REQUIREMENT AND SPESIFICATION Kelompok 2 PPL C Iftitahuni’mah Wijayanti N.K.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
STRATEGI WEB PLAN DAN IMPLEMENTASINYA
Advertisements

Bab 5 Perangkat Lunak.
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM
Profesi di Bidang Teknologi Informasi
ANALISIS SISTEM.
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
TIB15 - ANALISIS & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Rekayasa Kebutuhan Sistem
Content Managament System
Pengembangan perangkat lunak
MANAJEMEN KONFIGURASI SOFTWARE
Analisis Sistem Kuliah M-4.
MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI
TECHNOPRENEURSHIP.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Kelompok 1 T.Yusak D Alenta D J M Nasir Isommudin
Kelompok 5 : Asdin Ines Lestari Neng Susanti Siti Robiahtul Adawiyah Vena Senja Maba SOFTWARE REQUIREMENTS.
Pengelolaan Sistem Informasi
10 documentation.
Manajemen Proyek Web.
ECommerce.
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
Sistem Informasi Akademik Sekolah
Dokumentasi & Pengelolaan Kebutuhan
Professional documents
Pengelolaan Sistem Informasi
Project IT Organization
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
MANAJEMEN PROYEK TI PERTEMUAN KE 1 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
E - Business “CRM” Sistem Informasi STMIK AMIKOM Purwokerto 2013.
Memahami Kebutuhan User (Fase Definisi)
Tahap Proses PSSI.
Manajemen Proyek TI (Perancangan Jaringan)
Manajemen Proyek TI.
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
Evaluasi IMK.
Evaluasi IMK.
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
ECommerce.
Persiapan Implementasi
MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Management Projeck “Fase Inisialisasi dan Reqiurement Analisys”
Disusun Oleh: Defri Kurniawan, M.Kom Teknik Informatika UDINUS
Rekayasa Kebutuhan Software
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
Dosen : Fajar Y. Zebua Manajemen Proyek TI Dosen : Fajar Y. Zebua
Strategi Pengadaan Sistem
FASE ANALISIS.
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
Bab 1 Merencanakan Bisnis.
Evaluasi IMK.
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
Chapter 13 Karir dan Sertifikasi di bidang Komputer
Evaluasi IMK.
RENCANA PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (RPPL)
REKAYASA WEB Development Process
Perencanaan Model Bisnis E-Commerce GENAP 2009/2010
Evaluasi IMK.
REKAYASA KEBUTUHAN SISTEM Pertemuan 3
Aplikasi dan Rekayasa E-Bisnis
Evaluasi IMK.
Analisis dan Desain Sistem
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
FASE INISIALISASI MPSI sesi 3.
World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet.
Manajemen Proyek.
Transcript presentasi:

REQUIREMENT AND SPESIFICATION Kelompok 2 PPL C Iftitahuni’mah Wijayanti N.K

REQUIREMENT AND SPESIFICATION Process impact: Dokumentasi mengenai kebutuhan user dan penjelasan stakeholder.Apa yang stakeholder harapkan kadang- kadang tidak secara explicit diungkapkan.Disini akan didokumentasikan mengenai kebutuhan user, terpisah dari SRS, tetapi justru membantu pembuatan SRS(Software Requirement Spesification). Agreed Goals (Derajat Ketercapaian) Untuk mengukur apakah tujuan tercapai dilihat dari apakah stakeholder setuju dengan tujuan project yang kita tawarkan atau belum.Jika sudah maka tuliskan dan buat linknya, jika belum maka kita harus berusaha untuk memperbaiki proyek yang bersangkutan sampai stakeholder setuju. Setelah sesi interview dan brainstorming cukup, kita mempunyai revised project description yang sudah disetujui oleh semua stakeholderrevised project description

Environment (Aspek lingkungan) Disini kita mendeskripsikan berbaga aspek lingkungan dimana software akan dipakai.Contoh: Apa saja yang menjadi lingkungan bisnis system ? Masing-masing agen besar bekerja dengan banyak pembeli dan penjual yang potensial.Antara agen yang satu dengan yang lain tidak pernah berbagi data customer karena mereka tidak ingin berbagi komisi.Padahal informasi yang yang tidak spesifik berubah setiap hari jadi, system ini harus dapat membantunya. Pecinta game akan mengunjungi beberapa free web sites untuk mendapat informasi tentang tim.kenyataannya informasi yang tersedia lebih banyak dari pada kemampuan membaca.masalahnya, bagimanakah mendapat informasi yang bagus dengan sedikit tenaga.Website tersebut harus familiar terhadap pengunjung yang telah menginjungi website lain. Apa saja lingkungan fisik system ? System ini berupa web server yang akan berjalan pada mesin di co-located data center dengan 24x7 monitoring, UPS,AC,dsb. Aplikasi ini berjalan pada hand-held devices yang sering dipakai sambil jalan.Pencahayaan lingkungannya bagus, tetapi banyak noise dan hambatan. Apa saja lingkungan teknologi system (hardware and software)? 60% dari gamer mempunyai mesin Pentium-II dan prosesor sejenis., sedang 30% mempunyai mesin Pentium-Idan 10% mempunyai mesin yang lebih bagus.Sementara beberapa user memakai layer 17-inch, 15 inch atau laptop dengan resolusi 1024x768.65% gamer menggunakan Windows 98 atau Me. 30% menggunakan windows NT, 2000, atau XP. Sisanya 5% menggunakan Mac OS X, Mac OS 9, atau Linux.

Stakeholders / Actors Apa yang harus dilakuakan?Daftar dan diskripsikan stakeholder dari produk ini.Dapat individu atau kelompok orang.Untuk masing-masing stakeholder, data dan urutkan tingkat kebutuhan mereka.Perhatikan apa yang membuat stakeholder tertarik dan seberapa sering mereka memakai system, termasuk strength, weakness, kelebihan dsb. TIP:Untuk memperoleh informasi dari berbagai macam user, kita dapat wawancara dengan user yang terlibat langsung, serta orang-orang yang bekerjasama dengan user seperti domain experts, technical trainers, technical support staff, technical writers, supervise dari user,dan sales dan orang-orang dari departemen marketing.  Semua Semua stakeholder mebutuhkan : Security (keamanan) system dari para pengunjung. Ketersedianan untuk diakses setiap waktu melalui internet.  Player/Pemakai Player menginginkan hiburan.Artinya mempunyai sense penjelajahan, menantang, menarik, dan komunitas.Beberapa player yang terlibat dalam komunitas akan menggunakan beberapa jam dalam satu minggu sedangkan lainnya menghabiskan lebih dari 20 jam perminggu.Jadi mereka butuh informasi diposting sesering mungkin agar tetap tertarik.User yang tergabung dalam komunitas mempunyai peran yang besar terhadap kegunaan dan kualitas dari situs, tetapi mereka tidak tau banyak tentang ilmu computer. Kebutuhan pokok: Mendapat informasi dengan mudah. Tetap menjaga komunitas. Mengerti tanggal dan waktu pelaksanaan lomba. Melaporkan penyelundum dengan cepat.

 Player > Advanced player Player yang sudah Advancd mencari sesuatu yang lebih menantang untuk meneruskan sense petualangnya.Mereka cenderung bermain lebih dari 20 jam erminggu.Mereka telah melihat game yang banyak dan butuh yang lebih besar. Kebutuhan pokok: Melihat keterkaitan yang membandingkan antar kelompok. Mengerti hubungan antar kelompok (komunitas). Mengerti jadwal pertandingan.

Catatan untuk interview dan Brainstorming Yang harus dilakukan :Catat hasil wawancara stakeholder atau dari sesi brainstorming dengan tim developer. DATE, INTERVIEWEE Catatan dari interview (Tuliskan di sini) DATE, PARTICIPANTS Catatan dari sesei Brainstorming (Tuliskan di sini) DATE, PARTICIPANTS Isi jika interview lewat . Performance dan Kapasitas kebutuhan Yang harus dilakukan :catat nilai yang diinginkan stakeholder dalam berbagai aspek terhadap kapasitas system.Jika kita puny aide untuk meningkatkan rating itu lebih bagus. Contoh 50,000 user terecord dalam website(dengan rata-rata register perhari) 1000 user browsing diwebsite komunitas game anggota komunitas tunggal (rata-rata 8) 4 MB space hardisk maksimal untuk masing-masing komunitas.(rata-rata 0.5 MB) 100 game vendor memosting iklan pada situs ini iklan tercatat di database.

Catatan interview- Informasi Proyek Project:PROJECTNAME Interviewer(s):PERSONNAME Interviewee(s):PERSONNAME Date of Interview:DATE Interview Location:LOCATION Related Documents:Project proposalProject proposal > Target audience and benefitsTarget audience and benefits Interview checklist Glossary

Pertanyaan interview dan jawaban Yang harus dilakukan :sebelum interview, rancang pertanyaan terlebih dahulu.Kemudian catat jawaban yang diperoleh dan beberapa pertanyaan dan jawaban tambahan serta follow-up dari pertanyaan. Contoh: Bagaimana anda memperoleh kebutuhan dari product tersebut ? Jawab Apa saja jenis user yang akan menggunakan produk tersebut? Jawab

Software Requirements Specification SRS menjelaskan tentang produk software yang akan dibangun. Keputusan yang dibuat dalam SRS adalah berdasarkan dokumen project proposal dan user needs.project proposaluser needs

Informasi apa saja yang ada pada SRS Background and Motivation Informasi yang seharusnya ada: Apakah inti masalah atau keperluan customer akan produk tersebut yang akan kita angkat? Mengapa kebutuhan akan produk ini tetap ada? Why are these problems worth solving? Siapakah sasaran / customernya? Bagaimana setting and history dari project tersebut? Misalnya apakah system yang dibangun itu stand-alone systems yang bisa berinteraksi dengan user. Atau menyediakan layanan networking bagi usernya sehingga antara user satu dan yang lainnya saling terhubung Apa problem utama yang akan menghalangi produk? Misalnya dalam kasus pembuatan software game online. Ada 100 juta user di Internet, dan ratusan websites yang menyediakan layanan video game dalam tim. Maka user akan kesulitan dalam memilih website dan akan memerlukan waktu yang lama untuk bergabung dan mengumpulkan pemain dalam suatu tim. Apa pendekatan terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut? Bagaimanakan parameter penilaian bahwa suatu produk itu baik? Suatu pelayanan yang bernilai baik adalah jika produk atau software yang dihasilkan dapat meningkatkan kepuasan user dan mengurangi waktu tunggu dll. Bagaimana produk ini dapat lebih baik daripada sebelumnya? Misalnya, dengan menambahkan fitur baru, fungsi yang kita miliki lebih complex dan detail, lebih dalam hal maintainability, scalability, dan security. Memperkecil sedikit persamaan dengan produk lain dan memperbesr keunikan / ciri khas.

Informasi apa saja yang ada pada SRS Goal / Tujuan Apakah tujuan dan manfaat dari produk ini? Scope / Ruang Lingkup Informasi bisa berupa batasan masalah atau ruang lingkup proyek yang dikerjakan Contoh untuk aplikasi game online: Bekerja dengan server dan browser yang umum (familiar). Mengijinkan customization untuk font dan warna, dengan page layout dasar. Security yang cukup untuk mengatasi beberpa gangguan Memiliki fitur untuk mendiskusikan suatu game, tapi tidak melakuakn relasi dengan software game lain

Deliverables TODO: Membuat list project deliverables, mengenai kelebihan apa yang akan kita sampaikan/tawarkan kepada customer Contoh: - Customization guide - Sample look-and-feel - On-line help for end users - Command-line advertising configuration tool and report generator Informasi apa saja yang ada pada SRS

Risks and Rewards Apa resiko utama dari proyek ini? Apa keuntungan / reward yang diperoleh ketika proyek ini sukses? Informasi apa saja yang ada pada SRS

Use Cases Contoh Use Cases sesuai Functionalitas produk Manajemen user account UC-00UC-00 konfigurasi situs UC-01UC-01 Register sebagai user baru UC-02UC-02 Meminta password baru UC-03UC-03 Edit profil user UC-04UC-04 Melihat profil user Manajemen kursus UC-10UC-10 Membuat kursus baru UC-11UC-11 Melihat descripsi katalog UC-31UC-31 Menetapkan kursus ke room Course enrollment UC-20UC-20 Mendaftar pada suatu kursus UC-21UC-21 Drop kursus Facilities management UC-30UC-30 Melihat descripsi room UC-31UC-31 Menetapkan kursus ke room Informasi apa saja yang ada pada SRS

Use Cases dalam hubungannya dengan Stakeholder Semua Stakeholders UC-11UC-11 Melihat descripsi katalog UC-30UC-30 Melihat descripsi room Students UC-01UC-01 Register sebagai user UC-02UC-02 Meminta password baru UC-03UC-03 Edit profil user UC-20UC-20 Mendaftar pada suatu kursus UC-21UC-21 Drop kursus Instructors UC-04UC-04 Melihat profil user Administrators UC-00UC-00 Konfigurasi situs UC-10UC-10 Membuat kursus baru UC-31UC-31 Menetapkan kursus ke room Informasi apa saja yang ada pada SRS

Use Cases Sesuai Prioritas Essential UC-00UC-00 Konfigurasi situs UC-01UC-01 Register sebagai user baru UC-10UC-10 Membuat kursus baru UC-11UC-11 Melihat descripsi katalog UC-20UC-20 Mendaftar pada suatu kursus UC-21UC-21 Drop kursus UC-30UC-30 Menetapkan kursus ke room Optional UC-30UC-30 Membuat deskripsi room Informasi apa saja yang ada pada SRS

Use Cases dengan Business Object dan Actor BO \ ActorAllStudentInstructorAdmin Student recordN/A Register Register sebagai user yang baru Meminta password baru.Edit profil userEdit profil user Melihat profil user N/A Course Melihat descripsi katalog Mendaftar pada suatu kursus Drop kursus TODO Membuat kursus baru, Menetapkan kursus ke room Room Melihat descripsi room N/A Menetapkan kursus ke room Informasi apa saja yang ada pada SRS

Functional Requirements Process impact: menerangkan tentang individual feature descriptions. Kebanyakan seperti test suite, mengorganisasi feature set oleh prioritas, functional area, actor, business object. TODO: sebelum menulis individual feature descriptions, buat list semua features yang diperlukan. TIP: lihat pada dokumen user needs document dan use case suite sebagai ide fitur-fitur yang diperlukanuser needsuse case suite Non-Functional Requirements Informasi yang harus ada: Apakah kebutuhan atas produk dalam hal usability?. Apakah kebutuhan atas produk dalam hal reliabilitas and up-time ? Apakah kebutuhan atas produk dalam hal kenyamanan?. Apakah kebutuhan atas produk dalam hal sekuritas?. Apakah kebutuhan atas produk dalam hal performance dan scalabilitas?. Apakah kebutuhan atas produk dalam hal maintainability dan upgradability? Apakah kebutuhan atas produk dalam hal suppotability dan operability? Apakah kebutuhan atas produk dalam hal business life-cycle ? Environmental Requirements Informasi Apakah kebutuhan akan system hardware? Apakah kebutuhan akan system software? Apakah kebutuhan akan data import dan eksport? Informasi apa saja yang ada pada SRS