Sumber : Slide Materi ITS oleh Prof. Handayani Tjandrasa SEARCHINGSEARCHING.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Course MMS 2901 Departement of Computer Science Gadjah Mada University © Aina Musdholifah & Sri Mulyana.
Advertisements

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)
TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
Penyelesaian Problem Dengan Pencarian (Blind / Un-Informed Searching)
Artificial Intelligent
Heuristic Search Dr. Kusrini, M.Kom.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
Pengantar Intellegensia buatan
Problem Solving Search -- Uninformed Search
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
Pencarian Tanpa Informasi
Hill Climbing Best First Search A*
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
Uniform-Cost Search (UCS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Artificial Intelligence
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian & Pelacakan
Metode Pencarian/Pelacakan
Pertemuan 23 BRANCH AND BOUND (1)
Problem Solving Search -- Informed Search Ref : Artificial Intelligence: A Modern Approach ch. 4 Rabu, 13 Feb 2002.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
1 Pertemuan 23 Branch And Bound I (B – A – B) Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pertemuan 3 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Sistem Pakar Pertemuan II “Inteligensia Semu” (Lanjutan)
Route/Path Planning.
Informed (Heuristic) Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 2.
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Informed Searching Part 1
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search
Searching (Pencarian)
Teknik Pencarian 1 Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Teknik Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pemecahan Masalah dengan Pencarian
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Problem solving by Searching
Search.
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
Uniform-Cost Search (UCS)
Problem solving by Searching
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
PROBLEM SOLVING Masalah biasanya disajikan dalam bentu graf
Fakultas Ilmu Komputer
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

Sumber : Slide Materi ITS oleh Prof. Handayani Tjandrasa SEARCHINGSEARCHING

Rational Agents Agen adalah entitas yang menerima (perceive) dan beraksi Rational agent –Agen adalah fungsi dari kejadian percept ke action: –Untuk suatu kondisi dan aktifitas yang diberikan, kita mencari agen dengan kinerja terbaik dengan batasan tertentu.

Contoh State Space: 8-puzzle Initial state Goal state

Presentasi node

5 Searching Uninformed, non-optimal: - Depth-First - Breadth-First (optimal untuk unit cost sama) Uninformed, optimal: - Uniform-Cost Informed (heuristic), non-optimal: - Best-First (greedy) - Hill Climbing Informed (heuristic), optimal: - A*

Depth-First Strategy Node baru disisipkan didepan stack FRINGE FRINGE = (1) 6 initial goal

Depth-First Strategy FRINGE = (2, 3) 7

Depth-First Strategy FRINGE = (4, 5, 3) 8

Depth-First Strategy

Depth-First Strategy

Depth-First Strategy

Depth-First Strategy

Depth-First Strategy

Depth-First Strategy

Depth-First Strategy

17 Depth-First Search Contoh dengan partial path

18 Depth-First Search

19 Depth-First Search

20 Depth-First Search

21 Depth-First Search

22 Depth-First Search Contoh dengan partial path

Breadth-First Strategy Node baru disisipkan pada akhir queue FRINGE FRINGE = (1)

Breadth-First Strategy FRINGE = (2, 3)

Breadth-First Strategy FRINGE = (3, 4, 5)

Breadth-First Strategy FRINGE = (4, 5, 6, 7)

27 Breadth-First Search Contoh dengan partial path

28 Breadth-First Search

29 Breadth-First Search

30 Breadth-First Search

31 Breadth-First Search

32 Breadth-First Search

33 Breadth-First Search

34 Breadth-First Search

35 Breadth-First Search

TERIMA KASIH