Matakuliah : M0044/Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BENTUK DATA FLOW DIAGRAM DFD SISTEM, SUBSISTEM, DAN KEJADIAN
Advertisements

Tahapan information engineering
Task Analisys (Analisa Tugas)
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
Defining Business Requirement / Medefiniskan kebutuhan User
Project Procurement Management
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat membuat diagram / skema untuk assessment setiap tahap pengembangan.
SQL 2. Database TRANSACTION Tabel yang terlibat : Customer berisi data pelanggan (nama, alamat, dll) OderInfo berisi info pemesanan oleh pelanggan (tgl.
Perancangan Database Pertemuan 07 s.d 08
WaterfallPrototyping RAD Incremental Prototyping Pendekatan SDLC.
1 Pertemuan 17 Input / Output Matakuliah: T0316/sistem Operasi Tahun: 2005 Versi/Revisi: 5.
1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Inventory Management. Introduction Basic definitions ? An inventory is an accumulation of a commodity that will be used to satisfy some future demand.
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
1 Pertemuan 09 Kebutuhan Sistem Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
DESIGNING EIS SCREEN Mata Kuliah: CSM-211, Management Support System Tahun Akademik: 2012/2013 Sasaran Pembelajaran The student can build diagram / schema.
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
PEMBUATAN MODEL DATA dan DESAIN DATABASE
(HTML). Frames are most typically used to have a menu in one frame, and content in another frame. When someone clicks a link on the menu that web page.
1 Pertemuan 8 Manusia dan hambatannya dalam penggunaan teknologi Matakuliah: H0472 / Konsep Sistem Informasi Tahun: 2006 Versi: 1.
1 Pertemuan 21 Function Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 22 Analisis Studi Kasus 2 Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
Result in Competitive Advantage from: Low costs Differentiation Result in Competitive Advantage from: Low costs Differentiation Improving Responsiveness.
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
1 Pertemuan > Mahasiswa Mampu Mendesign Alternatif Interface Sesuai dengan Kebutuhan Matakuliah: M0044/Interaksi Manusia dan Komputer Tahun: 2005 Versi:
1 Minggu 10, Pertemuan 20 Normalization (cont.) Matakuliah: T0206-Sistem Basisdata Tahun: 2005 Versi: 1.0/0.0.
1 Pertemuan 11 Function dari System Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
Materi. Introduction In this discussion the appliaction of maintainability to the design process is addressed. The maintainability design process is similar.
1 INTRODUCTION Pertemuan 1 s.d 2 Matakuliah: A0554/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2006.
Introduction.  Proses manajemen untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara menguntungkan  Pemasaran adalah proses.
PERFORMANCE-BASED ASSESMENT DEFINITION CHARACTERISTIC S DESIGNING PERFORMANCE ASSESSMENT END TERM OF PERFORMANCE ASSESSMENT.
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Functional Requirements vs Non Functional Requirements
Pert. 16. Menyimak lingkungan IS/IT saat ini
Chapter 9 Customer Decision Processes Evaluation and Choice
Membangun Web Site“Cantik”
Rekayasa Perangkat Lunak Class Diagram
Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 5 Struktur dan Hubungan Antara Class dan Object
Defining Business Requirement / Medefiniskan kebutuhan User
Innovasi Hypermedia dan Ilmu Komputer
Pertemuan #3 Data Modeling Using the Entity-Relationship Model
TINJAUAN MENYELURUH PROSES BISNIS
IMPLEMENTASI FMS.
CLASS DIAGRAM.
Teori Dasar Sistem.
Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 17 Aplication Domain
Pertemuan <<18>> << Penemuan Fakta(01) >>
Lecture 3 User Interface Design.
Pengantar Bisnis 7 Sessi.
Introduction to Database Management System Pertemuan 01
Dr Rilla Gantino, SE., AK., MM
SISTEM INFORMASI ENTERPRISE
Tugas Perorangan Service Elektronik “Pasti” menerima reparasi barang-barang elektronik seperti Radio, VCD, Televisi dan Tape. Setiap ada pelanggan yang.
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Dasar-Dasar Sistem Informasi
Pertemuan 4 CLASS DIAGRAM.
Task Analysis.
How to Set Up AT&T on MS Outlook ATT is a multinational company headquartered in Texas. ATT services are used by many people widely across.
How the Challenges Make You A Perfect Event Organiser.
Evidence-Based Medicine Prof. Carl Heneghan Director CEBM University of Oxford.
THE INFORMATION ABOUT HEALTH INSURANCE IN AUSTRALIA.
 Zoho Mail offers easy options to migrate data from G Suite or Gmail accounts. All s, contacts, and calendar or other important data can be imported.
Rank Your Ideas The next step is to rank and compare your three high- potential ideas. Rank each one on the three qualities of feasibility, persuasion,
Identification Touch Point Elements of Traveloka Dara Mawar Jelita Aldila Amalia Saufika.
Transcript presentasi:

Matakuliah : M0044/Interaksi Manusia dan Komputer Tahun : 2005 Versi : 2 / 2 Pertemuan <<7>> Menghubungkan Kebutuhan User dengan Tipe Interface

Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menghubungkan Kebutuhan User dengan Tipe Interface

Outline Materi Mempelajari Kebutuhan User Mengevaluasi Advantage Primary Interaction Styles dengan Kebutuhan user

Some Guidelines A dialogue needs to be simple, natural, and consistent. Requirements placed on the users’ memory need to be minimal. Feedback must be informative and constructive. Errors must be prevented. Detailed discussion is beyond the scope of this unit.

Determine User-Interface Elements Representations of objects in the model Many possibilities: icons, fields, tables, diagrams, windows Need a clear & consistent system of representations Activation of functions Buttons, menu screens, pull-down/pop-up menus Also need support for visualisation and feedback Needs to be consistent and fit within the dialog pattern/style Result is a list of user-interface elements

Describe Interface Elements User Interface: General effect: colours, fonts, types of menus, types of icons, default positions Navigation: dialog linkages between buttons, menus, screens, windows, etc. Computer screens/windows/forms, etc.: layout, interactivity, consistency Outcome of activity is screen/form designs, navigation diagram and other descriptions

Example Navigation Diagram (Partial) Start Exit Commands, menu selections, or buttons to change screens or windows Miniature of screen or window

User Centered Design Menurut The Human Factors and Ergonomics Society mendesign UI yang baik mengikuti prosedur seperti di Bawah ini :

User Requirement User Requirements (Cross ref: functional task analysis, user needs) In general, user requirements are the set of data that indicates how a product requirement is defined in terms of customer goals, strengths, limitations, attitudes, and behaviors.  This data ensures the customer benefits from the solutions delivered by keeping the focus of design on the user and not on the designer.  User requirements are identified by examining the users themselves, the tasks and goals that the users are trying to accomplish, and the environment of circumstances surrounding their work.   Collecting and analyzing user requirements data supports design decisions. When designers have access to detailed information relevant to product use, they can more easily evaluate and reject initial design solutions as incompatible with user capabilities and requirements. Designers can also use this information to optimize design, enable early testing of problems, and gather data for training and learning facilitators. Without user requirements, other considerations such as ease of implementation and reuse of code may take priority.

User Profile The user profile is a source of user requirements.  The user profile specifies information regarding the general population (types) of individuals who will make daily use of the system functions.  A user profile often categorizes the potential user populations (e.g., data input personnel, information gathering personnel) and states each category's percentage of the total user population.  The pertinent characteristics of each category are also specified.  Common characteristics include, but are not limited to: Amount / level / type of training expected Education and training level Experience, knowledge, or skills in the task domain Preferences or expectations that might influence acceptance of product Preferred method of accomplishing overall tasks and subtasks

Jenis-jenis Tugas User Query by Patient Update data Query across Patients Add Relations Evaluate System Job title Nurse 0.14 0.11 Physician 0.06 0.04 Supervisor 0.01 Appointment personal 0.26 Medical-record maintainer 0.07 Clinical researcher 0.08 Database programmer 0.02 0.05 Task

Video Rental Store Suatu sistem Informasi untuk mengelola penyewaan video didalam toko persewaan video. Tokonya menawarkan video dalam kategori yang ber-beda-beda. Untuk menjadi member, gratis dan terbuka untuk semua orang tetapi diharuskan mendaftar untuk menyewa video. Tokonya melacak aktifitas dari setiap pelanggan dan akan mengirimkan reminder bila video tidak dikembalikan dalam waktu 48 jam. Reminder kedua akan dikirim setelah satu minggu, dan jika tidak mengembalikan video, pelanggan akan di exclude hingga videonya di kembalikan. Untuk setiap video title, ada beberapa tape untuk disewakan, dan member dapat memesan video tertentu untuk di sewa pada tanggal tertentu. Tambahkan assumsi bila diperlukan

Gunakan Use Case untuk mengidentifikasi user requirement Video Rental Store Gunakan Use Case untuk mengidentifikasi user requirement Sewa Pengembalian Pengembalian Kasir Print Remainder

Load Pekerjaan yang tinggi Semua pekerjaan dihandle oleh kasir User Profile Kasir Load Pekerjaan yang tinggi Semua pekerjaan dihandle oleh kasir Kebutuhan: Feature yang lengkap Mudah digunakan Controling yang baik, mis Computer harus menghitung secara otomatis denda Computer harus otomatis membuat remainder

Latihan Ada sebuah bengkel yang meminta bantuan anda untuk membuatkan system service. Jika dilihat dari prosedur yang berlaku disana maka pertama –tama jika ada pelanggan baru maka akan mendaftar di bagian customer service, jika sudah pernah berkunjung maka pelanggan akan dilayani oleh Bagian Service dengan membuat Order, setelah itu pelanggan akan mendapat no, dan akan menunggu sampai no yang dipegang pelanggan sesuai dengan urutan, baru kemudian mobil akan diservice sesuai dengan keluhan pelanggan, mobil akan disservice oleh montir yang diassign di dalam Order, jika di dalam perbaikan ada bagian yang perlu diganti , maka montir akan meminta persetujuan pelanggan untuk mengganti sparepart, jika disetujui maka montir akan mengambil sparepart dari bagian gudang, setelah selesai maka mobil akan diuji terlebih dahulu oleh bagian QC, dan jika sparepart kurang maka bagian gudang akan membuka nota pemesanaan barang ke Supplier yang terlebih dahulu harus disetujui dan ditandatangani oleh bagian Finance. Setelah selesai maka pelanggan akan membayar seluruh biaya jasa service dan sparepart di kasir, dan kasir akan mencetak Bill Pembayaran untuk Pelanggan. Buat User Profile dan user Requirement

Toko Bangunan Maju Terus Toko bangunan “Maju Terus” menjual bahan bangunan seperti semen, paku, pasir, cat dll. Setiap melakukan penjualan pada pelanggan dibuatlah nota penjualan dan pembayaran dilakukan secara tunai. Bila ada pelanggan akan membeli barang, dilayani oleh penjaga toko dan pembayaran diberikan pada kasir. Pembelian barang pada supplier juga dilakukan secara tunai. Toko Maju Jaya mempunyai banyak supplier dan setiap supplier mesupply barang yang berbeda. Buat User Profile dan user Requirement

SERVICE ELEKTORNIK “PASTI” Service Elektronik “Pasti” menerima reparasi barang-barang elektronik seperti Radio, VCD, Televisi dan Tape. Setiap ada pelanggan yang akan memperbaiki barang elektroniknya diterima oleh bagian penerimaan barang dan diberikan bukti reparasi. Setiap barang yang akan direparasi diberikan pada Montir tertentu dan Service Elektronik “Pasti” mempunyai beberapa Montir. Pada saat memperbaiki, bila diperlukan spare part, maka Montir akan meminta spare part dan dicatat oleh bagian Administrasi utk pelanggan mana. Setelah selesai pada bukti reparasi akan ditulis spare part yang digunakan dan biaya reparasinya. Buat User Profile dan user Requirement