STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 7 FINITE AUTOMATA DENGAN OUTPUT
Advertisements

Fungsi input-output.
Algoritma Searching Pertemuan 13
Operasi String.
Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
1 Pertemuan 14 Operator Overloading Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Operator Overloading Pertemuan 20 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Gaya Geser Pada Penampang Beton Prategang Pertemuan 12
PANJANG PENYALURAN TULANGAN PERTEMUAN 16
Pertemuan 4 Aplikasi Perhitungan Gaya Dengan Program Komputer
Operasi Dasar Input/Output
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
SORTING Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
PERNYATAAN PERULANGAN
File Matakuliah: XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan: 9 Tahun: 2008 Versi: 1/0.
Matakuliah : T0016 / Algoritma dan Pemrograman Tahun : 2007 Versi : 6
Polymorphism Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 5 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Multimedia Pertemuan 13 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Struktur Kendali Pengulangan Pertemuan 6 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
STRUKTUR BETON DI DALAM TEKAN PERTEMUAN 09
Matakuliah : T0456 / Algoritma dan Metode Object
Algoritma sorting dasar (lanjutan) Pertemuan 11
Matakuliah : S0084 / Teori dan Perancangan Struktur Beton
Matakuliah: R0604/ Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2008 Pertemuan 5 Viewing Object.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
1 Pertemuan 12 Kasus : Final Matakuliah: M0064/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Mengambar kurva fungsi linier Pertemuan 4
Fungsi Eksponensial Pertemuan 11 Matakuliah: J0174/Matematika I Tahun: 2008.
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan 7 FINITE AUTOMATA DENGAN OUTPUT Matakuliah: T0162/Teori Bahasa dan Automata Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 3 Pengenalan menu dasar 3D Matakuliah: R0374/Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2005 Versi: V-1/R-0.
1 Pertemuan > > Matakuliah: > Tahun: > Versi: >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
Matematika Keuangan Pertemuan 14
1 Pertemuan 9 Unix Domain Protocol Matakuliah: H0483 / Network Programming Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 13 Pembahasan Kasus Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Pertemuan 10 PAJAK PERTAMBAHAN NILAI dan PPn BM
Matakuliah : J0174/Matematika I
Polymorphism Pertemuan 23-24
Constructor dan Destructor Pertemuan 17
Inheritance Pertemuan 21
Class dan Objek Lanjutan Pertemuan 18
PENYALURAN TULANGAN Pertemuan 23
Pertemuan 6 KONVERSI NFA MENJADI DFA Lanjutan..
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
Sebaran Peluang (II) Pertemuan 4
Regresi Dalam Lambang Matriks Pertemuan 09
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Structure Data - Struct Pertemuan 8
DESAIN STRUKTUR BALOK BETON PERSEGI BERTULANGAN RANGKAP PERTEMUAN 14
Inheritance lanjutan Pertemuan 22
Pertemuan 16 SISTEM AKUNTANSI UTANG
Pertemuan #1 Introduction
STRUKTUR BETON DI DALAM GESER DAN TORSI PERTEMUAN 08
PRESENTASI DAN EVALUASI Pertemuan 39
Generic Data Type Pertemuan 25
PERENCANAAN PENULANGAN BALOK TPertemuan 10
DESAIN PONDASI DANGKAL GABUNGAN PERTEMUAN 22
Learning Outcomes Mahasiswa dapat menjelaskan definisi aljabar boole dan hukum-hukum aljabar boole,duality dan contoh pemakaian aljabar boole. Bina Nusantara.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Hani Atun Mumtahana, S.Kom
KAPASITAS PENAMPANG MENAHAN GAYA LINTANG Pertemuan 13
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
Transcript presentasi:

STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007

Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan: Mahasiswa dapat menerapkan penggunaan stream input dan output dalam program C++ Buku Referensi:  C++ - How to program, Deitel & Deitel, Prentice Hall, Websites :  3

Bina Nusantara Outline Materi Pengertian Stream cin dan cout get 4

Bina Nusantara Suatu abstraksi untuk menangani aliran data dari suatu sumber ke tujuan lain. Sumber ataupun tujuan dapat berupa buffer di memori, string, file atau layar monitor. STREAM 5

Bina Nusantara cout  sintak output pada object constream.h Object cout digunakan pada operasi standard output dengan display monitor. Bentuk umum: cout << “String”; cout << variabel; cout << “String” << variabel; cout << variabel << “String”; STREAM Lanjut… 6

Bina Nusantara Contoh: #include void main() {clrscr(); cout << “Hello Binusian!!”; } STREAM 7

Bina Nusantara cin  sintak input pada object constream.h Object cin digunakan pada operasi standard input dengan keyboard. Bentuk umum: cin >> variabel; STREAM 8

Bina Nusantara Contoh: #include void main() {clrscr(); int i; cout << “masukkan i: ”; cin >> i; cout << “Nilai i adalah :” << i; } STREAM 9

Bina Nusantara int width (int) Untuk mengubah lebar output yang akan ditampilkan. #include void main() {int x = 10; cout.width (4); cout << “Bilangan = ” << x; } 10

Bina Nusantara Keluaran program diatas: Bilangan = 10 11

Bina Nusantara char fill (char) Untuk mengubah karakter pengisi. #include void main() {int x = 10; cout.fill (‘0’); cout.width (4); cout << “Bilangan = ” << x; } 12

Bina Nusantara Keluaran program diatas: Bilangan =

Bina Nusantara #include void main() {int x = 10; cout.fill (‘x’); cout.width (4); cout << “Bilangan = ” << x; } Keluaran program diatas: Bilangan = xx10 14

Bina Nusantara int precision (int) Untuk mengubah derajat ketelitian bilangan real (floating point) yang akan ditampilkan #include void main() {float y = ; cout.precision (5); cout << “Bilangan = ” << y; } 15

Bina Nusantara Keluaran program diatas: Bilangan =

Bina Nusantara #include void main() {float y = ; cout.precision (1); cout << “Bilangan = ” << y; } Keluaran program diatas: Bilangan =

Bina Nusantara Ios::left dan ios::right Untuk alignment (rata kiri atau kanan) #include void main() {cout.width(10); cout.fill(‘-’); cout.setf(ios::right); cout << “test”; } 18

Bina Nusantara Keluaran program diatas: test 19

Bina Nusantara Fungsi get –cin.get() –Mengembalikan satu karakter dari stream Mengembalikan EOF jika end-of-file diinput End-of-file –Diindikasikan dengan input: ctrl-z pada IBM-PCs ctrl-d pada UNIX dan Macs –cin.eof() Mengembalikan 1 ( true ) jika EOF diinput Get 20

Bina Nusantara 21 Diskusi dan Tanya Jawab Latihan soal