Pengolahan Citra Digital

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengolahan Citra Digital
Advertisements

Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
Konversi citra Satriyo.
Color Image Processing
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Session 1 GUI (grafik user interface dan Pengenalan warna)
Mahmud Yunus, S.Kom., M.Pd., M.T.
Surface Rendering dan Warna
COLOR SPACE Achmad Basuki Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Pengolahan Citra 4 – Peningkatan Kualitas Citra Disusun oleh: Teady Matius – Dari berbagai sumber.
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
Pengolahan Citra (TIF05)
Belajar HTML Lanjut 2 TIK Fajar Harapan. Membuat Tabel Membuat tabel dalam html  untuk membuat Baris  untuk membuat Cell  untuk membuat header.
PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
Pengolahan Citra 2-Akuisisi Citra Dari berbagai sumber
Aplikasi Pengolahan Citra DETEKSI WARNA
Representasi RGB pada Citra Digital
Operasi-operasi dasar Pengolahan Citra Digital~3
BASIC DATA TYPES, VARIABLES & OPERATORS
Algoritma & Pemrograman 1
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Color.
1 Perancangan dan Pemrograman Web Nyimas Artina,S.Kom, M.Si.
Pemrograman Web Mohamad Syafri Tuloli.
Teori Warna Grafik Komputer 2.
Grafika Warna Dewi Octaviani S.T, M.C.s.
W A R N A 4/14/2017.
CSS Eksternal & Style Elemen
Konsep dan Terminologi
IMAGE ENHANCEMENT (PERBAIKAN CITRA)
Dosen: TIM PENGAJAR PTIK
1. Pendahuluan Image Processing 1. Content: 1.Aplikasi Citra 2.Pengertian Citra Digital 3.Pengertian Piksel 4.Sampling 5.Kuantisasi 6.Jenis Citra 7.RGB.
WARNA.
PENGOLAHAN WARNA CITRA
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
DASAR DESAIN GRAFIS.
6th Meeting Color (Warna).
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Algoritma & pemrograman 1B
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Image Processing 1. Pendahuluan.
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 31 maret 2009
Digital Image Fundamentals
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
BAB II. PEMBENTUKAN CITRA
Color Image Processing
Informatics Engineering Dept
Pengantar PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Skenario 2: Hujan Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Teori Warna Grafik Komputer 2.
Cara Menghitung Ukuran File Gambar
Dasar Pemrosesan Citra Digital
Operasi Aritmatika dan Geometri pada citra
Informatics Engineering Dept
PERTEMUAN KE-1 Sumber :Prof. Sinisa Todorovic
TINGKAT KEABUAN DAN WARNA CITRA
Pengolahan Citra Digital
PENINGKATAN KUALITAS CITRA (Image Enhancement)
Pengolahan Citra Digital
Grayscale Pengolahan Citra Danar Putra Pamungkas, M.Kom
Dosen Pengampu Mata Kuliah : Muhammad Fauzi. M.Ds
Pengolahan Citra Digital Digital Image Processing RTI127006
Pengertian Pixel Pixel :
Pengolahan Citra Digital. Pembentukan Citra Citra dibagi menjadi 2 macam : 1.Citra kontinyu : adalah citra yang dihasilkan dari sistem optik yang menerima.
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL (2) dan SISTEM PEREKAMAN CITRA
Format citra Oleh : Kustanto 11/10/2018.
Bekerja dengan Warna.
PERSENTASE Dasar Desain Grafis Sekolah: SMK Telkom Makassar Program Keahlian : Teknologi Komunikasi Dan Informatika Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer.
Transcript presentasi:

Pengolahan Citra Digital 3 – Warna dan Operasinya Disusun oleh Teady Matius Surya Mulyana (teadymatius@yahoo.com / tmulyana@bundamulia.ac.id ) Dari berbagai sumber

RGB R  Red G  Green B  Blue Setiap byte menunjukan nilai warna yang diwakili tersebut pada suatu pixel. Misal: FFFFFF  putih FF0000  merah 00FF00  hijau 0000FF  biru 000000  hitam FFFF00  kuning

RGB illumination Sumber gambar: http://art110.wikispaces.com/file/view/RGB_illumination.jpg/34175247/RGB_illumination.jpg Diakses tanggal: 7 Maret 2013

CMYK C  Cyan M  Magenta Y  Yellow K  derajat kehitaman Sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com/-Urth6mtuA04/TiwNCR4HaSI/AAAAAAAAAWs/pPaNHCEBxXg/s1600/cmyk-print1.jpg Diakses tanggal 7 Maret 2013

CMYK Mixing Sumber gambar: http://bpiinc.files.wordpress.com/2011/11/cmyk.jpg Diakses tanggal: 7 Maret 2013

RGB vs CMYK Sumber gambar: http://www.12on14.com/dpi/rgb-cmyk.jpg Diakses tanggal 7 maret 2013

RGB to CMYK C = 1 – R M = 1 – G Y = 1 – B K = 0 untuk warna bukan hitam K = 1 untuk warna hitam Sumber gambar: http://i656.photobucket.com/albums/uu289/younis-des/vgn4nq.jpg Diakses tanggal 7 maret 2013

HIS/HSV/HSL H  Hue S  Saturation I  Intensity / V  Value / L  Luminous

Warna pada JAVA Ditangani oleh method setColor(Color c) yang terdapat pada Class Graphics.

Constructor Class Color Color(ColorSpace cspace, float[] components, float alpha) Creates a color in the specified ColorSpace with the color components specified in the float array and the specified alpha. Color(float r, float g, float b) Creates an opaque sRGB color with the specified red, green, and blue values in the range (0.0 - 1.0). Color(float r, float g, float b, float a) Creates an sRGB color with the specified red, green, blue, and alpha values in the range (0.0 - 1.0). Color(int rgb) Creates an opaque sRGB color with the specified combined RGB value consisting of the red component in bits 16-23, the green component in bits 8-15, and the blue component in bits 0-7. Color(int rgba, boolean hasalpha) Creates an sRGB color with the specified combined RGBA value consisting of the alpha component in bits 24-31, the red component in bits 16-23, the green component in bits 8-15, and the blue component in bits 0-7. Color(int r, int g, int b) Creates an opaque sRGB color with the specified red, green, and blue values in the range (0 - 255). Color(int r, int g, int b, int a) Creates an sRGB color with the specified red, green, blue, and alpha values in the range (0 - 255).

Catatan untuk Pemakaian Constructor Class Color Untuk nilai alpha tidak kita perlukan, jadi gunakan construtor yang alphanya sudah pasti di set 255 untuk yang bertipe integer atau 1 untuk yang bertipe float. Gunakan Constructor dengan format rgb yang terpisah, agar anda tidak perlu melakukan operasi untuk memisahkan nilai-nilai rgb nya. Constructor yang disarankan: Color(float r, float g, float b) Color(int r, int g, int b)

Memilah RGB pada java Nilai yang didapat dari pengambilan warna pada suatu pixel adalah suatu nilai integer. Komposisi warna RGB pada warna adalah alpha|Red|Green|Blue yang masing-masing bernilai 1 byte.

Memperoleh warna B Untuk mendapatkan nilai B, ambil 1 byte (8 bit) dari belakang, masukkan ke variable penampungnya. Dapat dilakukan dengan melakukan operasi bitwise operator & dengan nilai 0xff untuk menghilangkan nilai alpha, R dan G nya Operasi akan menghasilkan nilai integer untuk komponen warna B Contoh: b=warna & 0xff; Jika warna bernilai ff352A37 = 1111 1111 0011 0101 0010 1010 0011 0111 Maka operasi bitwise & 0xff terhadap variabel warna akan menghasilkan nilai 0000037 1111 1111 0011 0101 0010 1010 0011 0111 0000 0000 0000 0000 0000 0000 1111 1111 _____________________________________ & 0000 0000 0000 0000 0000 0000 0011 0111 = $00000037 = 55

Memperoleh nilai G Ambil byte ke 2 dari belakang (lsb) masukkan ke variable penampungnya. Untuk melakukan hal tersebut, lakukan operasi shift kanan sebanyak 8 kali, sehingga akan didapatkan byte ke 2-lsb tersebut menjadi byte ke 1-lsb. Kemudian lakukan operasi bitwise & dengna 0xff untuk menghilangkan nilai alpha dan R nya Contoh g=(warna >> 8) & 0xff; Jika warna bernilai ff352A37 = 1111 1111 0011 0101 0010 1010 0011 0111 Maka operasi bitwise (warna >> 8) & 0xff terhadap variabel warna akan menghasilkan nilai 000002A 0000 0000 1111 1111 0011 0101 0010 1010 0000 0000 0000 0000 0000 0000 1111 1111 _____________________________________ & 0000 0000 0000 0000 0000 0000 0010 1010 = $0000002A = 41

Memperoleh nilai R Ambil byte ke 3 dari belakang (lsb) masukkan ke variable penampungnya. Untuk melakukan hal tersebut, lakukan operasi shift kanan sebanyak 16 kali, sehingga akan didapatkan byte ke 3-lsb tersebut menjadi byte ke 1-lsb. Kemudian lakukan operasi bitwise & dengan 0xff untuk menghilangkan nilai alpha Contoh g=(warna >> 8) & 0xff; Jika warna bernilai ff352A37 = 1111 1111 0011 0101 0010 1010 0011 0111 Maka operasi bitwise (warna >> 16) & 0xff terhadap variabel warna akan menghasilkan nilai 000002A 0000 0000 0000 0000 1111 1111 0011 0101 0000 0000 0000 0000 0000 0000 1111 1111 _____________________________________ & 0000 0000 0000 0000 0000 0000 0011 0101 = $00000035 = 53

Operasi-operasi warna pada RGB Negative: 255-C Darken: C/p atau C-p Brighten: C*p atau C+p Greyscale: (R+G+B) / 3 Remove Channel: Pengaturan satu channel atau lebih menjadi 0 Swap Channel: Menukar nilai-nilai dari dua channel

Negative Negative = 255-C  C adalah nilai masing-masing channel warna yang diwakili Mengubah warna menjadi kebalikannya

Grayscale Grayscale = (R+G+B) / 3 Untuk menghasilkan warna grayscale, dapat dilakukan dengan menjumlah semua nilai R, G dan B serta membagi hasilnya dengan 3

Darken Darken = C/p atau Darken = C-p Membagi atau mengurangi warna dengan suatu nilai p agar terlihat lebih gelap

Brighten Brighten = C*p atau Brighten = C+p Mengalikan warna dengan konstan ataunpun menambahkan warna dengan suatu nilai p agar terlihat lebih terang