Pengenalan Grafika Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
Element Multimedia Eri Prasetyo.
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
IMK-M3. Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
DESIGN INTERFACE.
Teknologi Display Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
Output Devices.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
19 Januari 2011 Grafika komputer.
PERANGKAT KOMPUTER & KEGUNAANNYA
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Perancangan antarmuka (design interface)
Pengantar Komputer Grafik
Peranti interaktif Pertemuan 5.
Pengenalan Sistem Operasi
Pertemuan 1 Introduction
ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICE)
Peranti interaktif Pertemuan 5.
Pengantar Teknologi Informasi
TEKNIK ANTARMUKA.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D
Pengantar Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
Input & Output Devices Bab V.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Pengantar teknologi informasi
PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER KELOMPOK 1: MUSTIKA ( ) TAHRIM WARA WARIN ( MUH.IRSAN ( )
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Element Multimedia Eri Prasetyo.
Transcript presentasi:

Pengenalan Grafika Komputer KOMPUTER GRAFIK Pengenalan Grafika Komputer Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

SILABUS Pengenalan Grafika Komputer 8. Transformasi Grafik 2D Teks, Titik dan Garis 9. Animasi Bentuk-bentuk Geometri 10. Grafik 3D Grafik Penyajian 11. Kurva Fraktal Viewport dan Window 12. Presentasi Project Pembangkitan Warna 13. Presentasi Project Ujian Tengah Semester 14. Ujian Akhir Semester Dewi Octaviani, S.T, M.C.s Jurusan Teknik Informatika STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda

Referensi S.H., Chasen, Geometric Principles and Procedures for Computer Graphics Applications, Englewood Cliffs, N.J., Prentice Hall, 1978. W.K., Giloi, Interactive Computer Graphics : Data Structure, Algorithms, Languages, Englewood Cliffs, N.J., Prentice Hall, 1978. M.Sc.,Santosa, Insap, Ir, Grafika Komputer dan Antarmuka Grafis, Andi Offset, Yogyakarta, 1994. Dewi Octaviani, S.T, M.C.s Jurusan Teknik Informatika STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda

Pengenalan Grafika Kemajuan teknologi Komputer pertama kali diciptakan untuk membantu proses perhitungan. Komputer sekarang menangani data yang besar Laporan-Laporan dalam bentuk teks dan angka-angka yang berlembar-lembar = BOSAN Data divisualisasikan dalam bentuk gambar (grafik)

Definisi Grafika Komputer adalah suatu bidang ilmu komputer yang mempelajari tentang cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin dengan cara memanipulasi suatu obyek menggunakan komputer.

(computer graphics) merupakan seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistic untuk seni, game computer, foto dan film animasi. Grafika computer merupakan bagian yang menarik dari bidang ilmu computer karena diperlukan kemampuan matematik, keahlian untuk memrogram dan kreativitas.

History Proyeksi orthografik yang digunakan dalam sistem grafika computer sekarang ini, ditemukan oleh Gaspard Monge (1746-1868) seorang ahli matematik kebangsaan Prancis. Sekarang dengan bantuan computer yang semakin canggih.

Perkembangan grafika computer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu : Fase Pertama Pada tahun 1950, MIT berhasil mengembangkan computer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT). Dan alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool). Pada tahun 1959, riset c omputer grafik interaktif mulai diteliti oleh perusahaan General Motor.

Fase Kedua Dalam decade 1960-an, berhasil dikembangkan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD (Sutherland, 1963) dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Pada pertengahan tahun 1960-an, Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) mulai muncul. Sistem grafika lainnya antara lain : DAC-1 (Design Augmented by Computer), CADAM dan GRAPHIC1.

Fase Ketiga Pada tahun 1970-an, grafika computer interaktif mulai digunakan di sector industri untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.  Fase Keempat Pada decade tahun 1980-an, teknologi model hybrid, yaitu teknologi yang menggabungkan objek pejal dengan permukaan, mulai digunakan. Contohnya jika kita membuat sebuah mobil, bodi mobil adalah permukaan sedangkan mesinnya adalah objek pejal

Peranan Grafika Antarmuka Pengguna Perpetaan (Cartography) Kesehatan Computer Aided Design Sistem multimedia Presentasi Grafik Presentasi data saintifik Sistem paint Simulasi GUI (Graphical User Interface)

Klasifikasi Peranan Grafika Tipe dari obyek dan Gambar yang dihasilkan contoh : gambar 2D, gambar 3D Jenis Interaksi dan derajad pengendalian obyek /gambar dalam layar interactive design operator Role of the picture contoh : kartografi Hubungan antar obyek dan gambar

Image Proceesing vs Comp.Graphics Computer Graphics Berorientasi Pixel Berorientasi Vektor Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D Menggunakan model 2D/3D -> hasil realistik Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi 2D/3D Berawal dari citra digital -> deskripsi objek pada citra Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar untuk membentuk citra 2D/3D

Berdasarkan Layar Penampil Motion Dynamic -> objek bergerak, kita sebagai pengamat (diam) atau sebaliknya. Ex : flight simulator Update Dynamic -> perubahan sifat pada objek (bentuk, warna). Ex : simulasi tabrakan mobil

Tipe Layar Penampil Komponen Utama Display Frame Buffer -> matrix Display Controller

Tipe Layar Penampil dari cara menampilkan gambar Vector Displat/Calligraphic Dispplay/Stroke Display (era 60 an) Raster Display (era 70 an)

Tipe Layar Penampil Direct Drive Monochrome Monitor Composite Monochrome Monitor Composite Color Monitor Red-Green-Blue Monitor

Jenis Monitor Layar Tabung (CRT = Cathode Ray Tube) Layar Tanpa Tabung (Plasma Display, LCD, LED)

Piranti Interaktif Mouse Trackball Light Pen

Piranti Pencetak Printer -> raster technology Plotter -> vektor technology

Piranti Pencetak