void draw() { background(204); int s = second(); int m = minute(); int h = hour(); line(s, 0, s, 33); line(m, 33, m, 66); line(h, 66, h, 100); }
second(); minute(); hour(); Memanggil data waktu dari detik,menit hingga jam dari komputer kita.
int d = day(); int m = month(); int y = year(); String s = String.valueOf(d); text(s, 10, 28); s = String.valueOf(m); text(s, 10, 56); s = String.valueOf(y); text(s, 10, 84);
day(); month(); year(); Memanggil data tanggal,bulan dan tahun dari komputer kita. Text(a,b,c); a : karakter alphanumerik yang akan di tampilkan. b : koordinat x teks. c : koordinat y text.
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Clock
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Miliseconds
Menggunakan masukan dari mouse.
Menggunakan koordinar X dari kursor mouse. Contoh Code : void draw() { background(204); line(mouseX, 20, mouseX, 80); }
Menggunakan koordinar X dari kursor mouse. Contoh Code : void draw() { background(204); line(20, mouseY, 80, mouseY); }
Menggunakan penggunaan klik(tombol) kanan dan klik(tombol) kiri pada mouse. Contoh Code : void draw() { if (mousePressed && (mouseButton == LEFT)) { fill(0); } else if (mousePressed && (mouseButton == RIGHT)) { fill(255); } else { fill(126); } rect(25, 25, 50, 50); }
Fungsi ini menentukan tombol telah ditekan dan fungsi ini hanya bekerja sekali setiap kejadian. Contoh Code : int value = 0; void draw() { fill(value); rect(25, 25, 50, 50); } void mousePressed() { if (value == 0) { value = 255; } else { value = 0; } }
Fungsi ini hanya memberikan nilai true dan false untuk setiap aksi mouse. Contoh Code : void draw() { if (mousePressed == true) { fill(0); } else { fill(255); } rect(25, 25, 50, 50); }
Fungsi ini bekerja jika kursor mouse berpindah-pinah namun jika diklik tombol mouse maka fungsi ini tidak akan aktif. Contoh Code : int value = 0; void draw() { fill(value); rect(25, 25, 50, 50);} void mouseMoved() { value = value+5; if (value > 255) { value = 0;} }
Sama seperti MouseMoved namun perbedaanya, walaupun diklik tombol mouse, fungsi masih tetap aktif. Contoh Code : int value = 0; void draw() { fill(value); rect(25, 25, 50, 50); } void mouseDragged() { value = value + 5; if (value > 255) { value = 0; } }
Fungsi ini sama seperti fungsi MousePressed Contoh Code : int value = 0; void draw() { fill(value); rect(25, 25, 50, 50); } void mouseReleased() { if (value == 0) { value = 255; } else { value = 0; } }
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Mouse 1D
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Mouse 2D
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Mouse Functions
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Mouse Press
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Mouse Signals
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Storing Input
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Constraint
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Easing
Menggunakan masukan dari keyboard.
Selalu mengandung key baru pada keyboard yang digunakan(baik ditekan maupun dilepaskan).
void draw() { if (keyPressed) { if (key == 'b' || key == 'B') { fill(0); } } else { fill(255); } rect(25, 25, 50, 50); }
Digunakan untuk mendeteksi tombol khusus yang ada di keyboard seperti panah (atas,bawah,kanan,kiri) serta tombol ALT, Ctrl, Shift, PAGE_UP, PAGE_DOWN, END, HOME
color fillVal = color(126); void draw() { fill(fillVal); rect(25, 25, 50, 50); } void keyPressed() { if (key == CODED) { if (keyCode == UP) { fillVal = 255; } else if (keyCode == DOWN) { fillVal = 0; } } else { fillVal = 126; } }
Fungsi ini figunakan untuk penekanan semua tombol atau key yang ada di keyboard. Dan saat kita tahan tombolnya maka perubahan akan tetap terjadi.
int value = 0; void draw() { fill(value); rect(25, 25, 50, 50); } void keyPressed() { if (value == 0) { value = 255; } else { value = 0; } }
Fungsi ini memberikan nilai true atau false jika tombol keyboard ditekan atau tidak
void draw() { if (keyPressed == true) { fill(0); } else { fill(255); } rect(25, 25, 50, 50); }
Fungsi ini memberikan kejadian setelah ditekan tombol keyboardnya, namun jika ditahan tombol keyboardnya maka tidak akan ada kejadian atau perubahan.
int value = 0; void draw() { fill(value); rect(25, 25, 50, 50); } void keyReleased() { if (value == 0) { value = 255; } else { value = 0; } }
Fungsi ini dipanggil setelah sekali ditekan tapi tidak berlaku untuk tombol Ctrl, alt dan Shift
void draw() { } void keyPressed() { println("pressed " + int(key) + " " + keyCode); } void keyTyped() { println("typed " + int(key) + " " + keyCode); } void keyReleased() { println("released " + int(key) + " " + keyCode); }
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih Keyboard
Buka menu file di aplikasi processing Klik examples Pilih Input Pilih KeyboardFunctions