Pemrograman Berorientasi Objek 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
Advertisements

Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Obyek
Modul 6: Abstract Class, abstract method
OOP Java 04 Array & String.
Java array.
Method.
String Yuliana Setiowati.
Advanced Class Features 1 Pertemuan 10 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Class String dan StringBuffer
MINGGU 3 Java Programming (MKB614C)
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
07 Advanced Class Features
Bekerja dengan Java class library
Algoritma & Pemrograman 1
Method, Array dan String
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA
Struktur Data List Linear : Linked List (Single Linkedlist)
Algoritma & Pemrograman 1
Manipulasi String dengan Kelas String dan StringBuffer
Basic Class Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 3 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Algoritm Math.
03 Elemen Dasar Bahasa Java
Try, Catch, Finally Throws
Operasi Teks, String, Stream & Baca Tulis File dengan Java
Java array.
String & Penanganan Pertemuan Ke-6.
Reference Data Type (Class)
Input/output dan Kelas File
Modul 6: Abstract Class, abstract method
JAVA ARRAY.
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
S. Indriani Lestariningati, M.T
Java array.
Pertemuan 5 Tipe Data, Operator, Tata Bahasa
Input/output dan Kelas File
Java array.
Kelas-kelas Dasar di Java
Pengenalan dan Struktur Java (Deklarasi dan Inisialisasi Variabel)
KELAS STRING DAN INNER CLASS
STRING Pertemuan 8.
Pemrograman berorientasi Objek
JAVA FUNDAMENTAL Dhea Raniasti.
Java array.
KELAS STRING DAN INNER CLASS
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Review Materi Java Fundamental
Pemrograman Berorientasi Objek
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pertemuan 16 Review materi.
Java array.
Dasar Bahasa Java.
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
Modul 6: Abstract Class, abstract method
Java array.
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Java array.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientasi Objek 1 KELAS-KELAS DASAR

KELAS-KELAS DASAR kelas String, kelas String Buffer, kelas math, Pemrograman Berorientasi Objek 1 KELAS-KELAS DASAR kelas String, kelas String Buffer, kelas math, kelas character, kelas number, dan lain-lain.

KELAS-KELAS DASAR Di java suatu string adalah objek Pemrograman Berorientasi Objek 1 KELAS-KELAS DASAR Di java suatu string adalah objek Ada dua kelas string : kelas String kelas StringBuffer

Kelas String 7 cara untuk membuat objek String : String(); // cara1 Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas String 7 cara untuk membuat objek String : String(); // cara1 String(String value); // cara2 String(char value[]); // cara3 String(byte ascii[], int hibyte); // cara4 String(char value[], int offset, int count); // cara5 String(byte ascii[], int hibyte, int offset, int count); //cara6 String(StringBuffer buffer); // cara7

Kelas String Ada 33 method yang digunakan untuk melakukan Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas String Ada 33 method yang digunakan untuk melakukan 8 macam operasi pada kelas String, yaitu : int length; char charAt(int index); boolean startsWith(String prefix); boolean startsWith(String prefix, int tooffset); boolean endsWith(String suffix); int indexOf(int i); int indexOf(int i, int fromIndex); int indexOf(String str); int indexOf(String str, int fromIndex); int lastIndexOf(int i);

Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas String 11. int lastIndexOf(int i, int fromIndex); 12. int lastIndexOf(String str); 13. int lastIndexOf(String str, int fromIndex); 14. String substring(int beginIndex); 15. String substring(int beginIndex, int endIndex); 16. boolean equels(Object anObject); 17. boolean equelsIgnoreCase(String aString); 18. int compareTo(String str); 19. int compareTo(Object anObject); 20. String concat(String s);

Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas String 21. String replace(char oldChar, char newChar); 22. String trim(); 23. String toLowerCase(); 24. String toUpperCase(); 25. static String valueOf(Object anObject); 26. static String valueOf(char ch[]); 27. static String valueOf(char ch[], int offset, int count); 28. static String valueOf(boolean b); 29. static String valueOf(char ch); 30. static String valueOf(int i);

Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas String 31. static String valueOf(long l); 32. static String valueOf(float f); 33. static String valueOf(double d);

Kelas String Ada 8 operasi pada kelas String, yaitu : Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas String Ada 8 operasi pada kelas String, yaitu : Membuat dan menginisialisasi String Membaca character dalam String Membandingkan dua String Mengubah character kecil menjadi capital Concatenation dua String Mencari character dan substring Mengambil suatu substring Menggantikan suatu character dalam String

Kelas Math dan Kelas StrictMath Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas Math dan Kelas StrictMath Kelas Math berisi sekumpulan method dan konstanta matematika. kelas StrinctMath yang berisi sekumpulan methodmatematika yang lengkap (lebih lengkap darikelas Math).

Method-method di kelas Math : Pemrograman Berorientasi Objek 1 Method-method di kelas Math : static double toRadians(double sudut); static double toDegrees(double sudut); static double sin(double d); static double cos(double d); static double tan(double d); static double asin(double d); static double acos(double d); static double atan(double d); static double exp(double d); // e pangkat d static double log(double d); // ln(d); static double sqrt(double d); //static double pow(double a, double b); // a pangkat b static double ceil(double d); // pembulatan ke atas static double floor(double d); //pembulatan ke bawah static int round(float f); // pembulatan biasa static long round(double d); // pembulatan biasa static double rint(double d); // pembulatan ke int terdekat static double atan2(double a, double b); //cartesius ke polar

Method-method di kelas Math : Pemrograman Berorientasi Objek 1 Method-method di kelas Math : static synchronized double random(); static int abs(int i); static long abs(long l); static float abs(float f); static double abs(double d); static int min(int a, int b); static long min(long a, long b); static float min(float a, float b); static double min(double a, double b); static int max(int a, int b); static long max(long a, long b); static float max(float a, float b); static double max(double a, double b); Math.E=2.7…; Math.PI=3.14…;

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Sembilan tipe data dasar (boolean, byte, char, double, float, int, long, short, void) di java tidak diimplementasikan sebagai kelas. Tipe data tsb hanya dilewatkan sebagai parameter ke suatu method dgn cara pass by value dan tidak bisa dgn cara pass by reference. Kelas wrapper bertindak sebagai versi kelas dari tipe data dasar, yang namanya serupa namun diawali huruf kapital. Kelas ini membungkus tipe data primitif agar mereka dapat digunakan sebagaimana layaknya objek biasa.

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper kelas tipe data wrapper di java ada 10 : Boolean Byte Character Double Float Integer Long Number Short Void

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Kelas Number Kelas ini bersifat abstract serta mendefinisikan super kelas yang diimplementasikan oleh kelas-kelas yang membungkus tipe data dasar (6 subclass). Method-method dari kelas Number : byte byteValue(); double doubleValue(); float floatValue(); int intValue(); long longValue(); short shortValue();

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Kelas Boolean Kelas ini membungkus tipe data dasar Boolean. Memiliki dua constructor : Boolean(Boolean boolValue); Boolean(String boolString); Method-method di kelas ini adalah : boolean booleanValue(); boolean equels(Object boolObj); static boolean getBoolean(String propertyName); int hashCode(); String toString(); Static boolean valueOf(String boolString);

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Kelas Character Kelas ini membungkus tipe data dasar dan memiliki beberapa method : static int digit(char ch, int radix);

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Kelas Byte, Short, Integer, dan Long Method-method di kelas Byte adalah : byte byteValue(); int compareTo(Byte b); int compareTo(Object obj); dll. Method-method di kelas Short : int compareTo(Short sh); dll. Method-method di kelas Integer : int compareTo(Integer i); dll. Method-method di kelas Long adalah : int compareTo(Long obj); int compareTo(Object obj);

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Kelas Float dan Double Method-method di kelas Float : byte byteValue(); int compareTo(Float f); double doubleValue(); dll. Method-method di kelas Double : int compareTo(Double d); int compareTo(Object obj);

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Kelas Float memiliki beberapa attribut yang bersifat final dan static (konstanta) Nama Konstanta Deskripsi MINVALUE Nilai terkecil objek Float MAXVALUE Nilai terbesar objek Float NEGATIVE_INFINITY Angka tak berhingga negatif POSITIVE_INFINITY Angka tak berhingga positif NaN Kondisi bukan angka

Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Pemrograman Berorientasi Objek 1 Kelas-Kelas Tipe Data Wrapper Contoh penggunaan : Byte num1 = new Byte(“100”); Short num2 = new Short(“100”); Integer num3 = new Integer(100); Long num4 = new Long(100);

STRING

PENGERTIAN STRING Obyek yang terdiri atas deretan karakter Tidak perlu ditentukan jumlah karakternya Inisialisasi : Langsung tanpa kata kunci new Langsung dengan kata kunci new

class TestStr1 { public static void main (String argv[]) { String s1; s1=”Halo”; String s2; s2= new String(”Ini juga bisa”); String s3 = ”Halo, apa khabar?”; System.out.println(s3); System.out.println(s1); System.out.println(s2); s1 = s1 + ”, apa khabar?”; //konkatenasi string }

String null & String kosong (tidak sama) String s1; s1 = null; belum mempunyai alokasi memori untuk penempatan obyek tsb. String s2; s2 = ””; String kosong (empty string) adalah String yg sudah diinisialisasi, namun tdk punya karakter apapun.

Contoh beberapa metoda pada class String int length()  panjang dari string tsb char charAt(int index)  karakter pada posisi index di string tsb public class Caristr { public static void main(String argv[]) { String str = "Ini adalah # String yang diproses"; boolean found = false; int i; for (i = 0; i < str.length(); i++) if (str.charAt(i) == '#') { found = true; break; } if (found) System.out.println("Posisi # ada pada huruf ke " + i);

String str = ”Ini adalah # String” ; int I = str.indexOf(’#’); int indexOf(char ch)  posisi index pada String dimana karakter ch tsb ditemukan int indexOf(String s)  posisi index pada String dimana String s ditemukan String str = ”Ini adalah # String” ; int I = str.indexOf(’#’); System.out.println(”Posisi=” + i); int I = str.indexOf(”adalah”);

Membandingkan String String s1=”xxx”; String s2=”yyy”; s1 == s2 s1.equals(s2) atau s2.equals(s1) Membandingkan obyek Membandingkan string public class Compare { public static void main(String argv[]) { String tabel[] = {"amir", "bambang", "hasan"}; String nama = "amir"; for (int i = 0; i < tabel.length; i++) { if (tabel[i].equals(nama)) { System.out.println(nama + " terdaftar dalam tabel!"); break; }

Modifikasi String h a l o h a l o b a r u String adalah obyek yang bersifat “read only”, artinya tidak dapat diganti isinya. s String s = ”hallo”; s = ”baru”; h a l o s h a l o b a r u Disini isi String s diganti dengan String baru, sedangkan nilai String yang lama tetap berada pada memori, untuk kemudian akan diproses oleh garbage collector secara internal.

Metoda untuk mengambil isi String : String substring(int offset) String substring(int offset, int endIndex) public class SubStr { public static void main(String argv[]) { String s = "Kalimat ini akan disalin kemudian"; String s1 = s.substring(5); String s2 = s.substring(8, 25); System.out.println("S1 = " + s1); System.out.println("S2 = " + s2); }

Konstruktor String String dapat juga diciptakan melalui inisialisasi karakter array. public class Strkonstruktor { public static void main(String argv[]) { char c_arr[] = {'h', 'a', 'l', 'o'}; String s1 = new String(c_arr); String s2 = new String(c_arr, 2, 2); System.out.println("c_arr = " + c_arr); System.out.println("s1 = " + s1); System.out.println("s2 = " + s2); }

StringBuffer Karena class String adalah bersifat read-only, maka class StringBuffer digunakan untuk menampung byte yang dapat diubah isinya. Konstruktor : StringBuffer(int n) menciptakan Stringbuffer dengan array sebanyak n bytes Metoda : append()  menambah karakter pada stringBuffer insert()  menyelipkan potongan string pada sebuah String

public class StrBuf { public static void main(String argv[]) { String str = "Ini String Original"; int len = str.length(); StringBuffer strBuf = new StringBuffer(len); char ch; for (int i = (len-1); i >= 0; i--) { ch = str.charAt(i); strBuf.append(ch); } System.out.println(strBuf);

Menyelipkan Teks public class Insert { public static void main(String argv[]) { StringBuffer str = new StringBuffer("Minum Panas"); str.insert(6, "Kopi "); System.out.println(str); }

Command Line Processor CLP adalah program yg menerima input dari keyboard Untuk membaca input dari keyboard dperlukan BufferedReader. Pertama definisikan dahulu obyek yg berasal dari System.in (keyboard) yg merupakan class dari InputStream. Agar dapat menggunakan metoda readLine() yg memberikan nilai balik String, obyek tsb perlu dibungkus dgn BufferedReader.

public class CLP { public static void main(String argv[]) { String command = ""; java.io.InputStreamReader isr = new java.io.InputStreamReader(System.in); java.io.BufferedReader buf = new java.io.BufferedReader(isr); System.out.println("input : "); try { command = buf.readLine(); } catch (java.io.IOException ex) { System.out.println("Error"); System.out.println("Yang dibaca : " + command);