Seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer.
Generasi I ( Era 1940-an ) Generasi II ( Era 1960-an ) Generasi III ( Era 1970-an ) Generasi IV ( Era 1990-an )
Isu Seputar Etika Komputer
Kejahatan komputer atau computer crime ada lah kejahatan yang ditimbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal.
Netiket merupakan sebuah etika acuan dalam berkomunikasi menggunakan internet.
Perdagangan melalui internet atau yang lebih dikenal dengan e-commerce menghasilkan permasalahan baru seperti perlindungan konsumen, permasalahan kontrak transaksi, masalah pajak dan kasus-kasus pemalsuan tanda tangan digital..
Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh internet menyebabkan terjadinya pelanggaran HAKI seperti pembajakan program komputer, penjualan program ilegal dan pengunduhan ilegal.
Para pekerja dibidang teknologi komputer seperti pemogram dll, memiliki interaksi yang sangat tinggi dengan komputer sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai etika komputer dan tanggung jawab profesi yang berlaku.
Indonesia merupakan salah satu negara pengguna komputer terbesar di dunia sehingga penerapan etika komputer dalam masyarakat sangat dibutuhkan.
James H. Moor mengidentifikasi tiga alasan utama di balik minat masyarakat yang tinggi akan etika komputer: # kelenturan secara logis # faktor transformasi # faktor ketidaktampakan
Sebagai kemampuan untuk memprogram komputer untuk melakukan hampir apa saja yang ingin kita lakukan.
Alasan atas etika komputer yang ini didasarkan pada fakta bahwa komputer dapat mengubah cara kita mengerjakan sesuatu dengan drastis. Salah satu contoh yang baik adalah . tidak menggantikan surat biasa atau sambungan telepon; melainkan menyediakan cara berkomunikasi yang benar-benar baru.
Alasan ketiga untuk minat masyarakat atas etika komputer adalah karena masyarakat memandang komputer sebagai kotak hitam. Seluruh operasi internal komputer tersebut tersembunyi dari penglihatan.