1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
Membuat class sendiri.
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Java Progamming Operasi I/O
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Package As’ad Djamalilleil
Inheritance (Pewarisan) As’ad Djamalilleil
Pemrograman JAVA (TIB09)
Workshop SCS: Java Game Programming
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
POLIMORFISM Ery Setiyawan Jullev A.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Dasar exception handling
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
Pemrograman Berorientasi Objek
Abstract Class.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pertemuan : Object Oriented Programming
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
MEMBUAT CLASS SENDIRI. Pada akhir pembahasan, peserta diharapkan mampu untuk :  Membuat class  Mendeklarasikan atribut dan method untuk class  Menggunakan.
NAMA : JUMADI Npm : Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan.
UDP.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Inheritance, polymorphism, dan interface
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OPERASI ARITMETIKA.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Struktur kontrol.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Perulangan (Iteration)
Manipulasi String dengan Kelas String dan StringBuffer
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Penanganan Eksepsi.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan 7 INTERFACE Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Algoritma & Pemrograman 1
Mendapatkan Input dari Keyboard
MODIFIER JAVA.
Pengorganisasian Class
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
MATERI PENDUKUNG PENGGUNAAN THROW
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
Matakuliah : M0864/Programming I
MATERI PENDUKUNG PENGENALAN DASAR CLASS
Inheritance.
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Mendapatkan Input dari Keyboard
Transcript presentasi:

1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0

2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat Menunjukkan penggunaan package dan classpath (C3)

3 Outline Materi Definisi package dan classpath Mendefinisikan package Menggunakan package dan classpath Hubungan kontrol akses dengan package Mengimpor package Menggunakannya dalam package lain

4 DEFINISI PACKAGE DAN CLASSPATH DEFINISI PACKAGE suatu cara untuk mengelompokkan class dan interface yang ada ke dalam kelompoknya (name space) masing-masing sehingga lebih mudah diatur dan memungkinkan penggunaan nama yang sama. DEFINISI CLASSPATH

5 MENDEFINISIKAN PACKAGE SINTAK package namaPackage; BEBERAPA CONTOH package contoh; package contoh.bab9.subbab2;

6 MENGGUNAKAN PACKAGE DAN CLASSPATH Untuk dapat mengompile ataupun mengeksekusi program, Java perlu mengetahui dimana letak dari semua class ataupun interface yang akan terlibat dalam proses tersebut Untuk itu digunakan variabel lingkungan (environment variable) dari sistem operasi yang bernama CLASSPATH yang akan digunakan sebagai patokan pencarian Untuk mencari class atau interface yang dibutuhkan, java menggunakan : CLASSPATH + nama package

7 MENGGUNAKAN PACKAGE DAN CLASSPATH Contoh : package contoh; public class MyClass { public static void main(String[] args) { System.out.println( “ MyClass dieksekusi... ” ); }

8 HUBUNGAN KONTROL AKSES DENGAN PACKAGE Akses Dari/OlehTanpa access specifier privateprotectedpublic Dalam class yg samaYa Dalam subclass dan package yang sama YaTidakYa Bukan subclass dan package yang sama YaTidakYa Dalam subclass dan package yang berbeda Tidak Ya Bukan subclass dan package yang berbeda Tidak Ya

9 MENGIMPOR PACKAGE DEFINISI SINTAK import namaPackage.(namaClass|namaInterface|*); CONTOH import contoh.demo.DemoPackage;

10 MENGGUNAKANNYA DALAM PACKAGE LAIN Contoh dengan menggunakan import import contoh.demo.DemoPackage; …. DemoPackage var = new DemoPackage(); … Contoh tanpa import contoh.demo.DemoPackage var = new contoh.demo.DemoPackage();

11 RINGKASAN Keyword yang terpenting dalam package dan classpath adalah –package –classpath –import