Class and Object Introduction Specifying a Class Defining Member Function A C++ Program with Class Nesting of Member Functions Private Member Functions.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Polymorphism Suatu fungsi anggota dari suatu class dapat dijadikan sebagai fungsi virtual Jika fungsi ini dideklarasikan kembali pada class turunan dan.
Advertisements

Fungsi Friend Dalam bahasa C++ kita dapat membuat suatu fungsi yang berada di luar kelas (class) dan dapat meng-ak-ses bagian private suatu kelas. Fungsi.
10 KELAS class nama_class struct nama_struct
Pemrograman Berbasis Objek
Workshop SCS: Java Game Programming
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Lecture 2 Introduction to C# - Object Oriented Sandy Ardianto & Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Function.
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
Pemrograman Berbasis Obyek
Person 12: Korinus gefilem Muh.eka.paputungan :Dosen: Ir. Hassanudin sirait,MT Person 12: Korinus gefilem Muh.eka.paputungan :Dosen: Ir. Hassanudin sirait,MT.
OPERATOR OVERLOADING The ability to provide the operators with a special meaning for a data type but its original meaning is not lost. Example: Operator.
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PILIHAN Pertemuan V
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Review :: Kisi-kisi UTS ::
Class.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Class Member Access Control
Pointer Memory Dinamic.
Fungsi.
Bagian 6 Pembahasan Kelas Dalam C++
Enkapsulasi Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita.
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
Object Oriented Programming Bag.2 Pertemuan 24 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Friend. Adalah fungsi bukan anggota kelas yg dapat mengakses anggota kelas. Secara umum friend berguna jika terdapat suatu operasi yg hendak mengakses.
1 Pertemuan 6 Encapsulation Lanjutan Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Fungsi Fungsi (Sub Program) :
Pointer.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
PERTEMUAN KE-9 IFII SAINTEC UIN SGD. FUNCTION (FUNGSI) Function (fungsi) adalah kumpulan pernyataan/statement yang diberi nama, dimana nama tersebut dapat.
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
1 Pertemuan 2 Function & Pointer Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR FUNGSI Pertemuan VI
Teknik Pemrog. Terstuktur 2
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Nested Object. Friend Keyword. Pointer This. Operator Overloading.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Fungsi, Array dan String
Prosedur dan Fungsi Triana Elizabeth, S.Kom.
1 Pertemuan 5 Encapsulation Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
// Contoh program c++ dengan fungsi template
1 Pertemuan 10 Pemrograman Berorientasi Objek Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
Bayu Priyambadha, S.Kom.  Classes, which are the "blueprints" for an object and are the actual code that defines the properties and methods.  Objects,
Enkapsulasi.
Inheritance (2).
Access Modifier.
Person 8.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Pertemuan 3 Variabel/Dinamik Pointer
Association, Composition dan Inheritance
Class dan Objek Lanjutan Pertemuan 18
C++ static.
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
Method (Metode).
Membuat Kelas.
Fungsi Friend Dalam bahasa C++ kita dapat membuat suatu fungsi yang berada di luar kelas (class) dan dapat meng-ak-ses bagian private suatu kelas. Fungsi.
Inheritance lanjutan Pertemuan 22
Objects in Java U Abd. Rohim, MT mailto:
Class.
Praktikum 02 konstruksi class
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Materi 9 Pembahasan CLASS Dalam C++
C++ Polymorphism.
(Object Oriented Programming)
Nyoba PR Pertemuan 4 Coba PR-nya di Console Application MonoDevelopnya dulu. Kalau sukses tampil hasilnya, baru coba di Unity Script-nya. Di unity script.
CLASS VS OBJECT INTRODUCTION OF CLASS. keyword class diikuti dengan nama class yang kita inginkan. Lebih baik digunakan kata yang diawali huruf.
Transcript presentasi:

Class and Object Introduction Specifying a Class Defining Member Function A C++ Program with Class Nesting of Member Functions Private Member Functions Memory Allocation for Objects Konversi program prosedural ke OOP

CLASSES & OBJECTS SPECIFYING A CLASS class class_name { private: variable_declarations; function_declarations; public: variable_declarations; function_declarations; } Keywords private and public known as visibility labels. private can be accessed only from within the class. Data member/ Variable is commonly private. public can be accessed from outside the class. Member function is commonly public.

Class Private Area Public Area Data/ Variabel Function/ Method Data/ Variabel Function/ Method No Entry ! Entry Allowed

#include class set { private:int m, n; int largest(void) { if (m >= n)return( m ); elsereturn( n ); }; public: void input(void) { cout << "input values of m and n : " << "\n"; cin >> m >> n; }; void display(void); //declaration only }; void set :: display (void)// outside class definition { cout << "Largest value = " << largest( ) << "\n"; }//call private main( ) { set A;//creating an object A from class set A.input( ); //calling public member function A.display( ); //calling public member function }

Memory Allocation of Objects Member Function 1 Member Function 2 Object 1 Member Variabel Object 2 Member Variabel

Konversi Prosedural ke OOP 1.Pastikan program sudah terbagi menjadi fungsi-fungsi/ modular. 2.Identifikasi class yang bisa dibuat. 3.Identifikasi data member dan member function untuk class yang bersangkutan. 4.Tentukan bagian private dan public class (sesuaikan dengan skenario fungsi utama). 5.Buat fungsi utamanya (void main()). a.Membuat obyek dari class. b.Menjalankan bagian public dari class.

//PROCEDURAL PROGRAMMING #include “stdio.h” void main() { int p, l, t, volume; printf(“Program Balok\n”); printf(“Masukkan P = “); scanf(“%d”, &p); printf(“Masukkan L = “); scanf(“%d”, &l); printf(“Masukkan T = “); scanf(“%d”, &t); volume = p * l * t; printf(“Volume = %d\n”, volume); } #include “iostream.h” class balok { private : int p, l, t, volume; public : void input(void) { printf(“Masukkan P = “); scanf(“%d”, &p); printf(“Masukkan L = “); scanf(“%d”, &l); printf(“Masukkan T = “); scanf(“%d”, &t); }; void hitung(void) { volume = p * l * t; }; void output(void) { printf(“Volume = %d\n”, volume); }; }; void main() {balok balokku; printf(“Program Balok\n”); balokku.input(); balokku.hitung(); balokku.output(); }

Latihan : Identifikasi class apa saja yang terdapat di dalam sistem di bawah ini serta lengkapi dengan data member dan member function untuk masing-masing class. * buat program sederhananya juga. 1.Program menghitung luas bangun-bangun bidang datar (segi tiga & persegi panjang). 2.Program konversi mata uang rupiah ke dolar (1 $ = Rp 9.000). 3.Menampilkan N bilangan genap pertama.