tabel keputusan : 1. Menentukan kondisi yang akan diseleksi. Dari contoh di atas terdapat 3 (tiga) buah kondisi yang akan diseleksi yakni : a. Apakah unit dipesan >= unit minimum potongan? b. Apakah pemesannya dealer ? c. Apakah unit persediaan mencukupi ? 2. Menentukan jumlah kemungkinan kejadian yang akan terjadi, yaitu sebanyak : N = 23 = 8 3. Menentukan tindakan yang akan dilakukan. Dari contoh di atas, terdapat 5 (lima) tindakan yg akan dilakukan: a. Mendapatkan potongan. b. Tidak mendapatkan potongan. c. Kirim semua yang dipesan. d. Kirim yang ada saja. e. Buat catatan kekurangannya. 19

Tabel Keputusan: Contoh Langkah pembuatan tabel keputusan : 4. Mengisi condition entry Condition entry diisi sedemikian rupa, sehingga semua kemungkinan kejadian bisa terwakili, sebagai berikut : 20

Tabel Keputusan: Contoh 5. Mengisi action entry Action entry diisi kolom demi kolom dari kolom pertama sampai kolom ke N. Misalnya untuk kolom yang pertama, semua kondisi terpenuhi, yaitu unit yang dipesan melebihi unit minimum potongan, pemesannya adalah dealer dan unit persediaan mencukupi, maka tindakan yang akan dilakukan adalah mendapatkan potongan dan kirim semua yang dipesan. Pada kolom pertama ini kemudian baris tindakan mendapatkan potongan dan baris tindakan kirim semua yang dipesan diberi tanda sembarang (misalnya “x”). Lakukan cara yang sama untuk masing-masing rules sampai kolom ke N (8). hasilnya sebagai berikut : 21

Tabel Keputusan: Contoh Rule nomor 5 dan 7 dapat digabung, karena tindakannya sama, demikian juga rule nomor 6 dan 8 dapat juga digabung, sihingga tabel keputusan menjadi : Terlihat rule nomor 5 dan 7 serta rule 6 dan 8 hasil gabungan menunjukan baik itu dealer maupun tidak sudah tidak berpengaruh lagi, karena unit yang dipesan sudah lebih kecil dari unit minimum yang mendapatkan potongan 22