PUPUT INDAH RUSTIYANA, 1402407085 Keefektifan Penggunaan Metode Role Playing Pada Materi Menghargai Keputusan Bersama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sungapan Kabupaten Pemalang
Identitas Mahasiswa - NAMA : PUPUT INDAH RUSTIYANA - NIM : 1402407085 - PRODI : Pendidikan Guru Sekolah Dasar - JURUSAN : Pendidikan Sekolah Dasar - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - EMAIL : ciputzi pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Moh. Fathurrohman, S.Pd, M.Sn - PEMBIMBING 2 : Drs. Utoyo - TGL UJIAN : 2011-07-27
Judul Keefektifan Penggunaan Metode Role Playing Pada Materi Menghargai Keputusan Bersama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sungapan Kabupaten Pemalang
Abstrak Pendidikan adalah suatu proses mempengaruhi siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga terjadi perubahan yang positif dalam diri siswa. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketepatan dalam memilih metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal dan menyeluruh, termasuk hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar untuk mengatasi permasalahan yang terjadi salah satunya yaitu metode role playing. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode role playing dengan siswa yang tidak mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode role playing?” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang di dalamnya terdapat kelompok eksperimen, yaitu kelompok yang mendapat perlakuan dan kelompok kontrol sebagai kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 dan 03 Sungapan tahun ajaran 2010/2011, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Sungapan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 03 Sungapan sebagai kelompok kontrol. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar PKn pada pokok bahasan menghargai keputusan bersama, sedangkan variabel bebasnya adalah metode pembelajaran role playing. Metode analisis data terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis akhir. Hasil perhitungan uji normalitas nilai tes akhir menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal. Dengan demikian, untuk menguji hipotesis menggunakan statistik non parametris, yaitu menggunakan rumus Uji U. Hasil perhitungan nilai tes akhir menunjukkan taraf signifikansi kedua kelompok Sig (2-tailed) sebesar 0,019 yaitu lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Kesimpulannya yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dengan demikian, metode role playing efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi menghargai keputusan bersama. Metode pembelajaran role playing hendaknya terus dikembangkan dan diterapkan pada materi yang lain agar tercipta suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga hasil belajar siswa pun bisa maksimal.
Kata Kunci Keefektifan, metode role playing, hasil belajar
Referensi Zurinal Qurana Firdaus. 2010. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Pkn Kelas III SDN Kersikan I Bangil Kabupaten Pasuruan. Diunduh dari: karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-KSDP/article/view/10096. 19/6/2011
Terima Kasih http://unnes.ac.id