Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
EXCEPTION HANDLING.
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Try, Catch, Finally Throws
Pemrograman JAVA (TIB09)
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Package As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Abstract Class & Interface
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
Pemrograman Database dengan JAVA
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Method.
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar exception handling
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
Pertemuan : Object Oriented Programming
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Graphical User Interface (GUI)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Nested IF (If di dalam If) dan Operator Logika
Binary Search Tree 2007/2008 – Ganjil – Minggu 9.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
UDP.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Pertemuan: Object Oriented Programming
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Struktur kontrol.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
Perulangan (Iteration)
Manipulasi String dengan Kelas String dan StringBuffer
Dasar exception handling
Try, Catch, Finally Throws
Penanganan Eksepsi.
PBOL Dewi Kusumaningsih
High Level User Interface
Aplikasi berbasis teks
Constructor dan Overloading
MIDP High-Level User Interface
Constructor overloading
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (3)
Exception Sussi.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
Transcript presentasi:

Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG IMAGE PADA FORM 2

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG ImageItem  ImageItem merupakan Image sederhana yang dapat dimasukan ke dalam komponen, seperti Form.  ImageItem menyediakan kontrol layout pada gambar-gambar yang ditempatkan di dalam sebuah form.

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Constructor ImageItem  ImageItem menerima item layout sebagai parameter (Lihat pada bagian Item): public ImageItem( String label, Image img, int layout, String altText )

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Constructor ImageItem Parameter-parameter pada konstruktor adalah:  String label Untuk memberikan judul pada objek ImageItem yang aktif.  Image img Objek Image yang akan dikontrol  String altText Untuk memberikan alternatif teks string pada gambar.  int layout Ada beberapa nilai layout yang bisa digunakan untuk parameter ini, yaitu:

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Constructor ImageItem  ImageItem.LAYOUT_DEFAULT : gambar akan diatur pada posisi standar.  ImageItem.LAYOUT_CENTER : gambar akan diatur pada posisi tengah.  ImageItem.LAYOUT_LEFT : gambar akan diatur pada posisi kiri.  ImageItem.LAYOUT_RIGHT : gambar akan diatur pada posisi kanan.  ImageItem.LAYOUT_NEWLINE_AFTER : setelah gambar dibuat akan diberikan sebuah baris baru.  ImageItem.LAYOUT_ NEWLINE_BEFORE : sebelum gambar dibuat akan diberikan sebuah baris baru.

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Fungsi-fungsi ImageItem Fungsi-fungsi penting dalam class ImageItem ini adalah:  public String getAltText() menghasilkan teks string yang merupakan teks alternatif dari objek ImageItem.  public Image getImage() Menghasilkan objek Image dari objek ImageItem yang bersangkutan.  public int getLayout() Menghasilkan tipe layout yang digunakan oleh objek ImageItem yang bersangkutan.  public void setAltText(String altText) Menetapkan teks string yang merupakan teks alternatif pada objek ImageItem

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Fungsi-fungsi ImageItem  public void setImage(Image img) Menetapkan objek Image dari objek ImageItem yang bersangkutan.  public void setLayout(int layout) Menetapkan tipe layout yang digunakan oleh objek ImageItem yang bersangkutan.

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Menampilkan Image Tambahkan baris kode berikut ke dalam project sebelumnya :  Image imgContoh;  imgContoh = Image.createImage("/gambar01.jpg");  frmTampil.append(new ImageItem(null, imgContoh, ImageItem.LAYOUT_CENTER,null)); 9

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Keterangan Pilih opsi kedua : Surround Statement with try- catch

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Menampilkan Image Tambahkan baris kode berikut ke dalam project sebelumnya :  Image imgContoh;  try {  imgContoh = Image.createImage("/gambar01.jpg");  } catch (Exception e){  System.out.println("gagal create image");  }  frmTampil.append(new ImageItem(null, imgContoh, ImageItem.LAYOUT_CENTER,null)); 11

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG Latihan  Tambahkan lebih dari satu image ke dalam Form yang anda buat

Author : Nyimas Artina STMIK GI MDP PALEMBANG 13