MINGGU 12 DAN 13 MATERI POKOK A. MODEL BISNIS (BUSINESS MODELLING) B. MODEL ANALISIS (ANALYSIS MODELLING)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak
Advertisements

Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
Unified Modelling Language (UML)
Pertemuan 6 Structural modelling
ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PENJUALAN & PEMBELIAN Handicraft shop
Analisis Model.
Sequence diagram.
©Ayi Purbasari, S.T., /2008 Materi 5 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., /2008.
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
TUGAS RESUME UTS Teguh Sutanto. Membuat Presentasi Multimedia Dikerjakan secara berkelompok Satu kelas dibagi menjadi 3 kelompok Setiap kelompok mengerjakan.
Diagram Objek Materi.
Hernando Ivan Teddy, S.Kom
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Lecture Note: Retno Budi L Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari Pemodelan Kebutuhan.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemodelan Kebutuhan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom Model Bisnis v [STMIK MDP] 1Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom.
Advanced Software Engnineering
Rekayasa Perangkat Lunak
Oleh: Sri Herawati, S.Kom
Materi 4 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., M.T.
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis Model.
Object-Oriented Design (OOD)
Business Use Case Diagram
Business Process Modeling
Object oriented analyst and design
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Object-Oriented Analysis (OOA)
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
Activity Diagram.
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object oriented analyst and design
Class Diagram.
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PEMODELAN PROYEK (UML)
Activity diagram.
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
Soal PSBO Pert.1-6.
Activity diagram.
Use Case Diagram.
Pemodelan bisnis dan use case binis
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
Use Case Diagram.
REVIEW UML.
Analisis Model.
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Unified Modelling Languange (UML)
Rekayasa Perangkat Lunak Part 7
Bab 5 activity diagram.
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Rekayasa Perangkat Lunak Bag-2
Pengembangan Pemodelan: Arsitektur Sistem Informasi
Object oriented analyst and design
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

MINGGU 12 DAN 13 MATERI POKOK A. MODEL BISNIS (BUSINESS MODELLING) B. MODEL ANALISIS (ANALYSIS MODELLING)

BUSINESS MODELING UML dapat digunakan untuk memodelkan berbagai jenisistem, seperti sistem software, sistem hardware dan organisasi.Namun secara umum UML sekarang ini digunakan untuk dua kepenti- ngan yaitu : A.Untuk membuat model dalam proses software development B.Untuk memodelkan bisnis (business modeling)

KONSEP DASAR DALAM BUSINESS MODELLING Dalam dunia bisnis dan industri, terdapat banyak sistem manu al dan otomatis yang munculsecara reguler. Setiap sistem me punyai satu atau banyak workflow. Business Modeling meng gambarkan semua worlflow yang terjadi dalam suatu organis si Workflow adalah urutan aktifitas yang menghasilkan suatu nilai atau objek yang dapat dilihat bagi sutu pihak atau enti tas tertentu Kita definisikan Business Modeling adalah : Sebagai sutu teknik pemodelan yang digunakan untuk meng gambar model sebuah bisnis

TUJUAN BUSINESS MODELLING A.MEMAHAMI STRUKTUR ORGANISASI DAN DINAMIKA ORGANISASI B.MEMAHAMI MASALAH DALAM MENCAPAI TARGET ORGANISASI DAN MENEMUKAN POTENSI UNTUK KEMAJUAN ORGANISASI C.MEYAKINKAN BAGI PARA CUSTOMER, END USER DAN DEVELOPER AGAR MEMILIKI PEMAHAMAN YANG BENAR MENGENAI ORGANISASI D.DAPAT MENDAPATKAN REQUIRENMENTS SOFTWARE APLIKASI YANG AKAN KITA BUAT YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDUKUNG PENCAPAIAN TARGET ORGANISASI

Elemen Dalam Business Modelling a. Business Actor b. Business Use-Case c. Business Use Case Realization d. Business Worker e. Business Entity f. Organization Unit Package

KETERANGAN BUSINESS ACTOR Menggambarkan peran yang dimainkan oleh seseorang atau sesuatu yang dengannya bisnis berinteraksi BUSINESS USE-CASE Menggambarkan urutan tindakan yang dilakukan oleh suatu bisnis yang menghasilkan sebuah nilai yang dapat dilihat dan ditunjukan untuk suatu business actor tertentu BUSINESS WORKER Menggambarkan sebuah peran atau himpunan dari beberapa peran dalam bisnis

BUSINESS ENTITY Menggambarkan benda yang ditangani atau digunakan oleh business worker selama melakukan suatu business use-case USE-CASE REALIZATION Menggambarkan bagaimana sebuah use- case direlasikan da lam bentuk kolaborasi dari berbagai objek

MODEL ANALISIS Pengertian : Adalah suatu model yang menggambarkan realisasi dari use case – use case dalam use case model dan bertindak sebagai abstraksi dari model disain. Model analisis merupakan transisi ke dalam model disain dan kelas – ke las analisis secara langsung berkembang men jadi elemen-elemen model disain

KELAS DALAM MODEL ANALISIS Terbagi atas : 1. Boundary 2. Control 3. Entity

BOUNDARY Adalah kelas yang memodelkan interaksi antara satu atau le bih actor dengan sistem. Kelas ini dapat berupa : A. USER INTERFACE Merupakan sarana komunkasi antara sistem dengan user Misalnya jendela (windows) B. SYSTEM INTERFACE Yang merupakan sarana komunkasi antara system dengan sistem informasi lainnya Misalnya Communication Protocol C. DEVICE INTERFACE Yang merupakan sarana komunkasi antara sistem dengan de vice (alat) Misalnya Printer

CONTROL Digunakan untuk memodelkan “Perilaku Mengatur” khusus untuk satu atau beberapa use case saja. Con- trol object mengkoordinasikan perilaku sistem dan menggambarkan dinamika dari suatu sistem, mena- ngani tugas utama, dan mengontrol alur kerja suatu sistem. Contol Object menjalankan realisasi dari use case tersebut. Tidak semua use case memerlu- kan control object

ENTITY Kelas entity memodelkan informasi yang harus di- simpan oleh sistem. Kelas ini memperlhatkan struk tur data dari sebuah sistem. Entity Object biasanya bersifat pasif dan tetap. Tanggung jawab utama objek ini adalah untuk menyimpan dan mengatur informasi dalam sistem