Jaringan: Penemuan, Komunikasi, Kolaborasi Pertemuan 5 Jaringan: Penemuan, Komunikasi, Kolaborasi “ Copyright 2005 John Wiley & Sons Inc.” Chapter4 1
Konsep Jaringan Komputer Definisi Jaringan Komputer Kumpulan dua atau lebih komputer yang dihubungkan melalui media fisik dan software yang memfasilitasi untuk melakukan komunikasi data (berupa teks, gambar, video, dan suara).
Model Jaringan Komputer Sederhana : Media fisik/penghubung Model koneksi antar komputer dapat dibedakan menjadi 2 bagian : Point toPoint : koneksi yang dilakukan secara langsung antara dua komputer dengan jarak pendek maupun jauh.. Multipoint : koneksi yang dilakukan dengan banyak komputer dengan pemakaian saluran secara bersama.
Keuntungan Penggunaan Jaringan Komputer : Dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama, seperti hard disk, printer, modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan tersebut kepada yang membutuhkan sehingga menghemat biaya pembelian hardware Sharing penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation sehingga mempercepat perolehan informasi Aplikasi dapat digunakan bersama-sama (multiuser) Tidak tergantung pada orang yang menyimpan data karena data tersentralisasi
Penggolongan Jaringan Komputer Dibedakan Menurut : Fungsi Komputer dalam Jaringan Jangkauan Area Jaringan Topologi Jaringan Media Transmisi
Fungsi Komputer Dalam Jaringan Client Pengguna membuat permintaan data kepada server melalui penggunaan software klien Server Digunakan untuk pemrosesan, penyimpanan, dan manajemen data. server bertugas menerima request dari klien, mengolahnya, dan mengirimkan kembali hasilnya ke klien. Server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardware yang lebih baik dibandingkan dengan hardware untuk klien, serta OS yang berbasis jaringan.
Jangkauan Area Jaringan Berdasarkan luas wilayah, atau letak geografisnya, dibedakan menjadi : Local Area Network (LAN) Jaringan area terbatas, misalya satu kantor, satu gedung, jaraknya kurang lebih 10 km. Metropolitan Area Network (MAN) Dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas satu kota dengan jarak kurang lebih 80 km. Wide Area Network (WAN) Jaringan dengan jangkauan area ggeografik paling luas, antarpulau, negara, benua, bahkan bisa ke luar angkasa. Contoh terbaik dari WAN adalah Internet.
Kolaborasi dan interaksi Jaringan Komputer Aplikasi internet komersial berkembang melalui empat fase utama: kehadiran, e-commerce, kolaborasi, dan integrasi Kehadiran E-commerce Kolaborasi dan interaksi Integrasi dan Jasa Eyeball Revue, expansion Profit Capabilities, services Tekanan (Emphasis) No transaction B2C,C2C,C2B,G2C, e-CRM B2B,B2E,supply chain, c-commerce G2B Portals, e-learning m-commerce, I-commerce Jenis Transaksi (Type of transaction) Publish information Process transaction Collaborate Integrate, provide services Alam (Nature) Pages Digital systems Digital environments Target Websites Web-enabled existing systems, dot-coms Business transformation consolidation Internal and external integration 1993-1994 1995-1999 2000-2001 2001-2005 Chapter4
Infrastruktur Jaringan Komputer: Intranet: jaringan yang dirancang untuk melayani kebutuhan informasi internal perusahaan, dengan menggunakan konsep internet dan alat, menyediakan browsing yang mudah dan murah dan kemampuan pencarian. Extranet: menghubungkan intranet dari organisasi yang berbeda dan memungkinkan komunikasi yang aman antara para mitra bisnis melalui Internet. Chapter4
Two types of search facilities available on the web: Search engine: Program komputer yang dapat menghubungi sumber daya jaringan lain pada pencarian, internet untuk informasi spesifik oleh kata-kata kunci, dan melaporkan hasil, misalnya Google. Softbots: Software robot yang melaksanakan tugas-tugas rutin (misalnya menjaga search engine) untuk kepentingan pengguna mereka. Directory: Sebuah koleksi hirarki terorganisir dari link ke halaman web, yang disusun secara manual; egYahoo. Chapter4
Alat tambahan untuk menyempurnakan pencarian di Internet: Metasearch Engine: Suatu program komputer yang akan mencari beberapa mesin sekaligus dan mengintegrasikan temuan dari berbagai mesin pencari untuk menjawab pertanyaan diposting oleh pengguna. Intelligent agent: Software agen yang menunjukkan perilaku cerdas dan belajar. Chapter4
Major type of agents: Web-Browsing- Assisting Agent: Dikenal sebagai pemandu wisata, bekerja sementara pengguna menelusuri. Frequently Asked Question (FAQ) Agents: panduan orang untuk jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan. Intelligent Indexing Agents. Dapat melakukan pencarian otonom besar web atas nama pengguna atau, lebih umum, dari mesin pencari. Chapter4
Communication Tempat dan waktu dapat digunakan untuk membuat kerangka kerja untuk mengklasifikasikan teknologi IT dukungan komunikasi dan kolaborasi (waktu sama / tempat yang sama, waktu sama / tempat yang berbeda, waktu berbeda / tempat yang sama, waktu yang berbeda / tempat yang berbeda). Asynchronous Communication. Komunikasi yang dikirim pada waktu tertentu dan diterima beberapa waktu kemudian (misalnya, e-mail) Synchronous (real- time) Communication. Komunikasi yang terjadi dua arah di mana pesan dikirim pada waktu tertentu dan menerima hampir bersamaan (misalnya, telepon, pesan instan online) Chapter4
Kerangka kerja untuk IT Komunikasi Chapter4
Web- based Call Centers (customer care center) Setidaknya ada empat kategori kemampuan bekerja web-based call center: e-mail, chatting teks interaktif, call backs, dan simultaneous voice and web sessions. Chapter4
Voice Communication Komunikasi suara dapat dilakukan melalui Internet menggunakan mikrofon dan kartu suara. Telepon Internet (voice-over IP). Penggunaan internet sebagai media transmisi untuk panggilan telepon. Chapter4
Weblogging (Blogging) Weblog (blog) Adalah situs web pribadi, terbuka untuk umum, di mana pemilik situs mengekspresikan perasaannya atau pendapat. Chapter4
Collaboration Collaboration. Reksa upaya oleh dua atau lebih individu yang melakukan aktivitas dalam rangka untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Work group. Dua atau lebih individu yang bekerja bersama untuk melakukan tugas tertentu, di kedua secara permanen atau sementara. Virtual group (team).Sebuah kelompok kerja yang anggotanya berada di lokasi yang berbeda dan bertemu secara elektronik Chapter4
E-Learning and Distance Learning E-learning. Belajar didukung oleh web; dapat dilakukan di dalam ruang kelas tradisional atau dalam kelas virtual Distance learning (DL). Belajar situasi di mana guru dan siswa tidak memenuhi tatap muka. Chapter4
Manfaat E-Learning Belajar sendiri secara cepat dan kehendak sendiri telah terbukti dapat meningkatkan retensi konten Materi online menawarkan kesempatan untuk memberikan konten yang sangat saat ini, berkualitas tinggi dan konsisten. Mahasiswa memiliki fleksibilitas belajar dari mana saja setiap saat dengan langkah mereka sendiri. Waktu belajar umumnya lebih pendek, dan lebih banyak orang dapat dilatih karena waktu pelatihan yang lebih cepat Biaya pelatihan dapat dikurangi, dan tabungan dapat dilakukan pada fasilitas ruang juga. Chapter4
Virtual Universities Online universitas dari mana siswa mengambil kelas dari rumah atau lokasi yang off-site, melalui Internet. Chapter4
Virtual Work & Telecommuting Virtual Work Environment: Pekerjaan lingkungan di mana tim kerja secara geografis didistribusikan dan terkadang antar-organisasi tim. Telecommuting: Pengaturan dimana karyawan bekerja di rumah, di tempat pelanggan, di tempat kerja khusus, atau saat bepergian, biasanya menggunakan komputer yang terhubung ke tempat kerja mereka. Chapter4
Chapter4 1