By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Pemrograman
Advertisements

KOMPONEN DASAR KOMPUTER
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Algoritma dan Flowchart
TEORI ALGORITMA.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
All sections to appear here
Algoritma Pemrograman
Introduction to Algorithm and Programming
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Algoritma.
Dasar- Dasar Algoritma
Pengantar Algoritma dan Pemrograman Elin Haerani, ST, M.Kom
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
MODUL 2 STRUKTUR DATA DIAGRAM ALIR DAN ALGORITMA
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pendahuluan : Konsep memprogram, bahasa pemrograman dan komputer
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Algoritma dan Pemrograman
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
Mahasiswa diharapkan dapat:
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Pemrograman Dasar Kelas X.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Bahasa Pemrograman dasar
Bahasa Pemprograman Dasar
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
Pengantar Pemrograman
BAHASA PEMROGRAMAN.
Algoritma dan Pemrograman
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma.
YOHANA NUGRAHENI Pengantar Algoritma YOHANA NUGRAHENI
PEDOMAN PENYUSUNAN ALGORITMA
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengantar.
Pertemuan 1.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Introduction to Algorithm and Programming
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Introduction to Algorithm and Programming
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
Keterampilan komputer 1AB
Dasar-dasar Pemrograman
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pertemuan 1
PEMROGRAMAN I Semester I 2017/2018
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Introduction to Algorithm and Programming
Algoritma pemrogaman komputer
Oleh : Pramesthi Handaru
Algoritma Pemrograman II
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Pengantar Pemrograman
Transcript presentasi:

By Adnan Purwanto, S.Kom

 Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan bahasa yg dimengerti oleh komputer untuk memberikan instruksi  Komputer adalah mesin digital, artinya komputer hanya mengenali dua kondisi yaitu 0 dan 1

 Bahasa pemrograman yg menggunakan sandi 0 dan 1 disebut bahasa mesin  Karena bahasa mesin sulit dimengerti, maka muncul ide untuk melambangkan untaian 0 dan 1 dengan singkatan kata yg lebih mudah dipelajari yg disebut dengan mnemonic code  Bahasa pemrograman yg menggunakan mnemonic code disebut bahasa assembly

 Pemrograman dengan bahasa assembly dirasakan masih terlalu sulit untuk banyak orang.  Kemudian dikembangkan bahasa pemrogramanyg lebih mudah digunakan yg disebut High Level Languange.  HLL antara lain : Cobol, Basic, Pascal, C, C++ dsb.

 HLL menggunakan kata – kata dalam bhs Inggris karena memang bahasa ini dianggap bahasa International nomor 1  Satu perintah bahasa HLL mungkin terdiri dari puluhan bahkan ratusan pernyataan assembly.  Perangkat lunak yg menerjemahkan HLL ke dalam bahasa Assembly ada dua macam yaitu Interpreter dan Kompiler

 Interpreter menerjemahkan program baris per baris artinya jika suatu baris akan dieksekusi, maka baris tersebut diterjemahkan dulu ke bahasa mesin.  Baris berikutnya yang akan dieksekusi maka baris tersebut baru diterjemahkan ke dalam bahasa mesin  Contohnya adalah Basic

 Kompiler menerjemahkan semua perintah ke dalam bahasa mesin kemudian menjalankan hasil penerjemahan. Hasil penerjemahan ini bisa disimpan dalam file atau memori.  Contohnya adalah Pascal

1. Mendefinisikan masalah 2. Menentukan solusi 3. Memilih algoritma 4. Menulis algoritma 5. Menguji program 6. Menulis dokumentasi 7. Merawat program

 Urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika  Contohnya adalah jika anda ingin menulis surat, langkah – langkahnya adalah sbb : 1.Mempersiapkan kertas, alat tulis dan amplop 2.Mulai menulis 3.Memasukkan kertas ke amplop 4.Pergi ke kantor pos untuk mengirimkan surat

 Setelah algoritma tersusun, sebaiknya algoritma digambarkan ke dalam flow chart  Flow chart membantu programmer untuk mengetahui gambaran keseluruhan algoritma dan susunan langkah - langkahnya

 Flow chart menyederhanakan penulisan algoritma dengan menggunakan simbol – simbol  Setiap simbol mengandung arti sendiri yang bisa berarti mulai, berakhir,input, proses, output, percabangan, arah dan persambungan.

 Adakalanya suatu kondisi menghasilkan suatu pilihan  Percabangan adalah suatu titik dimana ada dua atau lebih kemungkinan yg terjadi tergantung kondisi yg diberikan

 Adakalanya satu atau lebih instruksi diulang terus menerus sampai batas waktu atau kondisi tertentu  Perulangan adalah satu atau lebih instruksi yg diulang terus menerus sampai tercapainya suatu kondisi