SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan Framework Ren’Py. DISUSUN OLEH : M.MAULANA ARDIANTARA /2005 UNIVERSITAS GUNADARMA 2009 Teknik Informatika' 05
LATAR BELAKANG *Proses Kegiatan belajar - Hal mendasar pada manusia yang diberikan akal, dan budi pekerti untuk dapat berfikir, berkomunikasi dan bekerja. *Media Berbasiskan Komputer Cerdas Dalam Pembelajaran - Kemajuan media komputer mendapat perhatian besar dalam bidang kegiatan pembelajaran. - intelligence Computer – Aided Instruction. *Ilmu Astronomi Ilmu Astronomi merupakan pokok bahasan pada pembelajaran Jagad Raya dari mata pelajaran fisika yang sangat unik dan menarik untuk dipelajari.
*Bagaimana membuat aplikasi interaktif yang memiliki unsur multimedia dan berbasiskan komputer cerdas. *Bagaimana membuat materi pengenalan Ilmu Astronomi menjadi ringkas,padat dan menarik. *Bagaimana membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Python dan framework Ren’Py yang dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda (multiplatform) PERUMUSAN MASALAH
*Membuat suatu media belajar alternatif melalui aplikasi pembelajaran interaktif yang memiliki unsur mulimedia dan berbasiskan komputer cerdas tentang Astronomi dengan menggunakan framework Ren’Py dan bahasa pemrograman Open Source Python pada sistem operasi Windows dan Linux. Tujuan penelitian
*Pengenalan Ilmu Astronomi yang terdiri dari: *Pengenalan Bintang*Spektrum Bintang *Magnitudo Bintang*Evolusi Bintang *Pengukuran Jarak Bintang *Galaksi dan Kosmologi BATASAN MASALAH
*Tahap Pengumpulan Bahan dan Materi Studi literatur berbagai buku, artikel dan website yang terkait tentang bahasa pemrograman Python, framework Ren’Py, dan Ilmu Astronomi *Tahap Perancangan Aplikasi Pembelajaran Ilmu Astronomi > Perancangan movie scene > Perancangan tampilan atau layout masukkan dan keluaran > Perancangan program dengan pengkodean bahasa pemrograman Python > Konfigurasi framework Ren’Py *Tahap Implementasi dan Uji Coba Program > Windows XP SP2 > Linux Slax 5.10 METODE PENELITIAN
*CD aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi. LUARAN
*Komputer Cerdas (Intelligence Computer) Dirancang agar dapat bertindak seperti dan sebaik manusia yang berbekalkan ilmu pengetahuan dan kemampuan berfikir. *Media Pembelajaran Sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan mendorong kemauan sesorang dalam proses belajar. *Multimedia suatu teknologi informasi yang tersusun atas beberapa elemen pembentuk yang diproses dan disajikan dalam wadah aplikasi secara interaktif. *Open Source Open Source adalah sistem pengembangan dikoordinasi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas. LANDASAN TEORI
LANDASAN TEORI (LANJUTAN) *Bahasa Pemrograman Python Bahasa pemrograman model skrip (scripting language) yang berorientasi obyek. Python dikembangkan oleh Guido Van Rossum pada tahun Berbagai keunggulan, diantaranya yaitu multiplatform package tool, framework, serta library yang cukup lengkap. Kelemahannya, case sensitive dan multimedia programming. *Framework Ren’Py Sebuah Framework permainan didalam bahasa pemrograman Python yang dikembangkan oleh lemmasoft, salah satu game develop dari Amerika. Framework ini biasa digunakan didalam pembuatan visual novels game
Gambaran Umum Program *Dibuat dengan menggunakan Framework Ren’Py dan bahasa pemrograman Open Source Python *Secara umum program ini dapat dibagi menjadi 7 bagian, yaitu : 1. Judul dan Tampilan Awal 2. Movie dan Menu Utama 3. Penjelasan Magnitudo Bintang 4. Penjelasan Pengukuran Jarak Bintang 5. Penjelasan Spektrum bintang 6. Penjelasan Evolusi Bintang 7. Penjelasan Galaksi dan Kosmologi
Peta Navigasi
OUTPUT PROGRAM *Judul dan Tampilan Awal*Movie scene Intro
OUTPUT PROGRAM (Lanjutan) *Menu Utama*Materi Pembelajaran
OUTPUT PROGRAM (Lanjutan) *Tampilan Input Nama*Soal Latihan
PENUTUP *Kesimpulan 1. Menggunakan bahasa pemrograman Open Source Python versi 2.5 dan Framework Ren’Py versi Dilengkapi dengan fitur computer mediated storytelling, movie script, saving, rollback dan lain sebagainya 3. Menggunakan perpaduan berbagai animasi dengan efek seperti perpindahan latar squares, teleport, dissolve, dan enimated. 4. Karakter animasi sebagai media Interaksi virtual yang nyata antara pengguna dengan sistem 5. Uji coba sistem pada komputer berspesifikasi pentium III dengan memori 196 MB menunjukkan bahwa program berjalan dengan maksimal di dua sistem operasi yang berbeda, yaitu Windows XP SP2 dan Linux Slax 5.10
PENUTUP *Saran 1. Penggunaan fitur dan efek belum maksimal. 2. Program ini masih berbasiskan desktop. 3. Dapat lebih dikembangkan lagi agar digunakan secara maksimal sebagai media pembelajaran alternatif yang berbasiskan teknologi. TERIMA KASIH