Consumer Behavior Online

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Planning Erick Kurniawan, M.Kom. Rencana  Sebagai Contoh Project  Membangun Online Learning Community  Dimana user didalam OLC dapat saling sharing.
Advertisements

PENGENALAN Software & Hardware untuk berinternet dan jenis – jenis Homepage.
Web Statis vs Web Dinamis
Sigit Ary Wijayanto
Internet revolusi komunikasi Lelang Online  Lokasi menjadi tidak masalah (dimanapun)  Penjual merasa aman karena harga tidak terlalu rendah  Pembeli.
DAMPAK INTERNET Alia Sugeng Rahayu Aline Arum Suryani
FUNGSI DAN LAYANAN INTERNET
Differentiation Positioning
Internet & Jaringan Komputer
E-Commerce Oleh : Dian Meithasari ( )
Pengantar e - Commerce.
E-Commerce.
BAB 7 INTERNET Pendahuluan Definisi internet Pemanfaatan Internet
CRM in e-Business.
TEAM 2 E-commerce Penjelasan Dan Contoh Dari
Pengantar Keamanan Sistem-Sistem Informasi Lukito Edi Nugroho.
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
E-Commerce Concept and Implementation
GENERASI MEDIA BARU DAN INTERNET
Online PR Judhie Setiawan
TUGAS MAKALAH E – commerce dan E - business
Marketing Mix Price.
PTIK– PERTEMUAN 8 E-COMMERCE
Media Baru: From Nothing to Something (Studi Kasus Pemanfaatan Media Oleh Trinity Via Blog Naked-traveler.com dan The S.I.G.I.T Via Situs Myspace.com Dalam.
KECEPATAN TRANSFER DATA BANDWITH MEMILIKI SERVER PROXY
VIRTUAL MARKETING Disusun Oleh : Imam Widayat ( )
INTERNET.
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
ECommerce.
Presented By MUSTHAFA ZAHIR
BAB 1 PENGENALAN INTERNET
Pertemuan Ke 3. “Business-to-Consumen”
Isu Etika dan Sosial dalam Perusahaan Digital
Sistem e-Commerce.
Lelang Online Lokasi menjadi tidak masalah (dimanapun)
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen
SELAMAT DATANG DI ERA INFORMASI Dwi Sumarwanto
E-Commerce.
Pengantar e - Commerce.
TUJUAN SITUS DAN KEBUTUHAN PENGGUNA
Pertemuan Ke 2. “e-Commerce”
KELOMPOK 5 AHMAD DIMYATI ( ) AHMAD UBAIDILLAH ( )
Isu Etika dan Sosial dalam Perusahaan Digital
ECommerce.
KONSEP DASAR E-COMMERCE Pertemuan 4
Pengantar e - Commerce.
Aji Purwoko i Ali Usman I findriyani I Kafa khanan m I Resti aprika s
E-Marketing Research.
E-COMMERCE DAN E-BUSINESS
PENGENALAN PERILAKU KONSUMEN
PERKEMBANGAN NILAI PLUS & MINUS IMPLEMENTASI & TEKNOLOGI
Slide 2 Agung Brastama Putra.
KEWIRAUSAHAAN TOPIK 6 RENCANA PEMASARAN.
Copyrights teknik perkapalan ITS 2013
Pemasaran online SMK Profita Bandung.
Strategi Tier 1 Segmentation Targeting Differentiation Positioning
MODEL-MODEL E-BISNIS Pertemuan 3.
MERANCANG PEMBUATAN WEBSITE
E-Business dan E-Commerce
MEDIA – MEDIA ECOMMERCE
PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS
Jual beli Online ST3Telkom.
E-commerce Gasal 2010/2011.
Ruang Lingkup E-Bisnis
PEMASARAN KELOMPOK 10 Widya Agustina (A1F013001)
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Cyberpreneurship KP225 – Cyberpreneurship Anugrah Bagus Susilo, S.Kom.
Digital Divide.
Slide 2 Agung Brastama Putra.
Transcript presentasi:

Consumer Behavior Online Perilaku Konsumen secara Online

Konsumen pada abad 21 Konsumen di Amerika Serikat: 71% merupakan internet user 29% tidak menggunakan internet Karakteristik dari 29% kategori di atas: Merupakan generasi yang lebih tua Pendidikan rendah Tidak mempunyai keluarga/anak Tinggal di daerah suburb/pinggiran Mempunyai penghasilan yang rendah

Kategori untuk non-user internet: Net Evaders (8% dari non-user) Tidak berpikir bahwa internet itu berguna, tidak berpikir bahwa mereka melewatkan sesuatu, tidak memiliki kemampuan untuk mau belajar Net Dropouts (17% dari non-user) Pernah mencoba online, tetapi kemudian berhenti sama sekali, merasa internet terlalu mahal Truly Unconnected (69% dari non-user) Pendapatan rendah dan kurang berpendidikan, merasa internet terlalu kompleks Intermittent Users Pernah online, tetapi lowong dalam jangka waktu lama, karena problem teknis, peduli dengan biaya untuk online

Proses pertukaran di dalam internet Exchange (Pertukaran) Konsep dasar marketing yang merujuk pada proses untuk mendapatkan obyek sebagai timbal balik dari suatu penawaran Pertukaran tersebut terjadi dalam lingkup: Teknologi Sosial/Budaya Konteks legal/hukum

Proses pertukaran online HASIL/KELUARAN Connect Create Enjoy Learn Trade INDIVIDUAL Karakteristik Resources/Sumber Daya Internet Exchange

Konteks Teknologi Pengembangan teknologi yang paling berpengaruh dalam perilaku online dari customer: Kecepatan internet di rumah Perkembangan teknologi mobile untuk online Customer yang mempunyai kecepatan akses internet high-speed akan mempunyai perilaku yang berbeda dengan customer yang melakukan online dengan kecepatan modem 56K

Konteks Sosial & Budaya Dengan internet, power/kekuasaan sekarang berpindah ke tangan buyer/customer Internet membuat customer mendapatkan informasi tentang produk dengan lebih mudah, kapan saja dan di mana saja

Konteks Sosial & Budaya (lanjutan) Beberapa trend sosial dan budaya yang berpengaruh pada pertukaran online: Customer yang tahu bahwa mereka mempunyai kontrol dan mempunyai banyak pilihan Informasi adalah tidak terbatas, tetapi tergantung dari kemampuan customer untuk menangkapnya Banyak customer yang cenderung melakukan multitasking, sehingga perhatian pada tiap kegiatan jadi berkurang Batas antara penggunaan internet di rumah dan kantor menjadi semakin kabur Customer cenderung melakukan suatu aktifitas online kapanpun dan di manapun Self-service sangat diperlukan Kejahatan internet dan keamanan data merupakan hal yang penting

Konteks Legal/Hukum Etika dalam internet Pembajakan produk digital

Karakteristik Individu User dalam internet mempunyai beberapa karakteristik berdasarkan: Demografi Umur, penghasilan, pendidikan, etnik, jenis kelamin Perilaku positif dalam menggunakan teknologi Customer yang pernah melakukan aktifitas pembelian online cenderung mempunyai tanggapan positif mengenai teknologi tersebut Skill dan pengalaman untuk melakukan aktifitas online Customer yang sudah mengenal internet lebih dari 3 tahun dan mempunyai high-speed internet access cenderung mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan perdagangan di internet

Sumber Daya Customer Customer akan mengeluarkan suatu cost/biaya untuk mendapatkan suatu nilai/value dari aktifitas online: Money/Uang Time/Waktu Fisik dan energi

Hasil/Keluaran dari Pertukaran Online Customer akan melakukan 5 aktifitas dasar secara online: Connect Create Enjoy Learn Trade

Aktifitas 1: Connect E-mail (92%) Instant Messanging (39%) Blog (39%) Short message services (35%) Sharing files (27%) Diskusi online (22%) Kencan di internet (11%)

Aktifitas 2: Create User membuat profiles, upload foto dan aktifitas lainnya pada situs social networking Upload/share foto (37%) Comment/rate foto (32%) Comment/rate blog (22%) Membuat content/post (21%) Membuat blog (12%)

Aktifitas 3: Enjoy Customer menggunakan internet untuk menikmati entertainment Browsing (62%) Melihat video (48%) Melihat berita & score olah raga (45%) Download musik (37%) Game (35%) Mengunjungi web site dewasa (13%)

Aktifitas 4: Learn Customer mengakses internet untuk mendapatkan informasi seperti berita, petunjuk peta, informasi travel, pekerjaan, cuaca, dll Search engine (91%) Peta & petunjuk arah (86%) Cuaca (78%) News (71%) Job (46%) Financial (36%) Online class (13%)

Aktifitas 5: Trade Customer melakukan pembelian dan aktifitas perdagangan/commerce secara online Riset produk sebelum membeli (81%) Membeli produk online (66%) Mengatur aktifitas travel (64%) Online banking (51%) Menjual secara online (15%) Membeli/menjual saham secara online (11%)