PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kelas : XI IPA 4 Jajar Martono
Advertisements

AYO BELAJAR BAHASA JEPANG
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
20 September 2012 Nadya Inda Syartanti PPMJ
PPMJ 13 Desember 2012 Nadya Inda Syartanti. Kanji, Arti, Jenis & Ungkapan.
 Istilah “Kami” mengacu pada beragam dewa di surga dan bumi seperti yang terlihat pada kisah-kisah klasik, dan semua roh yang ada di kuil-kuil shinto.
Psb-psma rela berbagi Ikhlas memberi 7/19/2010 Mata Pelajaran Bahasa Jepang 日本語.
 Konsep Kami pada Periode Awal  Masuknya Pengaruh Budha  Pendewaan kepada Manusia.
PPMJ 8 November 2012 Nadya Inda Syartanti KONSEP KETUHANAN.
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 Agama Shinto   Nama Mahasiswa: Ahmad Chaidoni/TH/III   Mata Kuliah: Agama-Agama Dunia   Dosen Pembimbing:Siti.
Kebudayaan Jepang ; Suatu Pengantar
BAB 6 PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDDHA DI ASIA
Inkulturasi Aldo.
ZENSHU.
AGAMA BUDHA(仏教).
Keyakinan By: Brenda 6B.
KONSEP KETUHANAN.
Peradaban Lembah Sungai Gangga
Sejarah Peradaban Lembah Sungai Kuning (Hoang Ho)
PPMJ 1November 2012 Nadya Inda Syartanti.  Konsep Kami pada Periode Awal  Masuknya Pengaruh Budha  Pendewaan kepada Manusia.
Jaman Heian  平安時代  ( ) Nihonshi, 15 Maret 2012.
PPMJ, 6 Desember 2012 Nadya Inda Syartanti
PPMJ –Fitriana Puspita
PPMJ, 29 November 2012 ZENSHU.
1573 – 1603 M NIHONSHI 19 APRIL 2012 安土桃山時代 (あづちももやまじだい)
Jaman monarki awal Jaman Yamato (大和時代) (250 M – 710 M)
PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti
KONFUSIANISME.
KERAJAAN SRIWIJAYA.
Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi
Zaman Feodal Awal (Lanjutan) Pertemuan ke-4
Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
SEJARAH UANG BARTER UANG KERTAS & UANG LOGAM UANG BARANG
Pertemuan ketiga Shodou/shuuji(書道・習字)
Three Major Traditions of Japanese Thought
STANDAR KOMPETENSI Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang.
1 Pertemuan 1 Kanji yang berhubungan dengan macam-macam tanda Matakuliah: N0534/Menulis dan Membaca III Tahun: 2005 Versi: versi.
1 Pertemuan 8 「文法」「聴解」 Matakuliah: >/Nouryou Shiken 3 Tahun: 2005 Versi: 1.
PENGARUH HINDU – BUDDHA di INDONESIA
SEJARAH INDONESIA.
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
A.    SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA.
Korea juga memiliki keberagaman dalam karya prosanya
BUDDHA Antara Agama dan Aliran Filsafat
Periodisasi Sejarah Jepang
Introduction of Japanese Thought Pertemuan 1
KONSEP KEPERCAYAAN 信教 PPMJ 1 November 2012 Nadya Inda Syartanti.
Kerajaan hindu Budha di Indonesia
SEJARAH PERKEMBANGAN AKUAKULTUR
TAO (TAOISME).
安土桃山時代 ( ).
STRATEGI POLITIK NU MASA PENJAJAHAN JEPANG
RESTORASI MEIJI.
Pertemuan ketiga Shodou/shuuji(書道・習字)
KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM
Sejarah Yunani Kuno.
Proses Masuknya Pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia.
Kebangkitan Shinto dan Agama baru
ZEN BUDHISME OLEH : MUHAMMAD LUTHFI DAMANHURI ( )
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
Nihonshi, 26 April 2012 江戸時代 (えどじだい) 1603 – 1867M.
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
QUOTATION of DALAI LAMA
Relasi gender dalam agama Buddha
Tugas IPS Kolonialisme Barat
TAMADUN CINA PANDANGAN SEMESTA.
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
Bahasa Jepang Dasar 1 第 10 課 Rr. Artiana Krestianti 1/16/2019
Nihonshi Oleh : Kelompok 3.
Awal Zaman Azuchi Momoyama
Transcript presentasi:

PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti AGAMA BUDHA PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti

Budha dalam Bahasa Jepang 仏教 ぶっきょう

Arti Budha ほとけぶつ RohBudha 仏 おしえ・きょう Ajaran/ Keyakinan/ Kepercayaan 教

AGAMA BUDHA Ajarannya

AJARAN AGAMA BUDHA Ajaran Pencerahan hati Usaha sendiri Tanpa dewa

AGAMA BUDHA Sejarah Perkembangannya

Awal Mula Masuknya Agama Budha India Jalur Utara Cina Jepang Tahun 522

Awal Mula Masuknya Agama Budha Karena secara geografis terletak pada ujung Jalur Sutra, Jepang bisa menyimpan banyak aspek agama Buddha ketika agama ini mulai hilang dari India dan ditindak di Asia Tengah serta Tiongkok.

Awal Mula Masuknya Agama Budha Penyebaran dari India tersebut menggunakan perantara dari Kerajaan Cina, yaitu dengan dikirimnya Biksu muda ke Jepang oleh kerajaan Cina untuk menyebarkan agama Budha. Akan tetapi rakyat Jepang pada saat itu tidak begitu memberikan tanggapan terhadap penyebaran agama Budha tersebut.

Awal Mula Masuknya Agama Budha Agama Budha mulai mengalami tanggapan dari masyarakat Jepang dipercaya pada tahun 538 pada jaman Asoka melalui delegasi dari kerajaan Baekjae di Korea. Beberapa tahun kemudian berbagai buku dan literatur tentang Buddhism juga mulai masuk lewat negara China pada masa Dynasty Sui. Literatur tersebut berjudul Jusichijono Kempo.

3 Periode Perkembangannya Periode Nara Periode Heian Pasca-Periode Heian

Periode Nara

Periode Nara Penjajakan Adaptasi Shinto

Periode Nara Sebagai agama baru tentu saja tidak lepas dari penolakan dan juga tekanan. Pada masa pemerintahan militer Oda Nobunaga (534 - 1582), agama Buddha mengalami masa suram karena pemerintah saat itu bersikap antipati terhadap agama ini.

Periode Nara Hal ini disebabkan karena pada masa itu muncul banyak pemberontakan oleh rakyat menentang pemerintah yang kebetulan didukung oleh pendeta Buddha khususnya dari sekte Tendai di kuil Hiei.

Periode Nara Pemberontakan akhirnya berakhir dengan penyerbuan ke kuil Hiei yang terletak di atas puncak bukit itu dan membunuh ribuan pengikutnya.

Periode Nara Aristokrat Bangsawan Intelektual

Periode Nara Tokoh yang paling berperan dalam masuknya agama Budha di Jepang adalah Pangeran Shotoku (A.D. 574-621) yang merupakan Kaisar Jepang pada saat itu.

Peran penting yang telah dilakukan oleh Pangeran Shotoku adalah: Periode Nara Peran penting yang telah dilakukan oleh Pangeran Shotoku adalah: Mendirikan kuil Horyuji. Menulis banyak komentar mengenai kitab suci agama Budha. Menetapkan agama Budha sebagai agama resmi negara.

Periode Heian

Periode Heian Tendai Saicho Shingon Kukai

Periode Heian Gerakan dalam agama Buddha terjadi pada abad ke-10 dengan munculnya kepercayaan terhadap Buddha Amitābha. Banyak orang yang memeluk kepercayaan ini karena kesederhanaan ajaran, yakni dengan mengucapkan ”Amitābha Buddha” secara berulang-ulang akan terlahir di Tanah Suci (Sukhavati). Pandangan ini banyak dianut oleh para petani dan prajurit. 

Periode Heian Kamakura Feodalisme Agama Budha tidak berkembang secara berarti

Pasca-Periode Heian Edo Shogun Tokugawa Agama Budha menjadi ‘tangan’ (alat) dari pemerintah

Pasca-Periode Heian Kuil Budha sering digunakan sebagai pendataan dan  pendaftaranpenduduk dan dijadikan sala h satu cara untuk mencegah penyebaran  agamaKristen yang oleh pemerintah feod al dianggap sebagai ancaman politik. Agama Buddha tidak begitu populer di ka langan masyarakat pada masapemerintah an Meiji(1868-1912). 

Agama Budha Tokoh-tokoh Penyebarannya

Tokoh Penyebar Agama Budha Saicho Kukai Hoonen Shinran Eisai Dooden Nichiren

Saicho & Kukai Kaisar Kanmu mengirimkan 2 rahib terpelajar, yaitu Saicho dan Kukai untuk mengunjungi Cina.

Saicho & Kukai Saicho Tendai G. Hiei Kukai Shingon G. Koya

Saicho & Kukai Tendai Shingon Sankaku Bukkyou

Saicho & Kukai Hal yang diutamakan dalam kedua ajaran itu adalah latihan mental yang disebut dengan Shugyou (meditasi). Meditasi ini bukan sekedar untuk diri sendiri saja, melainkan juga untuk persembahan kepada dewa2.

Hoonen Pada akhir zaman Heian, kekuasaan bangsawan runtuh dan diganti oleh golongan militer (samurai). Golongan samurai sangat simpatik terhadap ajaran Budha yang dibawa oleh Hoonen.

Hoonen Hoonen membawa ajaran yang benar2 Nenbutsu Tariki (ajaran yang betul2 dari ajaran Budha). Ajaran ini tidak mengutamakan shugyou, yang penting adalah manusia harus membekali diri dengan gakumon (ilmu pengetahuan).

Shinran Pendeta Shinran, sebagai pengikut Hoonen, turut menyebarkan agama Budha yang sudah diluruskan itu. Mereka mempercayai adanya dunia akhirat, dan yakin Budha akan menolong jika manusia melaksanakan ajaran Budha dengan baik.

Eisai & Dooden Eisai & Dooden Zenshuu Zazen

Eisai & Dooden Ajaran ini dianggap sangat berat karena menitikberatkan pada Jiryokukyodo. Ajaran ini banyak dianut dan disebarkan oleh golongan samurai yang kehidupannya keras dan berdisiplin tinggi.

Eisai & Dooden Jirikikyodo じりききょうど 自力強度

Eisai & Dooden 自力強度 Tingkat kekuatan diri

Eisai & Dooden Zenshuu menekankan bahwa manusia bukan hanya menggantungkan diri pada Amidabutsu, tetapi juga perlu memiliki kekuatan dari dalam dirinya sendiri, dan tidak menganggap adanya gunung suci, seperti halnya shugyou.

Ajaran ini masih banyak dianut oleh orang Jepang hingga saat ini. Nichiren Pendeta Nichiren menyebarkan ajaran Nichirenshuu yang berpedoman ajaran Budha melalui kitab Hokekyo. Ajaran ini masih banyak dianut oleh orang Jepang hingga saat ini.

Topik berikutnya: Konfusianisme Ada Pertanyaan? Topik berikutnya: Konfusianisme