©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 PENGANTAR MULTIMEDIA
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 2 Materi hari ini PENGERTIAN MULTIMEDIA DIGITASI MEDIA Kompresi Bit- bit media
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 3 PRE TEST l Apa yang anda ketahui tentang multimedia ? Multi media?
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 4 What is Multimedia? l MULTIMEDIA berasal dari dua kata MULTI dan MEDIA. MULTI dalam bahasa latin berarti banyak atau bermacam-macam, sedangkan MEDIUM berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. l Kamus American Heritage Electronic Dictionary: MEDIUM : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. l Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 5 What is Multimedia? l Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dgn menggabungkan link dan tool yg memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi. l Output multimedia berbentuk citra digital -> gambar bergerak -> gambar tiga dimensi -> interaktif
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 6 RAHASIA OTAK KITA KIRI Bahasa Matematika Sentuhan tangan kanan Ilmu pengetahuan Menulis Logika KANAN Musik Sentuhan tangan kiri Kesenian Persepsi Imaginasi/Fantasi Emosi Motivasi/Semangat TENGAH Spiritualitas Value/nilai Moral Ketuhanan Norma Kemanusiaan
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 7 Contoh Otak Kanan
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 8 TULALU****
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 9 Pentingnya Multimedia l Sebagai alat bersaing perusahaan (sarana promosi) l Meningkatkan daya baca (menarik indera dan menarik minat) l Membantu meratakan zaman informasi ke jutaan orang yg belum memakai komputer
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 10 Contoh l Jangan Menyerah
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 11 Pengaruh Media terhadap “Memory Recall’ Prosentase dari Fakta yang dapat diingat Treichler (1967) % Recall MembacaMendengar Melihat M’dengar dan melihat Saying and Doing
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 12 Gambaran Umum 12 Image Text SpeechAudioVideo Multimedia Virtual worlds Streaming video Web pages Streaming audio Client-server Multimedia Systems Authoring Media asset managemen t Tools Frameworks Network Distributed Multimedia Systems
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide Multimedia Industry Structure Networking Level 4 Platforms (Hardware) Level 3 Applications (Software) Level 2 Content (Media) Level 1
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 14 What is software? Oh, I see... Office ApplicationOperating System Programming IDE Multimedia Application Simulationpersonal software SOFT WARE
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 15 Perkembangan Multimedia l Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet l Seiring dengan perkembangan CD-ROM drive dan DVD drive l Pada akhir abad 20, dua per tiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer dan setengahnya terhubung ke internet l Adanya industri telekomunikasi -> multimedia mobile l Memudahkan perusahaan untuk melakukan merger dan aliansi.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 16 Perkembangan Multimedia l Multimedia mengubah tempat kerja (bisa mobile) l Multimedia mengubah cara orang berbalanja (teleshopping) l Multimedia mengubah cara akses informasi (baca koran) l Dll.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 17 Multimedia Applications l Education l Health Care l Consumer Electronics l Geographical IS l Navigational Systems l Business and Finance l High Quality Communications l Digital Libraries l Entertainment l Telecommuting l Publishing l Virtual Reality l Commercial Electronics l Cooperation l Advertisement [Gray97]
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 18 Health Care l Biomedical data acquisition, transmission, storage, interpretation l Diagnosis aids l Tele medicine
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 19 Virtual Reality
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 20 Multimedia Internet l Internet merupakan jaringan komputer global yg terhbg setiap saat yg berisi berbagai layanan dan media l Fasilitas / layanan pada internet terdiri dari : Bulletin board service (network news) File transfer (FTP) Remote login (telnet) Browsing dan pencarian informasi Komunikasi audio dan video Teleconference
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 21 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Collaboration Environment
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide Delivering Multimedia l Compact disc Inexpensive, easy mass produce and distribute l Kiosk Computer system to access info, perform transactions or play games Convenience, reduces personnel costs, but expensive maintenance l Online Web pages, product advertisement, demos,
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 23 Karir di bidang Multimedia l Bidang pemasaran l Animasi l Perekaman CD/DVD l Desain isi multimedia l Electronic publishing l Desain game l Desain presentasi dan simulasi l Perencanaan konstruksi multimedia l Produksi Video
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 24 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Digitisasi Media Mengubah Media Menjadi Bit Digital
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 25 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Digital Multimedia l All data is now numeric: Images, video and sound is digitized into numbers. l Digital data can be processed in a computer into compressed formats. l Data is stored on disk (rather than VHS tapes or audio cassette l Data is transmitted digitally with additional information to help correct errors
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 26 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Digital Advantages l Digital data not affected by processing l Compression => more data /channel l Processing costs: analog but digital l Complexity costs: analog but digital
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 27 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Kompresi Bit-Bit Media Menghemat Bit Untuk Multimedia
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 28 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Tujuan Kompresi Multimedia l Tujuan Utama Untuk menghemat penggunaan bit bagi representasi digital yang efektif dari sinyal multimedia l Sinyal Multimedia Ucapan, audio/musik, citra, video, dll l Aplikasi Komunikasi, Internet, Broadcasting, Storage
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 29 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Apa itu Kompresi l Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file (jumlah bit) dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. l Kompresi bekerja dengan mencari pola-pola perulangan (redundansi) pada data dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 30 Jika sebuah lagu pada CD Audio ≈ 50 MB, sementara lagu yang sama dengan format MP3 ≈ 5 MB TANYA KENAPA?
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide Multimedia Development Process Capture from device Read from a file Receive over the network Apply effect filters and transforms Compress or decompress Convert between formats Present Save to a file Send across the network InputOutput
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 32 Teknik Elektro Universitas Brawijaya Summary l Teknologi multimedia adalah ‘the next-revolution’ l Kuncinya adalah digitisasi media l Kompresi harus dilakukan untuk efisiensi media penyimpanan maupun transmisi l It is just a beginning …..
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide End of This Session...
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 34 TUGAS l Kompresi Gambar