PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Pertemuan 3 PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont Febriyanno Suryana, S.Kom, MM SI
BAB 8 PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 5 PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont Febriyanno Suryana, S.Kom, MM SI
Pengkodean Perangkat Lunak
TAHAPAN ANALISIS DAN METODE PENGEMBANGAN SISTEM Oleh : Shinta Palupi,M
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengujian Software - Pelaksanaan
FASE PENGEMBANGAN MPSI sesi 8.
Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Pengembangan perangkat lunak
TESTING & IMPLEMENTASI SISTEM
Pengembangan dan Perancangan Perangkat Lunak
Dasar-dasar Konsep Object & Metode Pengembangan Sistem
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Aktifitas Pengembangan Sistem
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
System Development Life Cycle
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Tugas Sistem Informasi Manajemen
Proses Software & Project Metrics
Masalah Perangkat Lunak
Software Development. SW Development Ready made Reinventing the wheel  Sumber SW komersial dari vendor Dibuat sendiri (custom) atau kontraktor programmer.
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Organisasi dan Personil
FASE PENGEMBANGAN (bag 2)
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
Perancangan Sistem Informasi
Pengkodean Perangkat Lunak
System Development Life Cycle (SDLC)
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
5. Proses Perangkat Lunak dan Metrik Proyek
Mengukur produktivitas dalam pengembangan perangkat lunak
SIKLUS HIDUP PEMBANGUNAN SOFTWARE
Strategi Pengujian Perangkat Lunak & Sistem
Latihan Soal 1. Dalam membagun aplikasi tidak lepas dari SDLC(System Development Life Cycle), yang tidak masuk dalam kategori tahapan SDLC adalah a. Analisa.
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI Tinjauan Umum Implementasi Sistem
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-10)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Nency Extise Putri, M.Kom
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont
Pengembangan Perangkat Lunak
FASE PEMOGRAMAN.
Pengembangan Perangkat Lunak
Perancangan Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Nency Extise Putri, M.Kom
Pengembangan Perangkat Lunak
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Perancangan Perangkat Lunak
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
Pengujian Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengkodean Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengkodean Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengkodean Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
SAPUTRA MAY SANDI TANDIALI  4GT INI ADALAH METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK GENERASI KEEMPAT.  PERANGKAT SOFTWARE YANG DAPAT MEMPERMUDAH.
Perancangan Perangkat Lunak
Perancangan Perangkat Lunak
BUKTI UNJUK KERJA SERTIFIKASI PROGRAMMER
Transcript presentasi:

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Perangkat Lunak Pengembangan Pengembangan Perangkat Lunak Perancangan Perangkat Lunak Pengkodean Perangkat Lunak Pengujian Perangkat Lunak

Sumber Perangkat Lunak Perangkat Lunak Komersial (Vendor) Perangkat Lunak In House /Customized Software Perangkat Lunak Komersial (Vendor) Kelebihan : Implementasi Cepat, Penghematan Biaya, Estimasi Biaya dan waktu, Reliabilitas. Kekutrangan : Kesesuaian Rancangan Sistem yang Tidak baik, Ketergantungan pada Vendor, Biaya Tidak Langsung dari Kerusakan SDLC Penilaian : Kinerja Pengoperasian, Dokumentasi, Kemudahan pembelajaran, Kemudahan penggunaan (pengendalian dan penanganan kesalahan, dukungan)

Manfaat Terbesar & Biaya Termurah Penyeleksian : Manfaat Terbesar & Biaya Termurah Cara : Tentukan angka penilaian Total dan Biaya Total Tentukan bobot penilaian relatif untuk setiap faktor kinerja umum (Nilai dasar 100) Beri penilaian untuk setiap faktor kinerja (proposal, benchmark, penilaian terpublikasi) - (skala : 1 = jelek s/d 10 = sangat bagus) Hitung Skor (Bobot x Penilaian) Hitung Angka penilaian total (Jumlah Skor) Hitung biaya perangka penilaian (Harga : Total penilaian)

Soal : Vendor A menawarkan Paket Aplikasi “A” dengan data sbb : Penilaian Vendor (6), Kinerja pengoperasian (7), Dokumentasi (8), Kemudahan belajar (7), Kemudahan Pemakaian (5), Kendali dan penanganan Kesalahan (4), Dukungan (10). Harga : $ 22,700 Vendor B menawarkan Paket Aplikasi “B” dengan data sbb : Penilaian Vendor (8), Kinerja pengoperasian (8), Dokumentasi (9), Kemudahan belajar (6), Kemudahan Pemakaian (6), Kendali dan penanganan Kesalahan (6), Dukungan (8). Harga : $ 27,690 Penilaian Bobot yang digunakan adalah sbb : Penilaian Vendor (10), Kinerja pengoperasian (20), Dokumentasi (10), Kemudahan belajar (20), Kemudahan Pemakaian (10), Kendali dan penanganan Kesalahan (20), Dukungan (10). Paket Aplikasi mana yang anda PILIH ??????

Perangkat Lunak In House / Customized Software Mengikuti SWDLS (Software Development Life Cycle) Rancangan (Design) Kode (Code) Uji (Test) Rancangan (Design) Bagan terstruktur, SE/Pseudocode, Tabel/pohon keputusan, Kamus data, Diagram W/O, Diagram JSD dsb. Kode (Code) 3GL, 4GL, Pemrograman Object Uji (Test) White Box, Black Box

Partisipasi Tingkat Ketrampilan Dalam Tahap SWDLC Tinggi Sangat Terampil Cukup Terampil Tingkat Partisipasi Trainee Rendah Rancangan Kode Test

Pendekatan Organisasi Pengorganisasian Proyek Pengembangan Perangkat Lunak (Komunikasi, Integrasi, koordinasi) Pendekatan Organisasi Tim pengembangan program (program development team) Tim programmer kepala (chief programmer team) Tim pemrograman bersama (egoless programming team)

Program Development Team Manajer Tim Pengembang Program Pengkode Perancang Penguji

Chief Programmer Team Kepala Pemrogram Administrator Asisten Utama Pustakawan Editor Klerk Program Pemrogram Pendukung

Egoless Programming Team Pemrogram

Pengembangan Perangkat Lunak Produktifitas Pengembangan Perangkat Lunak Produktivitas = -------------------------------- Input Yang Dikonsumsi Output Yang Dihasilkan Metrik Lines Of Executable Code Mudah ditetapkan dan dibahas secara jelas, diakui secara luas, mudah diukur, mudah digunakan untuk estimasi. Metrik Point Function Jumlah input, output, query, file logik, interface Produktivitas = ----------------------------------------------- Jumlah person-month Jumlah titik fungsi yang dihadirkan

Kualitas Perangkat Lunak Dimensi Pemakai : Kinerja Pengoperasian Keseluruhan Kemudahan Pembelajaran Pengontrolan dan Penanganan Kesalahan Dukungan dari Pembuat dan Pemelihara Dimensi Rancangan (MURRE ) : Maintainability Usability Reusability Realibility Extendability Dimensi Nilai Tambah (PDM) Productivity Diferensiasi Management

Jaminan Kualitas (quality Assurance) adalah Proses merancang kualitas ke dalam sistem Pengendalian Kualitas (quality Control) Proses yang memastikan bahwa kualitas sistem telah terpenuhi/tercapai.

Perangkat Lunak Perancangan Perancangan Terstruktur Perancangan Berorientasi Obyek

Perlunya Tahap Perancangan Tinggi Biaya koreksi kesalahan Rendah Rancangan Pengkodean Pengujian Pemeliharaan

Perancangan Terstruktur Orientasi pada Proses dan Data Alat yang digunakan : DFD, ERD, STD, Bagan Terstruktur, SE/Pseodocode, W/O Karakteristik Rancangan : Modul disusun secara Hirarkis Menggunakan logika Call /Perform-based Menggunakan Alur Kendali (top to bottom / bottom to top) Repetisi dalam satu modul Konsep kendali standart (urut, seleksi, repetisi)

Best Loose Data Stamp Control Common Content Worst Tight Coupling Quality

Best Strongest Functional Sequential Communication Procedural Temporal Logical Coincidental Worst Weakest Cohesion Quality

Perancangan Berorientasi Obyek Orientasi pada Obyek Alat yang digunakan : DFD, ERD, STD, Bagan Terstruktur, SE/Pseodocode Tahapan : Mendeskripsikan Obyek, Kelas, Atribut dan Daftar Operasi Memodelkan relasi antara Obyek dan Kelas Memodelkan Pewarisan Menggabungkan faktor MURRE

Perangkat Lunak Pengcodean OOP 3GL atau 4GL Bahasa Pemrograman yang digunakan : OOP 3GL atau 4GL

Ciri Keringkasan Efisiensi Mesin Kompilasi Fungsionalitas Kompabilitas Portabilitas Batch & Real-time Bahasa Standar Kebebasan penjual Pengkodean end user Efisiensi pengkodean Prototipe Kendali terpasang Mendukung SQL Mudah mendokumentasi Ketersediaan pemrogram Kemudahan pemeliharaan 3GL Tidak Ya Lengkap Umumnya Tidak Mungkin superior Sebagian Ya (u/ terstruktur) 4GL Menyesatkan Tidak Sebagian Terbatas Dapat jadi masalah u/ beberapa App Ad hoc Ya Sulit Umumnya Tidak

Jenis Bahasa OOP : Murni : Contoh : Smalltalk, Eiffel Hybrid : Contoh : C++, Pascal, Cobol Saat Ini : Orientasi pengembangan OOP pada sistem operasi berbasis GRAFIK. Contoh : VBasic, Delphi, VFoxpro, ......

Perangkat Lunak Pengujian Metode merancang test case : Area Uji : White Box Testing Black Box Testing Area Uji : Field Record File Entry Data Kendali Arus Program Kesalahan : Fatal (Crash, Logika, Hang) Serius (Output tidak Benar) Minor

TAHAPAN PENGUJIAN : Pengujian Modul Pengujian Integrasi Pengujian Sistem : Pengujian Pemulihan Pengujian Keamanan Pengujian Stress Pengujian Penerimaan : Pengujian Alfa Pengujian Beta

Skenario Pengujian : Pengembangan test case dan strategi Pengujian Pelaksanaan test Pelaporan kesalahan yang terdeteksi Pengoreksian kesalahan Peramalan tingkat reliabilitas Jenis Laporan Kesalahan : Saran Kesalahan rancangan Kesalahan pengcodean Kesalahan dokumentasi Query