SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
The Product and the Process CHAPTER 2 The Process Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Advertisements

Perencanaan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Testing dan Implementasi Sistem
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Program Studi Manajemen informatika
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
BAB I DASAR – DASAR TEKNIK PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirement 2
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Methods for Software Engineering CHAPTER 5 Software Project Planning Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
IKI Teknik Perangkat Lunak Introduction. 2 Perangkat Kuliah Pengasuh: Eko K. Boediardjo R. Indra Budi
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
Rencana Pengembangan Perangkat Lunak (TIS 00)
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengenalan Software Engineering
Pengenalan Software Engineering
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom
Rekayasa Perangkat Lunak
TESTING & IMPLEMENTASI SI
Pengantar Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
Requirement Document.
Testing dan Implementasi Sistem [3-sks (3-0)]
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
Dokumentasi Sistem dan Testing
SDLC (System Development Life Cycle)
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Perancangan Web dan Internet
TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
TESTING & IMPLEMENTASI SI
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (IF 1483)
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
INTRODUCTION SOFTWARE ENGINEERING
ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (APSI) 00
ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (APSI) 01. Pengantar APSI
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
R.S. Pressman & Associates, Inc
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
Pengenalan Perangkat lunaK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Pengantar Perangkat Lunak
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK TINJAUAN UMUM KULIAH

TUJUAN KULIAH Memahami konsep-konsep dan metodologi dalam rekayasa perangkat lunak. Mampu melaksanakan analisis, perancangan dan pengujian perangkat lunak dengan pendekatan terstruktur. Mampu membuat dokumen pengembangan perangkat lunak.

MATERI KULIAH Konsep rekayasa perangkat lunak Analisis dan perancangan perangkat lunak dengan pendekatan terstruktur Pengujian perangkat lunak Dokumentasi pengembangan perangkat lunak Jaminan kualitas perangkat lunak

REFERENSI Pressman, Roger S., “Software Engineering: A Practioner’s Approach”, Fifth Edition, MacGraw-Hill International Editions, 2001. Sommerville, Ian, “Software Engineering”, Fiftth Edition, Addison-Wesley, 1996. Mynat, Barbee T., “Software Engineering with Student Project Guidance”, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1995.

PENILAIAN Komponen penilaian: Penilaian menggunakan acuan normal: Tugas (30%) UTS (30%) UAS (40%) Penilaian menggunakan acuan normal: Rata-rata kelas Simpangan baku Pasti akan ada nilai A, B, C, D dan E.

SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK KONSEP REKAYASA PERANGKAT LUNAK

REKAYASA PERANGKAT LUNAK Roger Pressman: Pembentukan dan penggunaan prinsip rekayasa (engineering) untuk mendapatkan perangkat lunak secara ekonomis namun andal dan dapat bekerja secara efisien pada komputer (dikutip dari Fritz Bauer, 1968). Suatu disiplin, kaidah yang mengintegrasikan proses, metode, dan alat bantu (tools) untuk pembangunan perangkat lunak komputer.

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (lanjutan) IEEE Computer Society: The application of a systematic, disciplined, quantifiable approach to the development, operation, and maintenance of software; that is, the application of engineering to software. The study of approaches as in (1).

PERANGKAT LUNAK 1) Instruksi (program komputer) yang bila dieksekusi dapat menjalankan fungsi tertentu; 2) Struktur data yang dapat membuat program memanipulasi informasi; dan 3) Dokumen yang menjelaskan operasi dan penggunaan program (Roger Pressman). Program komputer, prosedur, aturan, dan dokumentasi yang berkaitan dengannya serta data yang berkaitan dengan operasi suatu sistem komputer (IEEE).

PERANGKAT LUNAK (lanjutan) Jenis-jenis perangkat lunak: Perangkat lunak sistem (system software) Perangkat lunak waktu nyata (real-time software) Perangkat lunak bisnis (business software) Perangkat lunak rekayasa dan ilmu pengetahuan (engineering and scientific software) Embedded Software Perangkat lunak pribadi (personal software) Perangkat lunak intelegensia buatan (artificial inteligent software) Perangkat lunak lainnya

DOKUMEN PERANGKAT LUNAK Software Project Management Plan (SPMP) Software Requirement Specification (SRS) Software Design Description (SDD) Software Test Plan (STP) Software Test Description (STD) Software Test Result (STR) Software Version User Guide / User Manual

SOFTWARE ENGINEERING PROCESS Fokus Pembahasan Kuliah

SOFTWARE ENGINEERING BODY OF KNOWLEDGE SWEBOK Knowledge Areas: Software requirements Software design Software construction Software testing Software maintenance Software configuration management Software engineering management Software engineering process Software engineering tools and methods Software quality

MENGAPA RPL ? Perangkat lunak sudah diselesaikan dan diserahkan (delivered) tetapi tidak pernah digunakan (47%). Pemakai (user) sudah membayar untuk perangkat lunak tetapi tidak pernah jadi dan diserahkan (29,7%). Perangkat lunak sudah digunakan tetapi kritis atau ditinggalkan (19%). Perangkat lunak digunakan setelah dilakukan modifikasi (3%). Hanya sebagian kecil perangkat lunak yang dapat digunakan sebagaimana mestinya (2%).

MANFAAT RPL Perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Perangkat lunak dapat digunakan dan beroperasi dengan benar di lingkungan sebenarnya. Perangkat lunak memberikan manfaat bagi pemakai yang menggunakannya. Biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya rendah (efisien), efektif dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Tepat waktu, baik saat pembuatan, penyerahan ke pemakai, maupun instalasinya. Setiap tahap pekerjaan terjamin kualitasnya, terdokumentasi, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (ada proses verifikasi dan validasi).