Algoritma dan Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pseudocode & Flowchart
Advertisements

Bab 2 Struktur Dasar.
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma - 2 PTIIK - UB.
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma PTIIK - UB.
TEORI ALGORITMA.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Spesifikasi Proses.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Pseudocode Dengan Modularisasi
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
(Lanjutan Tugas Pertemuan ke 1)
Flowchart dan Pseudocode
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
Notasi Algoritma.
Metode Perancangan Program
Dasar Pemrograman Komputer
Struktur seleksi.
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Bab 2 – b PERINTAH 2 B Percabangan. PERCABANGAN Tidak setiap baris program akan dikerjakan Hanya yang memenuhi syarat (kondisi) Syarat terdiri dari operand-operand,
PEMROGRAMAN IMPERATIF
Operasi Perulangan pada FORTRAN Pertemuan 6
Matakuliah: T0034 / Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2008 Pertemuan 1 PENGENALAN PERANCANGAN & ANALISIS ALGORITMA.
Metode Perancangan Program
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
P SEDOCODE & D ECISIONS T ABLE Algoritma & Teknik Pemrograman (2)
REPETITION CONTROL STRUCTURES
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pertemuan Pengembangan Algoritma
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
MERANCANG PROGRAM DAN PSEUDOCODE 1 Metode Perancang Program.
Structure English dan Decision Table
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar-Dasar Pemrograman
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Algoritma pemrograman I
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Algoritma.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Metode Perancang Program
MODUL 3 PSEUDOCODE.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Metode Perancangan Program
penyusunan algoritma (flowchart)
Flowchart.
Pemrograman Terstruktur
Metode Perancangan Program
Algoritma dan Pemrograman Pertemuan 1
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
Bab 2B Struktur Dasar 2 Pengulangan
minggu ke-3 Imam Fahrur Rozi
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
minggu ke-2 Imam Fahrur Rozi
Array Buat algoritma untuk mencari nilai terbesar dari 5 nilai mahasiswa yang diinputkan dengan array.
Introduction to Algorithm and Programming
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Latihan Pertemuan Pengembangan Algoritma
Introduction to Algorithm and Programming
Introduction to Algorithm and Programming
Algoritma pemrograman I
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Transcript presentasi:

Algoritma dan Pemrograman Dasar algoritma dan pemrograman Harminto Mulyo, S. Kom 085 727 482 888

Kompetensi Memahami konsep dasar pemrograman komputer Memahami konsep dasar algoritma dan tahap pengembangannya Memahami cara memodelkan algoritma dengan PSEUDOCODE dan FLOW CHART

Pokok Bahasan Konsep Dasar Pemrograman Definisi Algoritma Tahap Pengembangan Algoritma Penyajian Algoritma Pseudocode Flow Chart

Konsep Dasar Pemrograman Komputer

DASAR ALGORITMA

Definisi Algoritma Algoritma merupakan sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi dari suatu masalah. Diambil dari nama Al Khawarizmi (Al Khawarizmi : On Calculation with Hindu-Arabic numeral system, 825M). Disalah pahami sebagai Algoritmi (jamak latin dari Algoritmus), yang akhirnya menjadi Algorithm, metode kalkulasi. Dalam bidang pemrograman komputer, algoritma di definisikan sebagai metode yang terdiri dari langkah-langkah terstruktur untuk mencari solusi suatu masalah dengan bantuan komputer

Tahap Pengembangan Algoritma

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

Tahap Pengembangan Algoritma Komp.

KOMPONEN DASAR PEMROGRAMAN

Komponen Dasar Pemrograman Membaca data (input) Menampilkan data (output) Melakukan perhitungan aritmatika (compute) Memberikan nilai (value) ke suatu identifier/variabel Melakukan seleksi kondisi/pemilihan Melakukan pengulangan (loop) Array Function

PENYAJIAN ALGORITMA

Penyajian Algoritma Ada 2 cara penyajian algoritma PSEUDOCODE (teks) FLOW CHART (grafis)

PSEUDOCODE Outline dari sebuah program komputer Ditulis dalam bahasa inggris atau Indonesia sederhana Kata kunci (keyword) digunakan untuk menjelaskan struktur kendali (misalnya : “jika”, “ulangi”, “sampai”, “if”, “repeat”, “until”)

PSEUDOCODE (Membaca Data) Sewaktu komputer menerima informasi atau input, maka statement yang biasa digunakan adalah “read”, “get”, “baca”, “input” Contoh : Read Bilangan Get kode_pajak Baca nama_mahasiswa

PSEUDOCODE (Menampilkan Data) Sewaktu komputer menampilkan informasi ataupun output, maka statement yang biasa digunakan adalah “print”, “write”, “output”, “display”, ataupun “cetak” Contoh : Print “Belajar” Cetak “Algoritma dan Pemrograman Komputer” Output jumlah

PSEUDOCODE (Perhitungan Aritmatika) Untuk melakukan operasi aritmatika digunakan pseudocode berikut : + untuk penjumlahan (add) - untuk pengurangan (substract) * untuk perkalian (multiply) / untuk pembagian (devide) () untuk kurung Statement “compute”, “calculate” ataupun “hitung” juga dapat digunakan Contoh : add number to total Total = Total + number

PSEUDOCODE (Memberikan Nilai Ke Variabel) Ada tiga cara untuk memberikan nilai ke dalam variabel : Memberikan nilai awal, menggunakan statement “initialize” atau “set” Memberikan nilai sebagai hasil dari suatu proses, maka tanda “=“ digunakan Untuk menyimpan suatu nilai maka statement “Save” atau “Store” digunakan Contoh : Set Counter to 0 Total = Harga * Jumlah

PSEUDOCODE (Seleksi Kondisi) Salah satu operasi terpenting yang dapat dilakukan komputer adalah membandingkan dan memilih salah satu alternatif solusi. Keyword yang digunakan : “IF”, “THEN” dan “ELSE” Contoh : IF harga > 100 THEN harga = harga – (0.5 * harga) ELSE harga = harga – (0.1 * harga) ENDIF PRINT harga

PSEUDOCODE (Perulangan) Jika ada beberapa perintah yang harus diulang, maka dapat digunakan keyword “DO WHILE” dan “ENDDO” Contoh bil = 0 DO WHILE bil < 10 cetak bil bil = bil + 1 END DO

PSEUDOCODE (contoh Pseudocode) INPUT harga IF harga > 100 THEN diskon = 0.5 * harga ELSE diskon = 0.1 * harga ENDIF harga = harga – diskon PRINT harga

PSEUDOCODE (contoh Pseudocode) INPUT a, b, c d = b * b – 4 * a * c IF d < 0 THEN PRINT “akar imajiner” ELSE x1 = (-b + sqrt(d))/2*a x2 = (-b-sqrtd(d))/2*a ENDIF

FLOW CHART (symbol)

FLOW CHART (contoh)

Soal Latihan Buatlah algoritma menggunakan PSEUDOCODE untuk menghitung luas persegi panjang Buatlah algoritma menggunakan PSEUDOCODE untuk mengubah jam dan menit yang diinput ke dalam satuan detik Buatlah algoritma menggunakan PSEUDOCODE untuk menentukan apakah bilangan yang di input adalah bilangan ganjul atau bilangan genap Buatlah algoritma menggunakan PSEUDOCODE untuk menginput 3 buah bilangan, kemudian tentukan bilangan terbesar, terkecil dan rata-ratanya.