1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

Algoritma dan Pemrograman
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma - 2 PTIIK - UB.
Algorithma Pemrograman
ALGORITMA “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. sistematis dan logis artinya,
Introduction to Algorithm and Programming
Pertemuan 2 INDUKSI MATEMATIKA & FUNGSI REKURSIF
Pemrograman Komputer.
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
Algoritma (Komputer) EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
Pengertian Algoritma Sumber Kepustakaan : gerlan1986.files.wordpress.com/.../materi-ii-penge... 1 Algoritma adalah kumpulan instruksi-instruksi/ perintah–perintah/langkah-langkah.
Algoritma (Komputer).
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
1 Pertemuan 18 Matriks Matakuliah: T0016/Algoritma dan Pemrograman Tahun: 2005 Versi: versi 2.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Algoritma dan Pemrograman
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pendahuluan Definisi :
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
1 Pertemuan Fungsi Matakuliah: T0016 / Algoritma dan Pemrograman Tahun: 2007 Versi: 6.
1 Pertemuan 9 DIVIDE And CONQUER Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Pertemuan 13 Dynamic Programming
PERNYATAAN PERULANGAN
Pertemuan Pengembangan Algoritma
1 Pertemuan 24 Branch and Bound II Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 11 METODA GREEDY Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Pemrograman Komputer dalam analisa Struktur Baja
Algoritma sorting dasar (lanjutan) Pertemuan 11
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
Pertemuan 1 Muhamad Haikal,S.Kom., MT
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pertemuan 10 PAJAK PERTAMBAHAN NILAI dan PPn BM
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman Pertemuan 1
Pertemuan 4 ALGORITMA lanjutan….
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
Algoritma.
Konsep Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Introduction to Algorithm and Programming
OLEH : Vianney.mtb SMA SANTO PAULUS PONTIANAK
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Pertemuan 16 Deret bilangan
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Introduction to Algorithm and Programming
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pertemuan 1
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Algoritma.
Introduction to Algorithm and Programming
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Kontrak Perkuliahan Algoritma dan Pemrograman
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
ALGORITMA 1 Temu 1.
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Transcript presentasi:

1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5

2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan: Mahasiswa dapat menjelaskan definisi algoritma dan kriteria penulisan algoritma yang baik.

3 Outline Materi Pengertian Algoritma. Kriteria Algoritma Pemrograman. Ukuran Kualiatas Software. Paradigma Pemrograman.

4 Algoritma Secara umum merupakan sekumpulan langkah-langkah atau instruksi-instruksi yang terbatas untuk mencari solusi suatu masalah.

5 Algoritma Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai suatu metode yang terdiri dari serangkaian langkah – langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer.

6 Kriteria Algoritma Pemrograman 1.Memiliki logika perhitungan / metode yang tepat untuk memecahkan masalah. 2.Menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu yang singkat. 3.Ditulis dengan bahasa yang standard secara sistematis, sehingga tidak menimbulkan arti ganda.

7 Kriteria Algoritma Pemrograman 4.Ditulis dengan format yang mudah dipahami sehingga mudah diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman. 5.Semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas dan selalu berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.

8 Penyajian Algoritma Teknik tulisan: Struktur english dan pseudocode Teknik gambar: Flow chart.

9 Contoh Algoritma Algoritma untuk mencari jumlah N bilangan bulat lebih dari nol, yaitu … + N, adalah: 1. Set sum = 0 and the counter k = Repeat the following steps until k > N a. Calculate the sum = sum + k b. Increase the value of k by 1 3. The result required is the number in sum

10 Contoh Algoritma Flow Chart k<=N ? sum = 0 k = 1 Input N k = k + 1 sum = sum + k Show sum yes no

11 Contoh Algoritma Representasi algoritma di atas dalam bahasa C++ adalah: cin >> N; sum = 0; for (int k = 0; k<=N; k++){ sum +=k; } cout << sum;

12 Pemrograman Berdasarkan algoritma, akan dibuat solusi dengan bahasa pemrograman menjadi suatu software.

13 Ukuran Kualitas Software 1.Sebuah program harus dapat mengerjakan tugasnya dengan benar 2.Dapat melakukan tugasnya secara cepat 3.Tidak menggunakan banyak sumber daya (processor time, memory, disk capasity, network capacity) 4.Program mudah dibaca dan dimengerti 5.Sebuah program harus independent dan tidak bergantung pada program lain 6.Mudah pemeliharaannya

14 Ukuran Kualitas Software 7.Adanya kesalahan tidak mempengaruhi bagian program (error locality) 8.Proses pembuatan program selesai tepat Waktu 9.Mempunyai dokumentasi yang baik 10.Teknik OOP memungkin programmer membuat program dengan kualitas tinggi pada saat perancangan dan pembuatan kode program. 11.Ukuran kualitas software harus tertanam dalam pikiran setiap programer.

15 Paradigma Pemrograman Pemrogaman berorientasi obyek Pemrogaman abstraksi data Pemrogaman Modular Pemrograman Prosedural

16 Paradigma Pemrograman 1.Pemrograman Prosedural, Pemrogaman dengan fungsi dan prosedur. 2.Pemrogaman Modular, Pemrograman dengan menggabungkan fungsi dan prosedur ke dalam modul untuk menyembunyikan data. 3.Pemrogaman abstraksi data, Pemrograman dengan menggunakan tipe data abstrak yang diperlukan dengan setiap tipe menyediakan semua operasi yang diperlukan tipe tersebut. 4.Pemrogaman berorientasi obyek, Pemrograman dengan menggunakan konsep inheritance, polymorphism dan generic programming.

17 Penutup Untuk memahami algoritma yang baik, mahasiswa membahas tugas pertemuan 1 no 1, 2, dan 3. (diskusikan dalam kelompok)