PROSES Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Proses-proses Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Proses Perangkat Lunak
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pengembangan PL Ahmat Adil.
Proses Perangkat Lunak
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
BAB I DASAR – DASAR TEKNIK PERANGKAT LUNAK
Pengembangan dan Perancangan Perangkat Lunak
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Perancangan Perangkat Lunak
Proses Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Testing dan Implementasi Sistem
PENGUJIAN DENGAN SIKLUS HIDUP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Perangkat Lunak
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROCESS MODELS.
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
ERP (Enterprise Resource Planning)
Managing Software Requirement 3
Spesifikasi Perangkat Lunak
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
PriNciples That Guide Practice
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
Rekayasa Perangkat Lunak
Implementasi Sistem Akuntansi
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pengembangan Sistem Pertemuan 3.
PENGEMBANGAN SISTEM.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
RPL.
Analisa Perancangan Sistem
PENGEMBANGAN SISTEM.
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus hidup pengembangan sistem
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Kuliah : APSI Oleh : Iwan Abadi, Ir., M.M.
PRAKTEK RPL.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

PROSES Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak Kita telah menetapkan ranah permasalahan - perangkat lunak berskala industri Selain menghasilkan perangkat lunak, biaya, mutu, dan jadwal juga merupakan penggerak pengembangan RPL didefinisikan sebagai pendekatan sistematis untuk pengembangan perangkat lunak (berskala industri)

Proses, Orang, Teknologi M & P (mutu & prooduktivitas) adalah tujuan yang penting M & P tergantung pada orang, proses, dan teknologi Proses membantu orang menjadi lebih produktif dan membuat kesalahan lebih sedikit Alat membantu orang menjalankan beberapa tugas dalam proses lebih efisien dan efektif Jadi, proses membentuk inti

Proses Perangkat Lunak Proses berbeda dari produk - produk hasil dari melaksanakan proses pada proyek RPL berfokus pada proses Dasarnya: proses yang tepat akan membantu mencapai tujuan proyek dengan M&P yang tinggi

Masalah Pengembangan Perangkat Lunak

Proyek dan Proses Sebuah proyek perangkat lunak adalah salah satu contoh dari masalah pengembangan Proses Pengembangan membawa proyek dari kebutuhan pengguna ke perangkat lunak Ada tujuan-tujuan lain yaitu jadwal, biaya, dan mutu, selain menghasilkan perangkat lunak Butuh proses lainnya

Proses Perangkat Lunak ... Proses: Urutan langkah-langkah dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu Proses Perangkat Lunak: Urutan langkah-langkah yang dilakukan untuk memproduksi perangkat lunak dengan mutu yang tinggi, dalam anggaran dan jadwal tertentu Banyak jenis kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yg berbeda dalam sebuah proyek perangkat lunak Lebih baik untuk melihat proses PL sebagai proses yang terdiri dari banyak komponen

Komponen Perangkat Lunak Proses Dua proses utama Pengembangan - berfokus pada pengembangan dan langkah-langkah mutu yang diperlukan untuk rekayasawan perangkat lunak Manajemen Proyek - berfokus pada perencanaan dan pengendalian proses pengembangan Proses pengembangan merupakan jantung dari proses perangkat lunak; proses-proses lain berada di sekitarnya Ini dijalankan oleh orang yang berbeda pengembang mengeksekusi proses rekayasa manajer proyek mengeksekusi proses manajemen

Komponen Proses ... Proses lain Proses manajemen konfigurasi: mengelola evolusi artefak Proses manajemen perubahan: bagaimana perubahan yang dimasukkan Proses manajemen proses: manajemen proses itu sendiri Proses Inspeksi: Bagaimana inspeksi dilakukan pada artefak

Proses Spesifikasi Proses umumnya satu set fase Setiap fase melakukan tugas yang didefinisikan dengan baik dan umumnya menghasilkan keluaran Keluaran antara - produk kerja Pada tingkat atas, biasanya beberapa fase dalam proses Cara melakukan fase tertentu – menggunakan metodologi

Spesifikasi ETVX Pendekatan ETVX untuk menentukan langkah Kriteria masuk: kondisi apa yang harus dipenuhi untuk memulai fase ini Tugas: apa yang harus dilakukan dalam fase ini Verifikasi: pemeriksaan dilakukan pada keluaran dari tahap ini Kriteria keluar: kapan bisa fase ini dianggap diselesaikan dengan sukses Suatu fase juga menghasilkan informasi untuk manajemen

Pendekatan ETVX

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Proses dimana persoalan/kebutuhan pemakai diterjemahkan menjadi produk perangkat lunak melalui suatu rangkaian aktivitas tertentu sesuai model proses, metodologi, dan alat bantu yang digunakan. Mewakili persoalan yang akan dibantu komputer Produk yang dihasilkan sebagai solusi persoalan Proses yang dilaksanakan dengan urut-urutan aktivitas tertentu

Proyek Perangkat Lunak Proyek - untuk membangun sebuah sistem PL dalam biaya dan jadwal dan dengan mutu tinggi yang memuaskan pelanggan Proses yang cocok diperlukan untuk mencapai tujuan Proses seharusnya tidak hanya membantu menghasilkan perangkat lunak tetapi membantu mencapai M&P yang tertinggi

Proses Proyek dan Model Proses Proses proyek yang harus diikuti ditentukan dalam perencanaan Sebuah model proses menentukan proses umum yang optimal untuk suatu kelas masalah Sebuah proyek dapat memilih proses dengan menggunakan salah satu model proses

Proses Pengembangan Satu set fase dan setiap fase berupa urutan langkah Urutan langkah-langkah untuk fase - fase adalah metodologi untuk itu Mengapa memiliki fase-fase: Untuk menggunakan pendekatan ‘bagi-bagi dan taklukkan’ setiap fase menangani bagian yang berbeda dari masalah membantu dalam validasi berkelanjutan

Proses Pengembangan Umumnya memiliki kegiatan: analisis kebutuhan, arsitektur, perancangan, pemrograman, pengujian, penyerahan Model yang berbeda melakukan fase-fase tersebut dengan cara yang berbeda

Model Proses Sebuah model proses menentukan proses umum, biasanya sebagai satu set dari tahap-tahap pekerjaan. Model ini akan cocok untuk kelas proyek tertentu Jadi, model menyediakan struktur generik dari proses yang dapat diikuti oleh beberapa proyek untuk mencapai tujuannya

ALAT BANTU PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Konvensional Tahap Pengembangan Alat Bantu Analisis Flowmap Perancangan System Flowchart, Program Flowchart Implementasi Bahasa pemrograman Fungsi Tahap Pengembangan Alat Bantu Analisis DFD, DD, p-spec, ERD Perancangan Structure chart, pseudo-code Implementasi Bahasa pemrograman prosedural Objek Tahap Pengembangan Alat Bantu Analisis dan Perancangan UML Implementasi/Pemrograman Bahasa pemrograman objek

AKTIVITAS PENGEMBANGAN (1) Analisis dan pemodelan persoalan Analisis (pemahaman) persoalan Pemodelan persoalan Analisis dan perancangan sistem (jika sistem belum ada/belum dibuat) Pembuatan perangkat lunak: Analisis Kebutuhan Perancangan Konstruksi / Implementasi / Coding Pengujian Deployment

AKTIVITAS PENGEMBANGAN (2) Layer Aktivitas Pelaksana Persoalan Analisis Persoalan Subject Matter Analyst, System Analyst Pemodelan Persoalan Sistem Analisis Sistem System Analyst, DBA, Network Engineer Perancangan Sistem Perangkat Lunak Analisis Kebutuhan System Analyst, Software Architect Perancangan Implementasi Programmer Pengujian Software Tester Deployment Deployment Team

Tahapan-tahapan dalam siklus klasik : Analisis dan rekayasa sistem : perangkat lunak merupakan bagian dari sebuah sistem, untuk mendapatkan gambaran yang meluas pada aras sistem. Analisis persyaratan : fokus lebih terarah ke perangkat lunak, berusaha mengetahui aspek 'what', melibatkan pemakai dan pengembang. Perancangan : menerjemahkan persyaratan menjadi suatu bentuk representasi yang dapat dievaluasi kualitasnya sebelum coding dilakukan. Coding (penulisan program) : penerjemahan rancangan ke dalam bentuk yang dapat dimengerti komputer, menggunakan bahasa pemrograman teretentu. Pengujian : berfokus pada rincian logikal dari perangkat lunak, bertujuan mengungkap dan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang ada sehingga perangkat lunak bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Pemeliharaan : meliputi kegiatan-kegiatan koreksi kesalahan dan penyesuaian perangkat lunak terhadap perubahan lingkungannya.

ALAT BANTU Perangkat bantu atau kakas otomatis dan semi-otomatis yang akan digunakan untuk mendukung proses dan metode. Bentuk-bentuk alat bantu pengembangan: Diagram-diagram untuk memodelkan hasil setiap tahap pengembangan. Perangkat lunak untuk membantu pelaksanaan analisis, perancangan, pembuatan program, atau pengelolaan proyek. Bahasa pemrograman untuk penulisan program.