Kelompok F 1. Arif Febriyanto (33451) 2. Galdita A Chulafak (33024) 3. Atika Fuziyah (32895) 4. Eldest Arif Pasirula (33220) 5. Udi Hartono (33317)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Konsep Jaringan Komputer
Advertisements

SISTEM JARINGAN INTERNET/INTRANET
KD 1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
Disusun oleh : DRS. GATOT MULYONO
Jaringan Nirkabel (pertemuan 1) Pendahuluan oleh Razief Perucha F
Jaringan komputer Lasmedi Afuan, ST.,M.Cs. Jaringan Komputer  Jaringan Komputer  Jaringan yang dibangun antara dua atau lebih komputer untuk berkomunikasi.
TEKNOLOGI JARINGAN.
Pengantar TI “Pengenalan Jaringan Komputer”
By : Kelompok 3 Muhamad Shofri Maulidani ( ) Agung Satrio Buwono ( ) Devi Shinta Rahayu ( ) THREAD.
Pemrograman Jaringan OSI Layer Aurelio Rahmadian.
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
Sistem Terdistribusi 05 – Proses Oleh : Muh. Ary Azali.
Perkenalan Nama : Arip Dwi Purwanto FB : Arip Hunt PIN BBM : 74F53AAB
KONSEP THREAD.
Pengantar Teknologi Sistem Informasi Akuntansi
Pemrograman jaringan Teori dan Praktek
Topologi Jaringan.
BAB I JARINGAN KOMPUTER Komang Kurniawan W., M.Cs
Versi 1, 2013CCS113 – SISTEM OPERASIFASILKOM PERTEMUAN 6 PROSES DAN THREAD 2.
Diambil dari Model OSI Diambil dari
User Datagram Protocol (UDP)
KONSEP THREAD.
1 Pertemuan 6 Telekomunikasi dan Jaringan Matakuliah: A0522 / Sistem Informasi dalam Manajemen Tahun: 2005 Versi: 1/0.
STREAM.
Tujuan: Memahami konsep protokol dan aplikasi protokol jaringan
“Networking” OKTAVIANDIS, S.Kom Website :
Thread.
Konsep Jaringan Komputer Dasar Komputer dan Pemrograman 1A.
Thread. Thread Proses dengan thread tunggal – proses menjalankan satu tugas pada satu waktu Proses dengan thread tunggal – proses menjalankan satu tugas.
File Stream.
Materi Sesi ke 4 Teknologi Komunikasi Data
Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
Proses Sistem Terdistribusi.
Nama : Adelia ramadani Nim : Kelas : ptik 03/2015
SISTEM JARINGAN KOMPUTER
Disusun oleh : Maria Palupi Pepi Dwi Ariani
JARINGAN KOMPUTER TEKNIK INFORMATIKA.
Konsep Jaringan Komputer
PEMROGRAMAN BERBASIS JARINGAN
DASAR JARINGAN KOMPUTER
PENDAHULUAN JARINGAN KOMPUTER
FUNGSI DAN PROSES KERJA JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Thread.
Ihsan Naskah, S.Kom., MT JARINGAN KOMPUTER Ihsan Naskah, S.Kom., MT
PERTEMUAN KE 3 P'HES OSI REFERENCE.
SISTEM JARINGAN KOMPUTER
KD 1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
JARINGAN komputer DAN KOMUNIKASI DATA
Jaringan Komputer Disusun oleh : Hidayat Bahktiar ( A )
JARINGAN KOMPUTER Komunikasi Data.
THREAD.
JARINGAN DAN KOMUNIKASI DATA
Disusun oleh : Maria Palupi Pepi Dwi Ariani
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KONSEP JARINGAN KOMPUTER
6 SUMBER DAYA JARINGAN CHAPTER
TCP/IP TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang terdapat di dalam jaringan komputer (network) yang digunakan untuk berkomunikasi atau bertukar data antar.
SISTEM JARINGAN KOMPUTER
SOAL TEORI TKJ Dimas Pamarta XII TKJ 2 / 7 Selanjutnya.
Komunikasi Data & Jaringan Komputer
SISTEM JARINGAN KOMPUTER
JarINGAN KOMPUTER & Model referensi osi
SISTEM JARINGAN KOMPUTER
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Jaringan Komputer Week 2-Protocol Jaringan -TCP/IP Reference Model.
Pengenalan Jaringan Komputer. Mengapa butuh jaringan komputer ??? Untuk Apa ???
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Struktur dan Arsitektur Jaringan Komputer
Diambil dari Model OSI Diambil dari
Transcript presentasi:

Kelompok F 1. Arif Febriyanto (33451) 2. Galdita A Chulafak (33024) 3. Atika Fuziyah (32895) 4. Eldest Arif Pasirula (33220) 5. Udi Hartono (33317)

Computer Network

Klasifikasi Jaringan Cara Koneksi Teknologi Kabel Teknologi wireless Skala Arsitektur jaringan Topologi

Cara Koneksi Fiber optik Ethernet WirelessLAN HomePNA PLC G.hn

Teknologi Kabel Twisted pair Coaxial cable Optical Fiber

Teknologi Wireless Terrestrial Microwave Communications Satellites Cellular and PCS Systems Wireless LANs Bluetooth The Wireless Web

Skala Personal Area Network (PAN) Campus Area Network (CAN) Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas. Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu km. Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet. Global Area Network (GAN)

Arsitektur Jaringan Active network Client-Server Peer-to-peer

Topologi Jaringan Topologi bus Topologi bintang Topologi cincin Topologi mesh Topologi pohon Topologi linier

Tipe-tipe jaringan Personal area network Local area network Home area network Campus network Metropolitan area network Wide area network Global area network Enterprise Private Network Virtual private network Internetwork Internet Intranets and extranets Overlay Network

Komponen Dasar Jaringan Network interface cards Repeaters Hubs Bridges Switches Routers

PROTOKOL

Definisi Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Model OSI Dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun OSI singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).

Lapisan Model OSI

Model Referensi DARPA Sebuah referensi protokol jaringan yang digunakan oleh protokol TCP/IP yang dibuat oleh DARPA

Lapisan Model Referensi DARPA Bertanggung jawab dalam rangka menyediakan akses kepada aplikasi terhadap jaringan TCP/IP Bertanggung jawab dalam rangka membuat komunikasi antar dua host, dengan menggunakan cara membuat sebuah sesi connection-oriented atau menyebarkan sebuah connectionless broadcast Bertanggung jawab dalam melakukan routing dan pembuatan paket IP (dengan menggunakan teknik encapsulation) Bertanggung jawab dalam meletakkan frame-frame data di atas media jaringan

TCP/IP standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite) menggunakan model referensi DARPA

Stream I/O

Stream adalah representasi abstrak dari input dan output device, dimana aliran bytes akan ditransfer seperti file dalam harddisk, file pada sistem remote atau printer. Kita dapat membaca data dari input stream, yang dapat berupa file, keyboard atau komputer remote. Sedangkan untuk operasi penulisan berarti menulis data pada output stream. Package Java I/O mendukung dua tipe stream, yaitu binari dan karakter stream. Binari merupakan data berupa bit atau data binari, sedangkan karakter adalah tipe khusus untuk pembacaan dan penulisan teks/karakter.

Input Stream Subclass-subclass dari input Stream adalah: Audio Input Stream, Byte Array Input Stream, File Input Stream, Filter Input Stream, Piped Input Stream, Sequence Input Stream, dan String Buffer Input Stream. Dua method utama dari InputStream adalah :  Read : Method ini digunakan untuk membaca stream  Close : Method ini digunakan untuk menutup koneksi input stream.

Output Stream Subclass-subclass dari outputStream adalah :  ByteArrayOutputStream : digunakan untuk menuliskan stream menjadi byte array;  FileOutputStream : digunakan untuk menulis pada file;  FilterOutputStream : merupakan superclass dari subclass-subclass seperti DataOutputStream, BufferOutputStream, PrintStream, CheckedOutputStream;  ObjectOutputStream : digunakan untuk menuliskan objek pada OutputStream.  PipedOutputStream : digunakan untuk menjadi output dari PipedInputStream.

Methode-methode output stream adalah :  #Voidclose() Menutup output stream yang aktif dan melepaskan sumber daya terkait dengan stream tersebut;  #Void flush() Melakukan flush output stream dan memaksa semua byte buffer untuk dituliskan keluar;  #Void write(byte[] b) Menulis sebanyak b.length dari byte array ke output stream;  #Void write(byte[] b, int off, int len) Menuliskan sebanyak len byte dari byte array b dimulai dari index off.

THREAD

Definisi Thread lightweight process Objek yang mewakili satu unit eksekusi dari sekumpulan instruksi. Sekumpulan instruksi yang dapat dieksekusi secara mandiri. Proses adalah suatu program yang sedang dieksekusi / satu unit kepemilikan sumberdaya. Sebuah thread berbagi code section, data section, dan sumber daya sistem operasi dengan thread lain yang dimiliki oleh proses yang sama.

Single-threading Sebuah proses tradisional atau heavyweight process mempunyai thread tunggal yang berfungsi sebagai pengendali. Multi-threading Kemampuan yang memungkinkan beberapa thread dapat dijalankan secara bersamaan, bergantian atau konkuren. Agar thread-thread di suatu proses, dapat sharing kode program, data dan sumber daya secara lebih efisien dibanding proses-proses terpisah, sehingga kinerja aplikasi berbasis thread lebih baik dibanding aplikasi berbasis proses.

Contoh Web browser mempunyai thread untuk menampilkan gambar atau tulisan sedangkan thread yang lain berfungsi sebagai penerima data dari internet. Web server dapat mempunyai ratusan klien yang mengaksesnya secara bersamaan.

Multithreading pada Sistem Operasi Thread pengguna didukung kernel serta diimplementasikan dengan pustaka library thread pada tingkatan pengguna. Semua pembuatan dan penjadwalan thread dilakukan dalam ruang pengguna tanpa campur tangan kernel. Thread kernel didukung langsung oleh sistem operasi. Pembuatan, penjadwalan, dan manajemen thread dilakukan oleh kernel pada kernel space.

Model Multi-threading Many-to-One One-to-One Many-to-Many

Many-to-One Memetakan beberapa thread tingkatan pengguna ke sebuah thread tingkatan kernel. Pengaturan thread dilakukan dalam ruang pengguna, sehingga efisien. Hanya satu thread pengguna yang dapat mengakses thread kernel pada satu saat. Model Many-to-One mengizinkan developer untuk membuat user thread sebanyak yang ia mau tetapi concurrency tidak dapat diperoleh karena hanya satu thread yang dapat dijadwal oleh kernel pada suatu waktu.

One-to-One Memetakan setiap thread tingkatan pengguna ke thread kernel. Model ini menyediakan lebih banyak concurrency dibandingkan model Many-to-One. Model One-to-One menghasilkan concurrency yang lebih tetapi developer harus hati-hati untuk tidak menciptakan terlalu banyak thread dalam suatu aplikasi(dalam beberapa hal, developer hanya dapat membuat thread dalam jumlah yang terbatas)

Many-to-Many Mengelompokkan banyak thread pengguna untuk dipetakan ke thread kernel yang jumlahnya lebih sedikit atau sama dengan tingkatan pengguna. Mengijinkan sistem operasi untuk membuat sejumlah thread kernel. Tidak punya kelemahan seperti kedua model sebelumnya. Dapat membuat user thread sebanyak yang diperlukan, dan kernel thread yang bersangkutan dapat berjalan secara pararel pada multiprocessor. Jika suatu ketika thread menjalankan blocking system call maka kernel dapat menjadwalkan thread lain untuk melakukan eksekusi.

Thread Cancellation Definisi : pemberhentian thread sebelum tugasnya selesai. Misalnya jika dalam program Java hendak mematikan Java Virtual Machine (JVM). Sebelum JVM dimatikan, maka seluruh thread yang berjalan harus dihentikan terlebih dahulu. Target thread : thread yang akan diberhentikan

Pemberhentian target thread dapat terjadi melalui dua cara yang berbeda: 1. Asynchronous cancellation: suatu thread seketika itu juga memberhentikan target thread. 2. Deferred cancellation: target thread secara perodik memeriksa apakah dia harus berhenti, cara ini memperbolehkan target thread untuk memberhentikan dirinya sendiri secara terurut.

Thread Pools Definisi: Cara kerja dengan membuat beberapa thread pada proses startup dan menempatkan mereka ke pools. Contoh masalah: Web Server Waktu pada penciptaan thread dan ketika selesai langsung dibuang. Penciptaan thread yang tidak terbatas menurunkan performa sistem. Solusi: Membuat thread pada proses stratup dan menempatkannya ke pool Permintaan ke server  dilayani dengan mengambil thread di pool  selesai thread dikembalikan ke pool