Memori Internal
Lokasi CPU (register) Internal (main memori) External (secondary memori)
Hierarki Memori Register Internal/Main memory External memory Dalam CPU Internal/Main memory Bisa lebih dari satu level dengan adanya cache “RAM” External memory Penyimpan cadangan
Performance Access time Memory Cycle time Transfer Rate Waktu untuk melakukan operasi baca-tulis Memory Cycle time Diperlukan waktu tambahan untuk recovery sebelum akses berikutnya Access time + recovery Transfer Rate Kecepatan transfer data ke/dari unit memori
Jenis Fisik Semiconductor Magnetic Optical Others RAM Disk & Tape CD & DVD Others Bubble Hologram
Karakteristik Decay Volatility Erasable Power consumption Organisasi Susunan fisik bit-bit untuk membentuk word
Kendala Rancangan Berapa banyak? Seberapa cepat? Berapa mahal? Capacity Seberapa cepat? Time is money Berapa mahal?
Hierarki Registers L1 Cache L2 Cache Main memory Disk cache Disk Optical Tape
Memori Semiconductor RAM Penamaan yang salah karena semua memori semiconductor adalah random access (termasuk ROM) Read/Write Volatile Penyimpan sementara Static atau dynamic
Dynamic RAM Bit tersimpan berupa muatan dalam capacitor Muatan dapat bocor Perlu di-refresh Konstruksi sederhana Ukuran per bit nya kecil Murah Perlu refresh-circuits Lambat Main memory
Static RAM Bit disimpan sebagai switches on/off Tidk ada kebocoran Tdk perlu refreshing Konstruksi lebih complex Ukuran per bit lebih besar Lebih mahal Tidak memerlukan refresh-circuits Lebih cepat Cache
Ingin Komputer yg Cepat? Komputer hanya menggunakan static RAM Akan sangat cepat Tidak diperlukan cache Apa perlu cache untuk cache? Harga menjadi sangat mahal
Read Only Memory (ROM) Menyimpan secara permanen Untuk Microprogramming Library subroutines Systems programs (BIOS) Function tables
Jenis ROM Ditulisi pada saat dibuat Programmable (once) Read “mostly” Sangat mahal Programmable (once) PROM Diperlukan peralatan khusus untuk memprogram Read “mostly” Erasable Programmable (EPROM) Dihapus dg sinar UV Electrically Erasable (EEPROM) Perlu waktu lebih lama untuk menulisi Flash memory Menghapus seleuruh memori secara electris
Memori External
Jenis Memori External Magnetic Disk Optical Magnetic Tape RAID Removable Optical CD-ROM CD-Writable (WORM) CD-R/W DVD Magnetic Tape
Magnetic Disk Metal atau plastic dilapisi dg material yg bersifat magnet (iron oxide) Jenis kemasan Floppy Winchester hard disk Removable hard disk
Format dan Organisasi Data Lingkaran konsentris atau track Ada Gap antar track Gap sempit, kapasitas bertambah Jumlah bit per track sama (kerapatan bervariasi) Kecepatan putar tetap Track dibagi menjadi beberapa sector Ukuran minimum block adalah satu sector Satu block bisa berisi lebih dari satu sector
Fixed/Movable Head Disk Fixed head Ada satu head (r/w) per track Head diletakkan pada tangkai yg tetap Movable head Hanya ada satu head per side Diletakkan pada tangkai yg dpt bergerak
Removable / Nonremovable Removable disk Dapat dilepas dari drive dan diganti dg disk lain Memberikan kapasitas simpanan yg tak terbatas Mudah melakukan transfer data antar sistem Nonremovable disk Terpasanang permanen dalam drive
Floppy Disk 8”, 5.25”, 3.5” Kapasitas kecil Lambat Umum dipakai Murah sampai 1.44Mbyte (ada yg 2.88M) Lambat Umum dipakai Murah
Winchester Hard Disk (1) Dikembangkan oleh IBM di Winchester (USA) Dikemas dalam satu unit Berisi satu cakram atau lebih Head sangat kecil Handal
Winchester Hard Disk (2) Umum digunakan Murah Sbg external storage yg sangat cepat Kapasitas semakin besar Dalam orde GB
Removable Hard Disk ZIP JAZ L-120 (a: drive) Murah Banyak digunakan 100MB JAZ Mahal 1G L-120 (a: drive) Juga dpt untuk membaca 3.5” floppy
Pencarian Sector Harus dapat mengenali awal suatu track dan sector Format disk Menambahkan informasi tambahan Memberi tanda awal track dan sector
Karakteristik Fixed head atau movable head Removable disk atau fixed disk Single side atau double side Single platter atau multiple platter Mekanisme head Contact (Floppy) Fixed gap Flying (Winchester)
Multiple Platter Satu head per side Semua head di-join dan di-align Track-track yg setiap platter membentuk cylinder Data dipecah berdasarkan cylinder Mengurangi gerakan head Meningkatkan kecepatan (transfer rate)
Kecepatan Seek time (Rotational) latency Access time = Seek + Latency gerakan head ke track yg dituju (Rotational) latency Putar platter sampai posisi data dibawah head Access time = Seek + Latency Transfer rate