BAB III DEFINISI KOMPUTER KOMPUTER BERASAL DARI BAHASA ASING “TO COMPUTE” ARTINYA HITUNG. KOMPUTER MEMEGANG PERANAN PENTING DALAM SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK, MAKA KOMPUTER JUGA DISEBUT SEBAGAI ALAT PENGOLAHAN DATA ORKOM-3
BERIKUT INI BEBERAPA DEFINISI KOMPUTER : KOMPUTER MENURUT ROBERT H. BLISSMER : MENERIMA INPUT MEMPROSES INPUT TADI SESUAI DENGAN PROGRAMNNYA. MENYIMPAN PERINTAH – PERINTAH DAN HASIL DARI PENGOLAHAN. MENYEDIAKAN OUTPUT DALAM BENTUK INFORMASI. ORKOM-3
MENURUT DONALD H. SANDERS : SISTEM ELEKTRONIK UNTUK MEMANIPULASI DATA YANG CEPAT DAN TEPAT SERTA DIRANCANG UNTUK DIORGANISASIKAN AGAR SECARA OTOMATIS MENERIMA DAN MENYIMPAN DATA INPUT, MEMPROSESNYA, DAN MENGHASILKAN OUTPUT DIBAWAH PENGAWASAN SUATU LANGKAH- LANGKAH INSTRUKSI PROGRAM YG TERSIMPAN DI MEMORI (STORED PROGRAM) ORKOM-3
DAPAT DISIMPULKAN BAHWA KOMPUTER: ALAT ELEKTRONIK DAPAT MENERIMA INPUT DATA DAPAT MENGOLAH INPUT DATA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI MENGGUNAKAN SUATU PROGRAM YANG TERSIMPAN DI MEMORI KOMPUTER. DAPAT MENYIMPAN PROGRAM DAN HASIL PENGOLAHAN BEKERJA SECARA OTOMATIS. ORKOM-3
PROGRAM ADALAH KUMPULAN DARI INSTRUKSI ATAU PERINTAH YANG TERPERINCI YANG TELAH DIPERSIAPKAN AGAR KOMPUTER DAPAT MELAKUKAN FUNGSINYA DENGAN CARA YANG SUDAH TERTENTU. CONTOH : INPUT A = INPUT B = C = A + B PRINT C ORKOM-3
AGAR KOMPUTER DAPAT UNTUK MENGOLAH DATA, MAKA HARUS HARUS BERBENTUK SUATU SISTEM KOMPUTER (COMPUTER SYSTEM). ORKOM-3
SISTEM KOMPUTER ADALAH JARINGAN DARIPADA ELEMEN – ELEMEN YANG SALING BERHUBUNGAN DAN MEMBENTUK SATU KESATUAN YANG BEKERJA SECARA OTOMATIS DALAM MELAKUKAN PENGOLAHAN DATA UNTUK MELAKSANAKAN SUATU TUJUAN POKOK YAITU MENGHASILKAN SUATU KELUARAN DALAM BENTUK INFORMASI YANG DIINGINKAN. ORKOM-3
ELEMEN –ELEMEN SISTEM KOPUTER : HARDWARE (PERANGKAT KERAS / PIRANTI KERAS) ADALAH PERALATAN KOMPUTER YANG SECARA PHISIK TERLIHAT DAN DAPAT DIJAWAH. CONTOH : ORKOM-3
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK PIRANTI LUNAK) ADALAH PROGRAM YANG BERISI PERINTAH-PERINTAH UNTUK MELAKUKAN PENGOLAHAN DATA. CONTOH : ORKOM-3
BRAINWARE ADALAH MANUSIA YANG TERLIBAT DI DALAM MENGOPERASIKAN SERTA MENGATUR SISTEM KOMPUTER. CONTOH : SISTEM ANALIS PROGRAMER OPERATOR ORKOM-3
ORGANISASI DAN ARSITEKTUR ARSITEKTUR KOMPUTER BERKAITAN DENGAN ATRIBUT-ATRIBUT YANG MEMILIKI DAMPAK LANGSUNG PADA EKSEKUSI LOGIS SEBUAH PROGRAM. ORGANISASI KOMPUTER BERKAITAN DENGAN UNIT-UNIT OPERASIONAL DAN INTERKONEKSINYA YANG MEREALISASIKAN SPESIFIKASI ARSITEKTURAL. ORKOM-3
CONTOH : ARSITEKTURAL : SET INSTRUKSI , JUMLAH BIT YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMPRESENTASIKAN BERMACAM JENIS DATA (MISALNYA : NUMERIC,KARAKTER), MEKANISME I/O DAN TEKNIK – TEKNIK PENGALAMATAN. ORKOM-3
ORGANISASI : RINCINAN HARDWARE YANG DAPAT DIKETAHUI OLEH PEMOGRAM, SEPERTI SIGNAL-SIGNAL KONTROL, INTERFACE KOMPUTER DAN PERIPHERAL, DAN TEKNOLOGI MEMORI YANG DIGUNAKAN. ORKOM-3
SEBAGAI CONTOH : APAKAH SUATU KOMPUTER PERLU MEMILIKI INSTRUKSI PERKALIAN ? MERUPAKAN MASALAH RANCANGAN ARSITEKTURAL. APAKAH INSTRUKSI TERSEBUT AKAN DIIMPLEMENTASIKAN OLEH UNIT PERKALIAN KHUSUS ATAU OLEH SEBUAH MEKANISME YANG MEMAKAI PENGULANGAN UNIT PENAMBAH ? MERUPAKAN MASALAH ORGANISASI ORKOM-3