PERINTAH-PERINTAH DASAR GREENFOOT II

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Java Applets Pertemuan 7
Advertisements

Image, Animasi dan Multimedia di Delphi
Praktikum Pengolahan Citra
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
KOMPUTER GRAFIS I TEKNIK DASAR MEMBUAT OBJEK 3D 1. THICKNESS
Kelas & Objek.
- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
Other OOP Basic Viska Mutiawani, M.Sc. Konsep penting Method overloading Encapsulation this keyword final static.
Praktikum 9 Pemrograman Berbasis Obyek
Package As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
Praktikum Pengolahan Citra
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
Abstract windowing toolkit & swing
Modul 8: awt Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat program sederhana dalam lingkungan window Modul 8 - awt.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
Perintah-perintah dasar Greenfoot
Presented by : Ratri Enggar Pawening
CSS3 Cascading Style Sheet 3 Cascading Style Sheet 3
Graphical User Interface (GUI)
Pemrograman Database Nyimas Artina, S.Kom, M.Si.
APPLET By : DHANIS PUSPA M (26262).
Interaksi Obyek Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
SPSS PERTEMUAN 2.
Pemrograman Berorientasi Obyek Lanjut (IT251)
Sekilas Impress Open Office.org.
CSS 3.
Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Perulangan (Iteration)
PENGENALAN CSS CSS = Cascading Style Sheet Fungsi : mendefenisikan style untuk suatu teks dengan jenis huruf, ukuran, warna tertentu.
IRAWATI, S.Kom.,MT. PEMROGRAMAN WEB
AWT (Abstract Window Toolkit)
DIGITAL SIGNATURE.
APPLET.
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Algoritma & pemrograman 1B
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Teori Pertemuan 8 “Pengorganisasian Class”
KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi)
Skenario 2: Hujan Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Creating Web Application using Java Applet
Zanial Mazalisa, S.Kom.,M.M
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class dan Object As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Package As’ad Djamalilleil
Review Materi Java Fundamental
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Arsiran pada Obyek (Fill Object) Pertemuan 19&20
Pemrograman II Dasar Java (Jcreator)
Class, Object & Method Pertemuan ke-3.
Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
Greenfoot-Pengenalan OOP
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
PACKAGE.
Java Class Library.
AWT (Abstract Window Toolkit)
Software Untuk Grafika Komputer
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
PENGENALAN CSS CSS = Cascading Style Sheet Fungsi : mendefenisikan style untuk suatu teks dengan jenis huruf, ukuran, warna tertentu.
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Ini Kosongan. Kosong Kosong kosong kosong Kosong Kosong kosong kosong.
Transcript presentasi:

PERINTAH-PERINTAH DASAR GREENFOOT II Drs. Sugeng Rianto, M. Sc. Ubaidillah, S. Si

Overview Greenfoot Primitive Objects String  Scorring Image Manipulation Intersecting (Tumbukan/Collision) Penambahan efek suara Exporting Scenario

New GreenfootImage Membuat Gambar Greenfoot kosong dengan lebar dan tinggi tertentu GreenfootImage image=new GreenfootImage(width,hight) Gambar Greenfoot dengan mengimport dari file png GreenfootImage image=new GreenfootImage(“file.png”) Membuat Gambar Greenfoot yang baru sama persis dengan Gambar Greenfoot yang telah diload/inisialisasikan sebelumnya GreenfootImage image=new GreenfootImage(buffer)

Greenfoot Primitive Objects Set Color import java.awt.Color; … image.setColor(Color.BLACK); draw Object image.drawLine(posx,posy,widthx, widthy); image.drawRect(posx,posy,width,height); image.drawOval(posx,posy, widthx, widthy); image.fillRect(posx,posy,width,height); image. fillOval(posx,posy, widthx, widthy); Buat New GreenfootImage SetColor drawObject

drawLine Laser

drawRect & fillRect Membuat Efek Pecahan Kaca Digunakan untuk Menggenerate kotak (drawRect) dan kotak yang terisi (fillRect), dengan ukuran Random lebar antara 1-10 dan juga tinggi antara 1-10

drawOval & fillOval Particle System untuk membuat bola agar terlihat lebih berat ro=jari-jari lingkaran

Add String Digunakan untuk menambahkan keterangan atau tulisan (Contoh : Scoring) String atau tulisan dianggap juga sebagai gambar

Image Manipulation Masking Effect

Image Manipulation Masking Effect Teknik Masking

Intersecting Intersecting == Tumbukan/Collisions Detection Mendeteksi Object lain (Actor Vs Actor) Macam Intersect: getObjectsAtOffset(Offsetx,Offsety, Actor.class); getNeighbours(NumNeighbours, false, Actor.class); getObjectsInRange(range, Actor.class); getOneIntersectingObject(Actor.class); getIntersectingObjects(Actor.class);

Penambahan efek suara

Exporting Scenario

Pustaka Kölling, Michael and Martin Pain. 2010. The Greenfoot Programmers' Manual. University of Kent.