1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 7 FINITE AUTOMATA DENGAN OUTPUT
Advertisements

Fungsi input-output.
Operasi String.
Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
1 Pertemuan 14 Operator Overloading Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Pertemuan 4 Aplikasi Perhitungan Gaya Dengan Program Komputer
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Operasi Dasar Input/Output
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 11 Windows Common Control Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
Pertemuan 11 MULTIVIBRATOR
Matakuliah : T0016 / Algoritma dan Pemrograman Tahun : 2007 Versi : 6
1 Pertemuan 5 Konfigurasi blok sistem diskret Matakuliah: H0142/Sistem Pengaturan Lanjut Tahun : 2005 Versi : >
Struktur Kendali Pengulangan Pertemuan 6 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 11 METODA GREEDY Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Pertemuan 10 Constructor dan Destructor
1 Pertemuan 2 SINGLE DAN MULTILAYER NETWORK Matakuliah: H0434/Jaringan Syaraf Tiruan Tahun: 2005 Versi: 1.
Pemrograman Komputer dalam analisa Struktur Baja
Algoritma sorting dasar (lanjutan) Pertemuan 11
1 Pertemuan 7 Klasifikasi dan Rekognisi Pola (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Matakuliah: R0604/ Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2008 Pertemuan 5 Viewing Object.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
1 Pertemuan 7 Review 1 – 6 Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
Pertemuan 10 Sendi-Sendi Arsitektur Modern
1 Pertemuan 12 Kasus : Final Matakuliah: M0064/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
1 Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Visual Basic Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan ketujuh Pola-pola kaliamt percakapan Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
1 Pertemuan 7 FINITE AUTOMATA DENGAN OUTPUT Matakuliah: T0162/Teori Bahasa dan Automata Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 3 Pengenalan menu dasar 3D Matakuliah: R0374/Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2005 Versi: V-1/R-0.
1 Pertemuan > > Matakuliah: > Tahun: > Versi: >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
1 Pertemuan 9 Unix Domain Protocol Matakuliah: H0483 / Network Programming Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 13 Pembahasan Kasus Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
1 Pertemuan 9 Integral Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
1 Pertemuan 7 Diferensial Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
1 Pertemuan kesembilan Gimonshi Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
Matakuliah : R0262/Matematika Tahun : September 2005 Versi : 1/1
Pertemuan 04 Fungsi-fungsi Microsoft Excel
1 Pertemuan 19 Rendering perspektif mata burung Matakuliah: R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur Tahun: 2005 Versi: >/ >
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Matakuliah : H0112 – Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pertemuan 10 PAJAK PERTAMBAHAN NILAI dan PPn BM
Pertemuan 3 Sistem I/O C++
Pertemuan 4 ALGORITMA lanjutan….
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
Pertemuan 6 KONVERSI NFA MENJADI DFA Lanjutan..
Pertemuan 8 Anatomi Bangunan 2
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pertemuan 18 Optimalisasi Kode dan Mewarnai Graph I
Pertemuan 16 SISTEM AKUNTANSI UTANG
Matakuliah : S0494/Pemrograman dan Rekayasa Struktur
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Pertemuan 3 Diferensial
Hani Atun Mumtahana, S.Kom
Matakuliah : A0114/ Sistem Akuntansi Tahun : 2005 Versi : Revisi 1
Matakuliah : I0014 / Biostatistika Tahun : 2005 Versi : V1 / R1
Pertemuan 6 CLIPPING DAN CLAMPING
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
Transcript presentasi:

1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5

2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan: Mahasiswa mengenal dan dapat menggunakan I/O Stream dalam bahasa pemrograman C++ Semua fungsi I/O tidak mungkin dapat dibahas pada pertemuan ini, yang dibahas hanyalah fungsi yang sering dipakai dalam pemrograman

3 Outline Materi Pengertian Stream cin dan cout get

4 >

5 Suatu abstraksi untuk menangani aliran data dari suatu sumber ke tujuan lain. Sumber ataupun tujuan dapat berupa buffer di memori, string, file atau layar monitor. STREAM

6 cout  sintak output pada object constream.h Object cout digunakan pada operasi standard output dengan display monitor. Bentuk umum: cout << “String”; cout << variabel; cout << “String” << variabel; cout << variabel << “String”; STREAM

7 Contoh: #include void main() {clrscr(); cout << “Hello Binusian!!”; } STREAM

8 cin  sintak input pada object constream.h Object cin digunakan pada operasi standard input dengan keyboard. Bentuk umum: cin >> variabel; STREAM

9 Contoh: #include void main() {clrscr(); int i; cout << “masukkan i: ”; cin >> i; cout << “Nilai i adalah :” << i; } STREAM

10 int width (int) Untuk mengubah lebar output yang akan ditampilkan. #include void main() {int x = 10; cout.width (4); cout << “Bilangan = ” << x; }

11 Keluaran program diatas: Bilangan = 10

12 char fill (char) Untuk mengubah karakter pengisi. #include void main() {int x = 10; cout.fill (‘0’); cout.width (4); cout << “Bilangan = ” << x; }

13 Keluaran program diatas: Bilangan = 0010

14 #include void main() {int x = 10; cout.fill (‘x’); cout.width (4); cout << “Bilangan = ” << x; } Keluaran program diatas: Bilangan = xx10

15 int precision (int) Untuk mengubah derajat ketelitian bilangan real (floating point) yang akan ditampilkan #include void main() {float y = ; cout.precision (5); cout << “Bilangan = ” << y; }

16 Keluaran program diatas: Bilangan =

17 #include void main() {float y = ; cout.precision (1); cout << “Bilangan = ” << y; } Keluaran program diatas: Bilangan = 123.4

18 Ios::left dan ios::right Untuk alignment (rata kiri atau kanan) #include void main() {cout.width(10); cout.fill(‘-’); cout.setf(ios::right); cout << “test”; }

19 Keluaran program diatas: test

20 Fungsi get –cin.get() –Mengembalikan satu karakter dari stream Mengembalikan EOF jika end-of-file diinput End-of-file –Diindikasikan dengan input: ctrl-z pada IBM-PCs ctrl-d pada UNIX dan Macs –cin.eof() Mengembalikan 1 ( true ) jika EOF diinput Get

21 Penutup Untuk mengenal dan dapat menggunakan I/O Stream dalam bahasa pemrograman C++, mahasiswa membahas tugas pertemuan 5 no 1, 2, dan 3. (diskusikan dalam kelompok)