UDP.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Try, Catch, Finally Throws
CARI ERROR !!! ADA BERAPA KESALAHAN ??? Apa beda JRE dan JDK ??? JDK JRE.
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
JAVA Network Programming. Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun ● Dikembangkan.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian.
Komunikasi antar Proses
Sistem Komunikasi.
Package As’ad Djamalilleil
Workshop SCS: Java Game Programming
Modul 3: Kendali program dan teknik penyimpanan data
Pemrograman Client Server
Pengenalan Pemrograman Jaringan Materi 1 Pemrograman Jaringan Dosen: Eko Prasetyo Teknik Informatika UMG 2012.
Dasar Exception Handling
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
PERTEMUAN 4 Penyeleksian kondisi
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Nandang Hermanto PK2 Pertemuan 3. Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar exception handling
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
Pemrograman Dasar Java
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pertemuan : Object Oriented Programming
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Pengembang aplikasi memiliki kemampuan untuk memperbaiki beberapa parameter TCP, seperti buffer dan maksimum ukuran segmen maksimum Socket Programming.
Network Programming Oleh: Idris Winarno.
NAMA : JUMADI Npm : Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan.
Struktur Kontrol Pemilihan
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
UDP Socket Programming
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Pertemuan: Object Oriented Programming
Dasar I/O Oleh: Mike Yuliana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
TCP Socket Programmning
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Perulangan (Iteration)
Manipulasi String dengan Kelas String dan StringBuffer
Dasar exception handling
Penanganan Eksepsi.
Socket Programming - 1 (TCP)
Jaringan.
Constructor overloading
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Socket Programming - 1 (TCP)
Socket Programming - 2 (UDP)
Komunikasi antar Proses
TCP Socket Programmning
Tipe Data, Variabel, dan Operator
UDP Socket Programming
Transcript presentasi:

UDP

Client-Server UDP Skenario : Server UDP akan menunggu data packet dari client dan selanjutnya menampilkan ke layar konsole.

Server UDP Server UDP berfungsi untuk menunggu data paket yang dikirim oleh client. Pada skenario ini digunakan port 8088.

Kode Program Server UDP Import java.net.*; Import java.io.*; Public class Main { Public static void main (String[] args) { Try{ System.out.println (“UDP Server demo”); System.out.println (“Binding ke port 8088”); DatagramSocket socket = new DatagramSocket(8088); System.out.println (“Bound local port: “ + socket.getLocalPort()); System.out.println (“Menunggu packet datang…”); DatagramPacket packet = new DatagramPacket(new byte[256], 256); socket.receive(packet);

System. out. println (“Packet diterima System.out.println (“Packet diterima!”); InetAddressremote_addr = packet.getAddress(); System.out.println (“IP Address pengirim : “ + remote_addr.getHostAddress()); System.out.println (“Port pengirim: “ + packet.getPort()); ByteArrayInputStream bin = new ByteArrayInputStream(packet.getData()); For (int i=0; i<packet.getLength(); i++) { Int data = bin.read(); If (data == -1) break; Else System.out.print ((char)data); } Socket.close(); Catch(Exception ex) { System.out.println(“Error: “ + ex.getMessage());

Client UDP Client UDP bertugas untuk mengirim data packet ke server UDP. Untuk melakukan hal ini, kita memerlukan informasi hostname dan port dari UDP server.

Kode Program Client UDP Import java.net.*; Import java.io.*; Public class Main { Public static void main (String[] args) { Try { String hostname = “akur”; System.out.println (“UDP Client demo”); System.out.println (“Binding ke local port”); DatagramSocket socket = new DatagramSocket(); System.out.println (“Bound local port : “ + socket.getLocalPort());

ByteArrayOutputStream stream = newByteArrayOutputStream(); PrintStreamOut = new PrintStream(stream); System.out.print (“Apakabar!”); byte[] barray = stream.toByteArray(); DatagramPacket packet = newDatagramPacket (barray, barray.length); System.out.println (“Target hostname: “ + hostname); InetAddressremote_addr = InetAddress.getByName(hostname); System.out.println (“IP Address Hostname: “ + remote_addr.getHostAddress()); Packet.setAddress (remote_addr); Packet.setPort (8088); Socket.send(packet); System.out.println (“Packet telah terkirim!”); } catch(Exception ex){ System.out.println (“Error: “ + ex.getMessage());