PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG Joko Purnomo, 30107955 for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Abstrak ABSTRAKSI Joko Purnomo, 30107955 PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2011 Kata Kunci : Kerajaan, Flash (xii+ 43 + Lampiran) Pembuatan aplikasi Sejarah Kerajaan di Indonesia ini memuat tentang aplikasi berbasis pengetahuan. Aplikasi ini menerangkan tentang Sejarah Kerajaan di Indonesia, antara lain Kerajaan bercorak Hindu, Budha dan Islam. Selain itu juga dapat mengetahui Peninggalan-peninggalan Kerajaan, beberapa gambar yang berhubungan dengan kerajaan dan untuk mengasah pengetahuan user, dalam aplikasi ini juga terdapat kuis yang berisi latihan soal-soal berupa soal pilihan ganda yang berfungsi untuk mencoba... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 1 1 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Sejarah kerajaan di nusantara pada zaman itu sungguh betapa mahakayanya, kekuatan dan kekayaan kerajaan-kerajaan nusantara menghantarkannya pada puncak kejayaan. Pada zaman itu muncul dua kerajaan besar Hindu-Buddha, yaitu Sriwijaya dan Majapahit. Pada masa abad ke-7 hingga abad ke-14, kerajaan Buddha Sriwijaya berkembang pesat di Sumatra. Pen... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 2 4 BAB II LANDASAN TEORI 2.1 DEFINISI SEJARAH. Sejarah dalam bahasa indonesia dapat berati riwayat kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi. Sejarah berasal dari kata syajaratun atau syajarab dalam bahasa Arab yang artinya pohon atau silsilah. Umumnya sejarah atau ilmu sejarah diartikan sebagai informasi mengenai kejadian yang sudah lampau. Sebagai cabang ilmu pengetahuan, mempelajari sejarah... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 3 16 BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN 3.1 Pembahasan Pada bab ini akan dibahas bagaimana merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran “Sejarah Kerajaan Di Indonesia”. Dalam perancangan dan pembuatan aplikasi ini, penulis akan membaginya menjadi beberapa langkah, yaitu : Membuat struktur navigasi, Pada aplikasi ini menggunakan struktur navigasi campuran, terdapat menu atau tombol-tombol ut... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 4 42 BAB 4 PENUTUP 4.1 Kesimpulan Kesimpulan dari penulisan ini yaitu memberikan fasilitas cara belajar yang baru dan pengetahuan tentang Sejarah Kerajaan di Indonesia, yang nantinya akan berbentuk CD interaktif. Karena dengan adanya CD interaktif ini lebih mudah mengakses informasi, untuk itu informasi yang disajikan dalam bentuk CD interaktif ini akan menggunakan konsep multimudia. Suatu program... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 5 ... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id