Dasar Komputer dan Internet

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Advertisements

INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
Alat input ,Output dan pengolongan komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
ALAT-ALAT INPUT.
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Piranti Masukan ( Input Device )
Perangkat Keras Multimedia
PERKEMBANGAN HARDWARE
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
1.Adia Cahyani Putri 2. Akmelvisa Dyah Herfiandini 3. Anisa Rahmawati 4. Ari Setyawati Purnaningrum 5. Ayub Pratama 6. Beta Priyoko 7. Deny Boy Ardianta.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
BAB VI ALAT INPUT.
BAB X MEDIA INPUT ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERIMA INPUT. INPUT :
H A R D W A R E K O M P U T E R.
PERANGKAT KOMPUTER & KEGUNAANNYA
Piranti Masukan ( Input Device )  Input Device; perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data dalam sistem komputer Pengetikan Keyboard.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
MENERAPKAN FUNGSI PERIPHERAL DAN INSTALASI PC
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
PERIFHERAL KOMPUTER EDWIN RICO.
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
MENERAPKAN FUNGSI PERIPHERAL DAN INSTALASI PC
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Kelompok 6 SI-11 Fajar Rahmat Mustari Puji Nurahman Fitri
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
Komponen Sistem Komputer: Input Output Device
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Definisi hardware input
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
Input & Output Devices Bab V.
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Piranti Masukan ( Input Device )
Piranti Keluaran (Output Device)
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
Pengantar teknologi informasi
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
PERKEMBANGAN HARDWARE
PERKEMBANGAN HARDWARE
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

Dasar Komputer dan Internet .:: Erna Sri Hartatik ::. Dasar Komputer dan Internet Peremuan 5 Struktur Komputer

Pembahasan Struktur Komputer Input device Cara Kerja Input device Output device Cara Kerja Output device

Struktur komputer Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait

Input device Input device : alat yg digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Signal input : data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, Maintenance input : program yg digunakan untuk mengolah data yg dimasukkan. Terminal : berfungsi ganda sebagai alat input juga alat output dan dapat digolongkan : non intelligent terminal smart terminal. intelligent terminal.

Non intelligent terminal hanya untuk memasukkan input & menampilkan output, tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses, juga disebut dumb terminal. Smart terminal punya alat pemroses & memori di dalamnya sehingga input dapat dikoreksi kembali. Tidak dapat diprogram oleh pemakai,hanya oleh pabrik pembuatnya. Intelligent terminal dapat diprogram.

input device terbagi menjadi dua : Input langsung yaitu jika input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Tidak langsung input tidak langsung diproses, melalui media tertentu sebelum diproses.

Input langsung : keyboard, pointing device (mouse, touch screen, light pen, dan digitizer graphics tablet), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), dan voice recognizer (microphone). Input tidak langsung : keypunch yg dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yg merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yg merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

Input langsung Keyboard; piranti masukan yang dapat mengubah huruf,angka atau code lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses oleh komputer. Keyboard teridiri atas tombol: pengetikan, angka, fungsi dan kontrol QWERTY Keyboad pertama kali diciptakan oleh Christian Sholes tahun1860-an pada mesin tik manual

Bagian-bagian keyboard

Cara Kerja Keyboard Penekanan Keyboard menghasilkan arus listrik Processor mencocokkan lokasi koordinat x,y pada peta karakter di ROM Jika Pemakai menekan secara bersamaan,processor akan mencari keberadaan kombinasi tombol dalam peta karakter Peta karakter dapat di timpa dengan sebuah software Software yang menghendaki agar tata letak keyboard/Qwerty diubah menjadi Dvorak/Kombinasi kunci tertentu yang mempunyai arti berbeda. Dvorak (sistem tata letak keyboard yang disusun berdasarkan kesering pakaian huruf) Keyboard dilengkapi dengan typematic (processor akan mengenali penekanan tombol terus menerus)

Nama Paten Pertama Kali Dari Mouse :“X-Y Position For A Display System Mouse: untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan di layar minitor. Diciptakan Pertama Kali Oleh Douglas Engelbart (Stanford Research Institute) Nama Paten Pertama Kali Dari Mouse :“X-Y Position For A Display System Kabel Penghubung Mouse:  Standard Serial Mouse,PS2,Wireless/Nirkabel Jenis Mouse: Mouse Optomekanik & Mouse Optik Sedangkan secara fisik, bentuk mouse sbb : Mouse yang menggunakan bola dan scroll/penggulung layar Mouse yang menggunakan bola tanpa scroll/penggulung layar Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar tanpa kabel

Cara Kerja Mouse Optomekanik “ Mouse untuk mendeteksi gerakan tangan kita, untuk diubah menjadi sinyal yang dapat dikenali oleh processor” Sebuah bola terletak didasar mouse, bola akan bergerak ketika akan menggeserkan mouse Dua buah roller berputar saat bola mose bergerak: roller pertama ke sumbu X dan kedua ke sumbu Y Ada sepasang piringan pada masing-masing roller, sehingga gerakan melingkar dapat diteksi oleh mouse Dengan adanya piringan, maka cahaya LED akan ditangkap secara terputus-putus oleh sensor infrared. Pulsa yang terputus-putus menadakan kecepatan geser mouse dan jarak penggeseran Terdapat Chip yang dapat mengubah pulsa LED menjadi data BINER Kekurangan; debu yang masuk agar selalu dibersihkan

Cara Kerja Mouse Optik.. Menggunakan LED sebagai pengganto bola mouse Cahaya LED akan dipantulkan ke permukaan alas sensor CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) Sensor mengirim gambaran ke permukaan DSP (Digital Signal Processor) DSP akan menganilisis gambar untuk menentukan jarak penggesearan mouse Berdasarkan data analisis; komputer akan menggeser posisi kursor mouse pada layar Kelebihan; tidak ada bgian yang harus bergerak; sehingga kemungkinan kegagalan putaran tidak ada.

Trackball berfungsi untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis, penggesaran dilkukan dengan memutar bola tarckball dengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki. Banyak diterapkan pada komputer laptop untuk menghemat tempat gerak

Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse, perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trackball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan demikian trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja.

Touchpad : Piranti yang berupa datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggerakkan tangan di atasnya. Untuk melakukan klik cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad tersebut. Alat ini banyak digunakan di komputer laptop

TouchScreen, Piranti penunjuk berupa monitor yang sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh gambar di layar secara langsung untuk mengatifkan perintah Layar sentuh dibungkus plastik, didalamnya terdapat sinar inframerah Lokasi Sinar Infra merah yang terputus oleh tekanan jari, akan memberi tahu komputer tentang lokasi perintah yang di kehendaki pemakai Hasil Output dimunculkan kembali pada touch screen Diterapkan; bandara, ATM, mesin penjualan tiket, penyedia informasi di kampus, toko, departement dll

Joystick: mengendalikan aplikasi permainan (game). Prinsip kerjanya sama dengan mouse Mempunyai Stick penggerak berupa tongkat kecil Light Pen Piranti penunjuk berupa pena dapat menghasilkan cahaya digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektrik) Dapat digunakan menunjuk langsung ke layar untuk melakukan pilihan perintah yang di kehendaki Pemanfaatan; Alat pengendali lalu lintas udara pada bandara, untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat; dengan cara menunjuk obyek tertentu yang muncul pada radar

Scanner Piranti yang dapat mengambil masukan data berupa gambar,foto,bahkan juga tulisan tangan Hasil diubah menjadi sinyal digital dan dapat disimpan dalam disk Dapat mengubah dalam bentuk format document Penemu scanner adalah Robert S. Ledley Ledley lahir di Newyork pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized transverse Axial (ACTA).

Cara kerja SCANNER Ketika menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah : Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, maka dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain.

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu : Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru. Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Jika membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.

Output Device ALAT OUTPUT PRINTER HARDCOPY PLOTTER COMPUTER OUTPUT TAPE DRIVE DISK DRIVE FLAT PANEL VIDEO DISPLAY DRIVE DEVICE SOFTCOPY HARDCOPY SPEAKER COMPUTER OUTPUT TO MICROFILM PLOTTER PRINTER ALAT OUTPUT

Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan, artinya komputer memproses data (input) menjadi informasi (output). Perangkat Output (output device) adalah semua komponen peranti keras yang menyampaikan informasi dari hasil pemrosesan.

Output yang dihasilkan dapat digolongkan menjadi empat bentuk : tulisan (huruf, angka, simbol khusus). image (dalam bentuk grafik atau gambar). Suara. dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Peralatan output dapat berupa: Hard-copy device : alat untuk mencetak tulisan dan image. pada media keras seperti kertas atau film. Soft-copy device, alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Drive device atau driver: alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input

Printer dan Plotter Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakan plotter.

Monitor Jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa signal elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil di layar monitor sbg hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Memiliki berbagai ukuran layar, berbagai tingkat resolusi (menentukan ketajaman gambar).

Astalavista….