SELECTION (STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
Advertisements

[Kristanto:2009] perintah if berguna untuk memilih satu dari 2 atau lebih alternatif jawaban yang tersedia. Jika perintah if tersebut terdiri dari 2 atau.
Dasar Pemrograman Komputer
Praktikum Bahasa C Struktur Kendali.
PEMROGRAMAN PASCAL STATEMEN KENDALI.
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
Macam Statement As’ad Djamalilleil
Selection (pemilihan) As’ad Djamalilleil
Bab 4 Percabangan.
Pertemuan 7 Struktur Kendali Percabangan SWITCH Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Kondisi dan Pengulangan Sparisoma Viridi dan Suprijadi 1.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI.
Dasar Pemrograman MODUL 06 PERCABANGAN.
Algoritma dan Struktur Data
Ema Maliachi,S.Kom Percabangan Pertemuan ke-5.  Untuk membuat suatu halaman yang dinamis dan interaktif, perancang halaman Web membutuhkan perintah-perintah.
LOOPING (PERULANGAN)
STRUKTUR KENDALI PROSES
POINTER
LOOPING (PERULANGAN)
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
Struktur Kontrol: Keputusan
By; NILA FEBY PUSPITASARI
STRUKTUR KENDALI PROSES
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
Kontrol Program Armadyah Amborowati.
Flow Control Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PILIHAN Pertemuan V
Nested If = if bersarang = if bertingkat Operator logika
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Struktur Kendali Percabangan pada C
KONSTANTA dan OPERATOR
PERCABANGAN/PEMILIHAN
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
Struktur Kendali dan Repetisi
Jawaban ujian MID. #include int pil; char tny; main(){ menu: cout
Pertemuan 6 IF Bersarang / IF Bertingkat Nested IF Dasar Pemrograman.
Percabangan Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
Teknik Pemrog. Terstuktur 2
STRUKTUR PERULANGAN 2 (LOOPING-2)
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI LANJUTAN…….
OPERATOR LOGIKA.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Struktur Kontrol Keputusan
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
Transfer of control (pemindahan langkah)
Statement Control (if dan switch)
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
PERCABANGAN.
Aliran Kendali (Flow Control)
Bifurcation & Lompatan Instruksi
Proses Percabangan Bersyarat
Bifurcation & Lompatan Instruksi
As’ad Djamalilleil Macam Statement As’ad Djamalilleil
Pengantar Pemrograman
Struktur Kontrol #1 Keputusan
Struktur Kendali Percabangan pada C
SELEKSI ALGORITMA & STRUKTUR DATA I PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
Akademi Komunitas Negeri Lamongan
Kondisi IF.
Penggunaan Decission (keputusan ) pada C
:. OPERASI LOGIKA DALAM C++ DENGAN MENGGUNAKAN OPERASI PERCABANGAN IF ELSE.
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
PERCABANGAN.
Struktur Kendali MINGGU KE-2.
Transcript presentasi:

SELECTION (STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN) Part 4 SELECTION (STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN) yuli_dev@yahoo.com

Selection Statemen kendali digunakan untuk mengambil suatu keputusan atau memilih bagian program yang akan dikerjakan sesuai dengan kondisi atau syarat yang diberikan. ATAU Percabangan yaitu suatu pemilihan statemen yang akan dieksekusi dimana pemilihan tersebut didasarkan atas kondisi tertentu.

Statemen-statemen di atas memerlukan suatu kondisi atau syarat sebagai dasar pengambilan keputusan. Salah satu kondisi yang umum digunakan adalah berupa keadaan benar atau salah (true or false). Bahasa C menyediakan beberapa statemen kendali, seperti: Statemen if Statemen if-else, dan Statemen switch

IF Struktur satu kondisi Struktur ini merupakan struktur yang paling sederhana karena hanya melibatkan satu buah ekspresi yang akan diperiksa. Jika kondisi salah, tidak akan mengerjakan apapun didalam instruksi IF (langsung menuju ke instruksi berikutnya).

Strukturnya yaitu : //jika hanya terdiri satu statemen if (kondisi) statemen //jika terdapat lebih dari satu statemen if (kondisi) { statemen1; statemen2; ….. }

Contoh : #include<iostream.h> #include<conio.h> main(){ int nilai; cout<<”Masukkan Nilai = ”;cin>>nilai; if (nilai>0) cout<<”Angkanya adalah bilangan positif”; getch();}

Struktur dua kondisi Struktur percabangan jenis ini sedikit lebih kompleks bila dibandingkan dengan struktur yang hanya memiliki satu buah kondisi. Strukturnya yaitu : if (kondisi) { statemen_jika_kondisi_terpenuhi; } else { statemen_jika_kondisi_tidak_terpenuhi; }

Dalam menuliskan kondisi/syarat selalu digunakan operator relasional sebagai sarana untuk melakukan proses pengecekan : Operator Arti > Lebih besar < Lebih kecil = = Sama dengan >= Lebih atau sama <= Kurang atau sama != Tidak sama dengan

Contoh : #include<iostream.h> #include<conio.h> main(){ int nilai; cout<<"Masukkan Nilai = “;cin>>nilai; if (nilai % 2 == 0) cout<<“adalah bilangan genap"; else cout<<“adalah bilangan ganjil"; getch();}

Struktur tiga kondisi Percabangan jenis ini merupakan perluasan dari struktur percabangan dengan satu dan dua kondisi. Strukturnya yaitu : if (kondisi_1) {statemen_jika_kondisi_1_terpenuhi;} else if (kondisi_2) {statemen_jika_kondisi_2_terpenuhi;} else if (kondisi_3) {statemen_jika_kondisi_3_terpenuhi;} else {statemen_jika_semua_kondisi_diatas_tdk_terpenuhi;}

Contoh : #include<iostream.h> #include<conio.h> main(){ int bil; cout<<“Input angka yg akan dicek “;cin>>bil; if (bil > 0) {cout<<bil<<" adalah bilangan Positif“;} else if (bil < 0) {cout<<bil<<" adalah bilangan Negatif“;} else {cout<<"Anda mengInputkan bilangan Nol“;} getch();}

SWITCH Selain menggunakan struktur if, C++ juga mempunyai percabangan dengan menggunakan switch. Bentuk umum struktur percabangan switch yaitu :

switch (ekspresi) { case nilai_konstanta1 : statemen(pernyataan); break; case nilai_konstanta2 : ……. default : statemen(pernyataan)_alternatif; }

Contoh: #include <iostream.h> #include <conio.h> main() { int a; cout<<"Masukkan bilangan:“;cin>>a; switch (a){ case 1 : cout<<"Hari ke "<<a<<“:Minggu"; break;

case 2 : cout<<"Hari ke "<<a<<" : Senin"; break; case 3 : cout<<"Hari ke "<<a<<" : Selasa"; case 4 : cout<<"Hari ke "<<a<<" : Rabu";

case 5 : cout<<"Hari ke "<<a<<" : Kamis"; break; case 6 : cout<<"Hari ke "<<a<<" : Jum'at"; case 7 : cout<<"Hari ke "<<a<<" : Sabtu";

default : cout<<"Tidak terdapat hari ke"<<a; } getch();}