PENDAHULUAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROCESSING DIVICE ALAT PEMROSESAN.
Advertisements

Organisasi dan Arsitektur Komputer
HARDWARE (Motherboard)
SISTEM OPERASI Oleh : Wahyu Andhyka Kusuma
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
Pengantar Arsitektur Komputer
PERTEMUAN MINGGU KE- 10 CONTROL UNIT.
Organisasi Komputer : Struktur dan Fungsi Komputer
KELUARGA ARSITEKTUR KOMPTER : IBM PC
PERTEMUAN MINGGU KE-14 PROSESOR PARALEL.
ARSITEKTUR DAN ORGANISASI
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
Arsitektur Komputer.
PERTEMUAN MINGGU KE-14 PROSESOR PARALEL OLEH SARI NY.
Kode MK : TI Revisi Terakhir : SESI 1 Tim Dosen PENDAHULUAN 2006T.
PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Organisasi dan Arsitektur Komputer
ARSITEKTUR SISTEM KOMPUTER
ORGANISASI KOMPUTER II STMIK – AUB SURAKARTA
PERTEMUAN MINGGU KE- 10 CONTROL UNIT OLEH SARI NY.
Organisasi dan arsitektur komputer
Organisasi dan Arsitektur Komputer Pertemuan I : Pendahuluan Organisasi dan Arsitektur Komputer.
BAB III DEFINISI KOMPUTER
Organisasi dan arsitektur komputer
Reduced Instruction Set Computer(RISC)
PIPELINE DAN PROSESOR PARALEL
Reduced Instruction Set Computers
Organisasi & Arsitektur Komputer
Microprocessor Ihsan Naskah
PIPELINE DAN PROSESOR PARALEL
PERTEMUAN I EVOLUSI KOMPUTER P1.
Arsitektur Komputer D. Sinaga, M.Kom.
Paralel Processing Sistem Terdistribusi.
SISTEM KOMPUTER Departement of Computer Science
Quiz 2 1. Konversikan kedalam Desimal = ……. 10
PIPELINE DAN PENGOLAHAN VEKTOR
PERTEMUAN MINGGU KE-14 PROSESOR PARALEL.
Pertemuan 2 Pengantar Author : Linda Norhan, ST.
KLASIFIKASI ARSITEKTURAL
Klasifikasi arsitektur komputer (bagian 1)
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Organisasi Komputer Modern
PERTEMUAN MINGGU KE-14 PROSESOR PARALEL.
Organisasi dan Arsitektur Komputer
ORGANISASI KOMPUTER & ARSITEKTUR KOMPUTER
PENDAHULUAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Reduced Instruction Set Computers
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Pertemuan 1 dan 2 ORGANISASI KOMPUTER Candra Ahmadi, ST., MT.
Organisasi dan Arsitektur Komputer
KELUARGA ARSITEKTUR KOMPTER : IBM PC
KELUARGA ARSITEKTUR KOMPUTER : IBM PC
Klasifikasi Arsitektur Komputer (bagian 2) & Topologi Jaringan MIMD
Pendahuluan Arsitektur Komputer 2017.
PERTEMUAN EVOLUSI KOMPUTER P1.
Pendahuluan Secara konvensional komputer didefinisikan berdasarkan antarmuka (interfaces) yang tedapat pada beberapa lapisan tingkat abstraksi (leyered.
PERTEMUAN MINGGU KE-14 PROSESOR PARALEL.
ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER
BAB 1 PENGENALAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Perbedaan Arsitektur & Organisasi Komputer
PARALEL PROCESSING.
PERTEMUAN MINGGU KE- 10 CONTROL UNIT.
Arsitektur Komputer Pertemuan - 1 Oleh : Tim Pengajar.
PENDAHULUAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang
KELUARGA ARSITEKTUR KOMPTER : IBM PC
PENDAHULUAN ARSITEKTUR KOMPUTER
IS KLASIFIKASI ARSITEKTURAL Sistem Komputer kategori SISD CU PU MM
PENDAHULUAN ARSITEKTUR KOMPUTER
PENDAHULUAN ARSITEKTUR DAN ORGANISAI KOMPUTER. Apa Tujuan Belajar Arsitektur Komputer ? 1. Mengetahui tentang matakuliah Arsitektur & Organisasi Komputer.
Transcript presentasi:

PENDAHULUAN ARSITEKTUR KOMPUTER PERTEMUAN MINGGU KE-1 PENDAHULUAN ARSITEKTUR KOMPUTER

1.1 Perubahan Definisi Arsitektur Komputer 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik 1970 – pertengahan 1980 : Arsitektur komputer adalah suatu desain instruksi untuk suatu kompiler 1990 : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, sistem I/O, multiprosesor dan network komputer 2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, sistem DNA

Arsitektur Komputer adalah desain komputer yang meliputi : 1. Set instruksi 2. Komponen hardware 3. Organisasi atau susunan sistemnya

Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer : 1. Instructure Set Architecture Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer 2. Hardware System Architacture Meliputi subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memor dan I/O system

Cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur : 1. Membangun array prosesor 2. Menerapkan proses pipelining 3. Membangun komputer multiprosesor 4. Membangun komputer dengan arsitektur lain.

1.2 Klasifikasi Arsitektur Komputer Mesin Von Neumann Kriteria mesin Von Neumann : 1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/O sistem 2. Merupakan stored-program computer 3. Menjalankan instruksi secara berurutan 4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU

Mesin Non-Von Neumann 1. Jumlah prosesor Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu : 1. Jumlah prosesor 2. Jumlah program yang dapat dijalankan 3. Struktur memori

Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer : 1. SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream) 2. SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream) 3. MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream) 4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream

1.3 Mengukur Kualitas Arsitektur Komputer Ada beberapa atribut yang digunakan untuk mengukur kualitas komputer : 1. Generalitas 2. Daya Terap (Applicability) 3. Efesiensi 4. Kemudahan Penggunaan 5. Daya Tempa (Maleability) 6. Daya Kembang (Expandibility)

1.4 Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Arsitektur Komputer Ada beberpa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitekturkomputer, tiga diantaranya adalah : 1. Manfaat Arsitektural 2. Kinerja Sistem 3. Biaya Sistem

Manfaat Arsitektural Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu : 1. Aplicability 2. Maleability 3. Expandibility 4. Comptible

Kinerja Sistem Ukuran Kinerja CPU: Untuk mengukur kinerja sistem,ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji Ukuran Kinerja CPU: 1. MIPS (Million Instruction PerSecond) 2. MFLOP (Million Floating Point PerSecond) 3. VUP (VAX Unit of Performance)

Ukuran Kinerja I/O Sistem : 1. Operasi Bandwith 2. Operasi I/O Perdetik Ukuran Kinerja Memori : 1. Memoy Bandwith 2. Waktu Akses Memori 3. Ukuran Memori

Biaya Sistem Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya : 1. Reliabilitas 2. Kemudahan Perbaikan 3. Konsumsi daya 4. Berat 5. Kekebalan 6. Interface Sistem Software