UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
UML UML merupakan bahasa standar untuk memvisualisasikan, menspesifikasikan, mengkonstruksikan, dan mendokumentasikan pengembangan sistem perangkat lunak yang intensif UML kombinasi dari : Konsep Data Modeling (Entity Relationship Diagrams) Business Modeling Object Modeling Component Modeling UML digunakan untuk : Memperlihatkan batasan sistem & fungsi utama menggunakan use case dan actor Ilustrasi use case realization dengan menggunakan diagram interasi Merepresentasikan sebuah struktur statis dari suatu sistem yang menggunakan diagram kelas Model tingkah laku (behavior) objek dengan diagram state transisi Implementasi arsitektur secara fisik dengan diagram component & deployment diagrams Fungsional lanjutan dengan stereotype
USECASE Use case merupakan pola tingkah laku (behavior) yang ditunjukan oleh sistem Usecase model mendokumentasikan kebutuhan user dengan jelas dan menggambarkan fungsi dan sifat dari sistem yang dikembangkan melalui notasi dan text Usecase menunjukkan Pada Usecase, akan ditentukan Aktor-aktor beserta kebutuhan²nya.
USECASE Apakah Aktor itu? Aktor merupakan seseorang atau sesuatu yang harus berinteraksi dengan sistem yang akan dikembangkan Sebuah aktor dapat: Menginput informasi ke dalam sistem Menerima informasi dari sistem Menginput dan menerima informasi dari dan ke dalam sistem
USECASE Diagram use case dibentuk untuk memvisualisasikan hubungan antara aktor dan use case Simbol aktor dan usecase beserta relationnya digambarkan seperti berikut: Aktor Usecase
USECASE Contoh kasus: Sistem penyewaan VCD memiliki sistem yg digambarkan dengan usecase berikut: Pinjam VCD <<include>> Entry Data VCD <<extend>> Daftar Anggota Baru Terima Bukti transaksi anggota Kembalikan VCD petugas <<extend>> Denda
Use Case Realization Diagram use case mengambarkan sisi luar dari sistem Diagram interaksi menggambarkan bagaimana use case direalisasikan sebagai interaksi antar kelompok objek Tipe diagram interaksi Sequence diagram Collaboration diagram
Sequence Diagram Diagram sequence memperlihatkan interaksi objek yang disusun didalam urutan waktu anggota anggota transaksi pinjam petugas vcd denda Trans( ) Angg( ) Pinjam( ) Getvcd( ) Getpet( ) Transkemb( ) Kembali( ) Getvcd( ) Getpet( ) Denda( )
Collaboration Diagram Diagram collaboration memperlihatkan interaksi sekelompok objek dan hubungan satu dengan yang lainnya anggota 1.1 : daftar anggt 1 : transaksi pinjam 1.2 : pinjam 2.1.3 : denda 2 : trans kembali 2.1 : kembali anggota transaksi pinjam denda 2.1.2 : getpet 1.2.1: get VCD 1.3 : getpet 2.1.1: get VCD petugas VCD
Class Diagram Di dalam Class Diagram terdapat: Class atau Kelas Operasi Atribut Hubungan antar Kelas
Class Diagram Class / Kelas Class merupakan gabungan dari beberapa objek yang terdiri dari struktur, tingkah laku, relationship dan tata bahasa (semantik) Class diwujudkan kedalam diagram sekuen (sequence) dan kolaborasi (collaboration) Kelas digambarkan seperti segi empat yang tergiri dari 3 bagian
Class Diagram anggota pinjam denda transaksi 1 1..* 1 1..* 1 0..2 No.angg : char(8) #Nama : char(20) #Alamat : char(40) #No.KTP : char(20) +angg( ) -No.tran : char( ) #Tgltran : date #Tglkembali : date +tran( ) pinjam Tglpinjam : date #Tglkembali : date #NoVCD : char(5) +pinjam( ) +kembali( ) denda Denda : Num(8) #Jenis : char( ) +denda( ) transaksi 1 1..* 1 1..* 1 0..2 (jenis denda: 0=hilang, 1=rusak, 2=hilang) 1..* 1..* 1 1..* 1 vcd -No.vcd : char(5) #Judul : char(40) #Harga : Num(8) +getvcd( ) petugas -Kodepet : char(5) #Nama : char(20) #Alamat : char(30) +getpet( ) 1