Sistem berorientasi Objek & Unified Modelling Language Praktikum RPL 3 Sistem berorientasi Objek & Unified Modelling Language Achmad Lucky Ramdani Mutiara Rasvanelin Nuraziza Azis Kartina
Review SKPL Standar IEEE/ANSI 830‐1993 (IEEE, 1993) Format : 1. Pendahuluan 2. Deskripsi Umum Perangkat Lunak 3. Deskripsi Rinci Kebutuhan
Review SKPL Enam persyaratan yang harus dipenuhi dokumen perangkat lunak (Heninger, 1980) : Dapat menspesifikasikan perilaku sistem eksternal Menspesifikasikan batasan‐batasan Mudah diubah Berfungsi sebagai alat bantu referensi bagi pemeliharaan sistem Dokumen tersebut harus mencatat perkiraan mengenai siklus hidup sistem Mencirikan tanggapan yang dapat diterima terhadap event‐event yang tidak diinginkan.
Sistem Berorientasi Objek ??? Review SKPL Sistem Berorientasi Objek ???
Object Oriented Development Object Oriented Analysis Pengembangan model OO dari domain aplikasi. Object Oriented Design Pengembangan model OO dari sistem perangkat lunak dalam mengimplementasikan kebutuhan. Object Oriented Programming Realisasi desain dengan bahasa pemrograman OO seperti Java dan C++.
Object dan Object Class Objek adalah suatu entitas yang memiliki : - Status (atribut) - Behaviour (method) Komunikasi antar objek dengan message passing. Object class adalah template suatu objek. Dapat digunakan untuk mendefinisikan suatu objek.
Keuntungan OOD Mudah dirawat Reusable Sometimes, just like real‐world.
Hirarki Klas
UML (Unified Modelling Language)
Kenapa UML ??? Mengatur kompleksitas. Fasilitas komunikasi. Model : - Kemudahan dalam visualisasi seluruh sistem. - Membandingan segala kemungkinan yang ada - Perancangan Quote : - Software has grown from do‐it‐yourself into highly complex systems - Software is integral part of business process, so has to be well planned.
UML Modeling
Use Case Diagram Deskripsi sistem dari perspektif user. Simbol – simbol :
Use Case Relationship
MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN Met ‘idul fitri TERIMA KASIH